MOJOK.CO Khalayak harus tahu kalau fungsi ‘hahaha’ dan ‘wkwkwk’ yang ditulis di akhir kalimat saat bikin status di medsos atau chattingan itu teramat penting.

Apa hal yang paling penting di dunia ini? Tentu bukan nimbrung menghujat selebtwit blunder dan nontonin orang makan di Instagram. Tapi jika kalian sudah benar-benar meluangkan waktu untuk buka Mojok, maka yakinlah bahwa fungsi menulis ‘Hahaha’ dan ‘Wkwkwk’ ini juga nggak kalah penting untuk diresapi.

Mylov, jika kamu adalah netizen profesional, cobalah untuk lebih peka sama yang namanya typing. Bahasa typing itu ibarat kode-kode nonverbal. Sama kayak mahasiswa yang bolak-balik ngecek jam tangan saat dosen lagi asyik-asyiknya ngasih perkuliahan.

Fungsi ‘Hahaha’ dan ‘Wkwkwk’ #1 Digunakan agar tidak terlihat depresi

Ketika kamu hopeless dan mencoba bikin status di Twitter, sebuah kewajaran jika kamu takut twit itu viral dan mendapat hujatan. Dulu banyak orang yang curhat galau, anxiety, dan drama yang memang masih diterima sama netizen. Tapi belakangan mereka lagi jengah sama orang yang menye-menye (kecuali jika kamu cakep).

Maka dari itu untuk menaikkan wibawa dan nggak kelihatan depresi maka berilah ‘Hahaha’ di akhir kalimat. Tenang, tenang, saya akan kasih contoh biar kaum yang biasanya hopeless ngak bingung buat mempraktikannya.

“Udah nyusun pesta kejutan, beli kado unyu-unyu eh pas doi ultah malah diputusin.”

Kalimat di atas akan terasa hambar dan kelihatan kayak orang yang tidak tegar. Jauh lebih cool jika dikasih ‘Hahaha’ biar nggak terasa ngegas dan terkesan sebagai orang bijak yang mengecap asam garam kehidupan.

Baca juga:  Generasi Milenial kok Golput, Aktif Dikit Kenapa Sih?

“Udah nyusun pesta kejutan, beli kado unyu-unyu eh pas doi ultah malah diputusin. HAHAHA.”

Fungsi ‘Hahaha’ dan ‘Wkwkwk’ #2 Digunakan saat jokes yang kamu lontarkan terasa kayak penghinaan

Nggak semua orang kayak Dustin Tiffani yang walau omongannya ngawur ngalor ngidul tetap aja ada yang ketawa. Terkadang orang yang merusaha mencairkan suasana justru terjebak pada sebuah situasi awkward yang mengesankan dirinya emang nggak bisa bercanda. Saya tahu, kawan. Makanya ketika berada dalam keraguan, kamu berusaha membuat jokesmu itu ada manis-manisnya dengan menambahkasn kata ‘Wkwkwk’ atau ‘Hahaha’ bukan?

“Kalau nggak nyala-nyala, ngebakar satenya pakai api asmara aja.”

Fungsi ‘Wkwkwk’ akan sangat terasa di sini. Membuat jokes garing menjadi sedikit lembab. Walau nggak akan selucu Dustin, setidaknya kamu dianggap sedang berusaha berkelakar.
“Kalau nggak nyala-nyala ngebakar satenya pakai api asmara aja. Wkwkwk”

Fungsi ‘Hahaha’ dan ‘Wkwkwk’ #3 Bikin orang yang sombong makin kelihatan takabur

Kalau mau sombong jangan setengah-setengah. Gas pol aja sekalian biar makin ramai hujatan yang datang. Bahkan ketika kamu ingin pamer, kata ‘Hahaha’ dan ‘Wkwkwk’ berfungsi dengan baik saat penyematannya tepat.

“Aduh, aneh banget masa aku ngerjain skripsi cuma seminggu.” ((sombong yang nanggung))
“Aduh, aneh banget masa aku ngerjain skripsi cuma seminggu. Hahaha. ((pure evil))

Fungsi ‘Hahaha’ dan ‘Wkwkwk’ #4 Dipakai agar terlihat santai walau hati tersayat-sayat

Apa yang kita tuliskan di media sosial dan saat chatting belum tentu sama dengan apa yang kita rasakan. Kalau ada kawanmu yang nulis, “Santai nggak apa-apa kok. Hahaha.” artinya “Aku rapopo sih, tapi mbok jo ngono.” Alias apaan sih anjir nggak usah sok asik dan merasa bersalah!

Baca juga:  Maaf, Sekadar Mengingatkan: Dampak Positif Instagram Juga Ada!

Keadaan seperti ini acap kali ditemui saat salah satu pihak melakukan pembatalan janji, mangkir ditagih utang tapi alasannya melankolis, hingga kelupaan ngucapin ultah. Oh iya, terkadang ini juga dilakukan saat gebetan kena tikung. Sabar ya, kenyataan kadang pahit.

Fungsi ‘Hahaha’ dan ‘Wkwkwk’ #5 Untuk menertawakan hal yang tidak lawak tapi dilucu-lucuin

Pemerintah itu lucu, tapi memang bukan lagi ngelawak. Mereka kadang bikin dagelan, tapi rakyatnya cuma bisa geleng-geleng dan sama sekali nggak terpingkal. Kurang lebih begitulah fungsi ‘Hahaha’ dan ‘Wkwkwk’ di situasi serba salah semacam ini. Saat kecewa tapi penginnya nggak spanning ya memang harus keluarkan jurus tertawa di tengak lawak yang tidak lucu. Selain komentar soal pemerintah, ‘Hahaha’ untuk menertawakan hal yang tidak lucu juga bisa dipraktikkan saat nggak enakan sama orang yang sudah berusaha melawak. Nggak apa-apa, tawa yang singkat ini bisa digunakan untuk mengapresiai usahanya.

“Air air apa yang pesawat?”
“Air Asia. Hahaha.”

Udah tebakannya lawas, jawabannya gampang banget, yasudahlah~

BACA JUGA Trik Pancingan agar Chat WhatsApp Cepat Dibalas atau artikel lainnya di POJOKAN.