MOJOK.CO – Sebagai organisasi massa keagamaan terbesar di Indonesia yang Februari ini berusia 100 tahun, Nahdlatul Ulama (NU) dinilai jalan di tempat. Kader mudanya khawatir, perayaan satu abad hanya akan jadi acara seremonial belaka.
Nahdlatul Ulama didirikan dengan cita-cita peradaban yang luar biasa mengagumkan. Mewujudkan tata dunia yang menjunjung tinggi kemanusiaan dan konsep kehidupan yang harmonis berkeadilan. 16 Rajab 1444 H atau 7 Februari 2023 nanti, NU genap berusia 100 tahun. Usia yang kelewat matang untuk organisasi sosial kemasyarakatan terbesar di Indonesia.
NU saatnya menuju era baru
Resepsi puncak akan berlangsung pada 7 Februari 2023 di GOR Delta, Sidoarjo. Peringatan 100 tahun ini, sudah selayaknya jadi momentum bagi NU untuk bangkit menuju era baru yang lebih relevan.
Terhitung sejak 1952, konstruksi organisasi NU belum mengalami banyak penyesuaian, formatnya cenderung tidak berubah dan menjadikan NU makin terseok-seok menghadapi tantangan dunia baru. Jika tidak ditanggapi dengan baik, bakal mempertebal garis irelevansi perjuangan Nahdlatul Ulama. Mudahnya, agenda-agenda yang ditetapkan NU banyak yang ra mashok! Malah memperjarak antara jamiyyah (organisasi) dan jemaah (perkumpulan).
Dari beberapa riset yang sudah dilakukan, 70% masyarakat muslim Indonesia menempatkan NU sebagai top of mind (Alvara Research Center). Artinya, segala fatwa ulama NU bakal jadi pegangan warga muslim saat menentukan sikap dalam beberapa masalah keagamaan dan kemasyarakatan. Dengan rentang pengaruh yang sangat luas, NU punya tanggung jawab yang sangat berat dalam mengatur arus masyarakat.
NU akan kehilangan wibawa jika hanya jadi objek yang ikut arus. Intinya, NU adalah pengendali dinamika umat. Jika satu abad hanya sekadar seremonial belaka, jelas hanya ndlogok kuda yang terucap.
Saya sebenarnya agak sungkan nulis kritik kepada NU, 6 bulan lebih tidur malam saya beratapkan genteng kantor PCNU Kabupaten Madiun. Sebagai kader dari salah satu badan otonom (banom) NU, saya sering banget bersinggungan dengan santri.
Sedikit banyak juga terpengaruh dengan budaya santri yang sopan santunnya begitu tinggi kepada kiai. Bodo amat soal sopan santun, kata Rocky Gerung “sopan santun itu bahasa tubuh, argumentasi tidak butuh sopan santun, kalau kritik ya kritik aja, kritik tidak butuh sopan santun dalam konteks pendidikan.”
Berikut kritik tanpa solusi dari saya, kader muda Nahdlatul Ulama.
Popularitas ajaran NU adalah kunci
Kader NU barangkali harus belajar dari Jepang, Thailand, dan Korea Selatan. Budaya ketiga negara ini begitu mudah masuk ke Indonesia, lewat ramen, thai tea, K-Pop atau drakor. Kok kita tidak terkoyak-koyak rasa nasionalismenya saat gerai makanan dan budaya pop mereka ‘menjajah’ orang-orang Indonesia.
Anehnya, kita seakan-akan menerima produk budaya luar ini dengan bangga dan penuh percaya diri. Lalu, apa kunci Jepang, Thailand, dan Korea kok mudah sekali memasukkan produk dan budayanya ke Indonesia. Ya sudah jelas, karena produk dan budaya mereka populer sehingga mudah diterima anak muda di Indonesia.
Kartun Doraemon jadi senjata Jepang untuk memperkenalkan ramen kepada dunia, tak terkecuali Indonesia. Dulu, saat kecil, tiap pagi, muda mudi Indonesia dijejali kartun Doraemon lewat televisi, termasuk saya. Adegan Doraemon yang menandaskan ramen masih tertancap kelezatannya dalam benak saya. Karena popularitas yang teramat subhanallah, generasi muda kita mudah saja menerima ramen.
NU sebagai ormas yang punya 95 juta anggota (2021), sudah seharusnya bisa memopulerkan ajaran Aswaja kepada khalayak umum. Wacana alternatif yang digagas ulama NU menanggapi problematika modern sudah seharusnya menjadi wacana publik yang populer dan banyak diperbincangkan.
Sayangnya, gagasan futuristik nan visioner NU hanya dapat diakses oleh mereka yang tergabung dalam jamiyyah atau mereka yang punya privilige dalam kehidupan berbangsa dan ber-NU. Bayangkan, gagasan ciamik Ketua Umum PBNU Gus Yahya Cholil Staquf tentang paradigma menanggapi perubahan tatanan politik internasional jadi bahan diskusi bapak-bapak di pos ronda, wangun banget to bos!
Lha terus, caranya biar populer gimana? Ya jangan tanya saya, wong ini cuma kritik!
Agama, agama, dan selalu agama!
“Disadari atau tidak, diakui atau tidak, orang NU di berbagai tingkatan, baik pengurus maupun warga, lebih membangun pola pikir dan mengembangkan wawasan yang condong pada masalah keagamaan,” kata Gus Yahya dalam buku karyanya Perjuangan Besar Nahdlatul Ulama (PBNU).
Ini adalah fakta pahit yang harus kita afirmasi sebagai Nahdliyyin. Kader NU kurang menaruh perhatian terhadap isu sosial, budaya, ekonomi, dan politik, apalagi perkembangan teknologi. Kecenderungan kader NU dengan pola pikir keagaaman menjadikan perdebatan berhenti pada ego sektarian belaka.
Buktinya, perdebatan tentang bidah jauh lebih banyak ketimbang perdebatan tentang kesenjangan sosial dalam masyarakat. Agenda rutin beberapa banom NU yang ada di daerah juga condong dalam giat ke-agama-an: yasinan, sholawatan, ngaji rutin, dan lain-lain. Bukan berarti tidak baik, giat keagamaan memang harus dilakukan, tapi, isu isu sosial kemasyarakatan seperti eksploitasi ekologi, resesi ekonomi dan bangsa yang korupsi, harusnya juga diperbincangkan dong. Katanya khidmah NU berdimensi ganda antara keagamaan dan kemasyarakatan.