Gibran Rakabuming Raka sungguh sombong sekali. Gibran terkesan sangat kurang peduli dan sensitif kepada orang kecil, kaum mayoritas. Tindak-tanduknya juga terlihat arogan. Tidak tahu Gibran menganut paham apa, tapi yang jelas dia kok ndak pake aji mumpung. Itulah hal terburuk yang dilakukannya selama ini.

Sebagai pengusaha katering, Gibran telah membunuh peluang usaha masyarakat bawah dan janda-janda kreatif. Katering kan hal yang remeh, bisa dikerjakan banyak wong cilik. Lha ini kok malah diambil oleh anak seorang presiden yang sah. Bayangkan, seandainya bisnis ecek-ecek ini tidak dicaplok orang-orang seperti Gibran, tentu banyak rakyat yang bisa memperoleh hidup dari sini. Maka jika penduduk Solo masih banyak yang miskin, orang pertama yang akan saya salahkan adalah Gibran.

Seharusnya, Gibran mengerjakan proyek negara yang jumlahnya ratusan triliun dan tersebar dari Sabang sampe Merauke—di seluruh penjuru tanah air. Gibran tak perlu takut dan ragu, semuanya bisa diatur. Di negeri ini apa sih yang tidak bisa diatur? Hukum saja bisa diatur, apalagi sekarang dua taring KPK sudah semplak. Macan itu sudah jadi setengah ompong, mudah dijinakkan.

APBN Tahun 2015 nilainya sekitar Rp1.793,6 triliun, jika kamu bisa memanfaatkan sedikit saja, Gibran, yaitu 0,1% atau sekitar Rp.1,7936 triliun, maka kamu bisa mendapatkan keuntungan sekitar 15 persennya. Artinya, uang yang masuk ke kocekmu bisa mencapai Rp.269.040.000.000—dan itu wajar.

Tapi kamu tidak perlu muncul, tidak perlu turun tangan langsung menangani proyek-proyek tersebut. Kamu bisa menggunakan orang lain untuk turun ke lapangan, tapi harus yang benar-benar bisa kamu percaya. Hindari hal-hal yang berhubungan dengan tanda tangan. Jangan pakai hape kalau lagi ngontrol proyek. Pakai saja interkom yang jadul, atawa sejenisnya yang aman dari penyadapan. Dengan cara seperti ini, proyekmu dijamin akan aman. Tidak akan dicium  media. BPK maupun BPKP akan memberikan jempol ketika mereka mengadakan pemeriksaan.

Ngurus katering itu cukup rumit, Gibran. Bawang sampai sekarang masih terasa pedas di mata. Belum lagi kalau tukang masakmu melakukan kekeliruan fatal, bisa-bisa mencret semua konsumen dan tamu undanganmu. Ngurus proyek mah gampang banget. Mendapatkannya juga mudah sekali buat anak presiden kayak kamu, udah kayak membalikkan telapak tangan. Bikin saja isu reshuffle kabinet jilid 2, 3, 4, dst., dijamin cespleng. Mereka-mereka, para politisi yang mengerubungi bapakmu itu, akan dengan sukarela dan senang hati memilihkan proyek yang gampang maupun proyek yang gampangan.

Tinggal orang-orang terbaikmu yang urus. Kamu cukup duduk manis sambil mangku istrimu yang cantik itu—sosok istri sempurna, Puteri Solo khayalan kaum jomblo maupun laki-laki yang sudah kadaluarso.

Di atas semua itu, kamu harus ingat untuk selalu bertampang manis. Kalau belum bisa panggil ahli kepribadian, kursus privat sebentar. Atau yang paling mudah, cukup  dengan beli topeng.

Tidak apa, banyak manusia bertopeng di negeri pimpinan bapakmu ini. Siapa tahu suatu saat nanti topengmu jauh lebih populer daripada topeng Guy Fawkes yang asing dan aseng.

Gibran, apa bedanya antara kamu, Edhie Baskoro Yudhoyono alias Ibas, dan Hutomo Mandala Putra alias Tommy Soeharto? Kalian sama-sama ganteng, sama-sama laki-laki, dan sama-sama anak Presiden. Yang membedakan kalian hanyalah pilihan. Maka supaya kamu tidak terlalu berbeda dengan mereka, saya sarankan kamu untuk belajar dari dua seniormu Ibas dan Tommy itu.

Kamu harus belajar banyak dari mereka berdua, agar bisa menjadi anak presiden seutuhnya, supaya istrimu bisa mojok bersama kaum sosialita (bukan mojok.co, di sini mah kelas kaum kere), berbalut busana nan mewah buatan desainer kelas atas (bukan tukang jahit pinggir kali Bengawan Solo).

Dan siapa tahu kelak dirimu bisa menduduki kursi ketua umum partai jika ayahandamu jadi bikin partai baru. Kasihan, sekarang ini ayahmu cuma petugas partai.

  • Dedi Irawan

    Satire lumayan menghibur di pagi hari.

  • Yudhi Setiaji

    Ada yang masih gagal paham kah?
    Nungguin komen yang lucu bin wagu

  • Leem Kha Yoo

    lucu dan menghibur.

  • Didin solehudin

    Dua kesalahan yg dilakukan si penulis. Pertama, mengkritik putra presiden kita dgn bahasa yg Woww. Kedua, nama si penulis hampir sama dgn kepala suku Mojok.Co

    • gagal paham om? ini kan tulisan satir 😛

      • Didin solehudin

        Betul, sekaligus gagal lucu. Haha

        • Sanusi Ismail Zainuddin

          gagal lucu bagi yg selera humornya terlalu elegan, seperti ente brur wakakakakaka

          • Didin solehudin

            Wkwkekwk

  • Saya bisa memahami kekecewaan penulis terhadap gibran 😐 anak muda harusnya bisa lebih melihat “peluang” ya.

    • satujamsaja

      Oo gitu ya perm 🙂

  • Arjun Najah

    Ada lho… yg saking cinta sama Jokowi lgsg marah2 dengan tulisan ini yg sempet saya share di fb. Lol.

    • Mohammad Adri

      suruh mereka piknik hahahaha

  • Hahahaha … Satire yang menyegarkan petang ini. Very well written Mas 🙂

  • Penulis kurang dapat menjabarkan tutorial untuk menjadi Ibas & Tommy yang sesuai EYD, P4, serta GBHN.

  • Mantap…. agak Arman Dhani sih, tapi ya wis rapapa

  • Potongan/cukuran rambut Gibran kok mirip Bang Yusril, sih? Enggak asyik beud! Di-under cut donk! Biar dibilang kekinian dikit.

  • Muhammad Nurzain Prihatmoko

    Haha.. Mantab ! penulis ini cerdas ..
    Like deh ..

  • Faizah Akhsan

    tulisan yang luar biasa :)) kalau nggak dipahami betul esensinya saya yakin pasti marah :)) great job 🙂

  • plisdeh y

    Terlalu dangkal,, naif,, atau kaunter terhadap para hater kesombongan sikap tubuh raka…

    • Sanusi Ismail Zainuddin

      banyak2 minum air putih ya kang,

      • plisdeh y

        Hanya para jokower sejati yg terlena dg tulisan pencitraan yg cerdik macam ini, ya anggaplah raka sekarang tidak kaya raya ‘cuma’ pengusaha katering (kebanyakan kita jg tdk tahu yg sebenarnya,dia punya bisnis apa saja),selepas ini pastilah banyak pengusaha ‘hitam’ yg tawari bisnis2 nakal,atau para pembesar partai yg beri hadiah dg pesan2 tertentu ke bapak,dan istri cantik yg butuh mobil mewah, rumah mewah dll, mudah2an raka tidak tergoda,,(tp sulit di jaman spt ini),, plisdeh.. Tulisan diatas belum terbukti,,,masih 4 th lebih raka akan jadi anak presiden…sekarang siapa yg kurang minum air putih

  • Haris Firmansyah

    Josss!

  • Fany Zahra

    ah elaahh.. alasan dari penulis jelek banget.. “supaya kamu tidak terlalu berbeda dengan mereka”.. wkwkwk setiap org memiliki kecerdasan masing2 bro, dan ini negara demokrasi, sayangnya hari ini semua pikiran yang keren diselimuti oleh penyeragaman.. justru pimikiran yg primitif dan memalukan itu seandainya Jokowi memaksakan banyak tuntutan untuk putranya.. justru sikap Jokowi itu yang mau mengalah dan mengharaga perbedaan kecerdasan.. Gibran juga berani menguji kepercayan dirinya dengan tetap bertahan pada apa yang dia minati.. nah justru hal yg seperti ini jarang dilakukan oleh banyak org..

    hari ini milih ketua aja pada banting kursi.. pliisss peka dong.. para pemimpin di Negri ini tak siap berdemokrasi begitupun rakyatnya yg cuma bisa caci maki..

    • bayu saktiawan

      nah ini salah satu komentator yg gagal paham…

    • Prasetyani Dwijayati

      kamu perlu belajar lagi, dek… terutama bahasa Indonesia… Baca tentang karangan satire.

    • Dek Sekolah Yang rajin ya

      • Zuljayati Suparman

        Kmu lucu…tulisan guyonan gitu …km tanggap serius..jd bahan tertawaan km..gagal paham..

    • Sahabat Dahsyat

      Dek, Bahasa indonesiamu dapet 100 ya ?

    • Eva Rahayu Ningsih

      he..he..he….anda kejebak bahasa……pahami dan cermati…….ini bahasa sindiran ….

    • Zuljayati Suparman

      Itu tulisan guyonan…sindiran..km tanggapi sprti itu ..km jd bahan tertawaan..

    • Arindra Flo Bioku

      hahaha

  • Yudhi Setiaji

    Padahal sudah di warning, masih saja gagal paham. Jadi inget artikelnya arman dhani #menolak ayoMondok komen2nya lbih ajiib bin ajaib haha…

  • Emil Habonaran Siallagan

    Gibran Kalo gak sanggup jadi anak presiden ya udah mundur aja, ganti sama saya..

  • Muhammad Eddy Firdaus

    ahahahahahaha baru tau ada penulis yang gini pnya gag memihak si tp. yaaaa … tau lah kita yang bacagmna . ini penulis sama yg komen masih ada aja yang gagal paham hehehehee

  • Prasetyani Dwijayati

    iya, pada gagal paham baca tulisan ini… ayolah.. ini bukan deskriptif atau argumentatif. Penulis justru mengekspresikan sindiran atau satire. Yang dimaksud penulis bukan mengkritik Gibran yang nggak sehebat tommy Soeharto atau Ibas, tapi sbnrnya ingin mengungkapkan bahwa Tommy dan Ibas itu sebenarnya adalah contoh yang kurang baik. Dan Gibran tidak ‘ikut arus’. Melihat comment2 yang nggak nyambung, saya agak sedih… Ternyata banyak yang kurang bisa memahami tulisan yang implisit. semua di telan mentah2. hihihi… lucuuu

  • riri

    hahahaha…menarik jg satire nya. buat yg baca jgn ditelan mentah2, bs jd marah2 ntar. pahami baik2 apa yg diungkapkan penulis

  • Luthfi Anshori

    le nulis kurang dowo…aq ndak jadi gagal paham

  • RiFky Fachtuhrahman Eka

    EMNG DASAR GOBLOG AJ YG NULIS ..
    SIRIK DI GEDE IN .. PLER LO GEDE IN ..

    HIDUP SEDERHANA ITU BUKAN BERARTI KERE ..
    2 BAHASA YG BERBEDA ..
    *mangkanya klo sekolah masuk, jgn cabut mulu ..

    • Prasetyani Dwijayati

      Hahahaha… nih satu korban gagal paham

      • Aryo Sanjaya

        kita hanya bisa bilang: akhirnya

    • Edwin Prasetiawan

      moggo diminum kopinya dulu mas

    • Rien

      Wkwkwk 😀

    • Zainun Najib

      Wkwkwk makanya kamu sekolah dulu mas jangan bolos, yang gagal paham rak kamu. Tulisan ini namanya satire , kalau ndak tau google dulu baru baca lagi. Mas mas wkwkwk piknik sek

    • Piter Chandera

      wkwkwkwk ini lucu banget! sambil ngomong (*mangkanya klo sekolah masuk, jgn cabut mulu) hahaha

    • PORX

      kurang piknik situ mas 🙂 kebanyakan neken caps lock..ups

    • wkwkwk..jd yg suka cabut sekolah siapa sih? 😛

    • anang

      piknik sambil ngopi uenak ki pak poh….
      budallll…..
      cek gak stresssss
      wkwkwkw

    • kurang baca maka jadilah begini

    • Sahabat Dahsyat

      Mas piknik bareng temen-temen di taman paham yuk mas :))

    • PW

      1. Mas kurang plesir
      2. Tolong dong ni kayaknya hape masnya rusak capslock nya jebol, tolong bantu diserpis dong

  • Aswad Muhammad

    intinya [Tulisan Warna Merah ] Gaes! HAHA

  • Momon

    Gilak.. Ini yang nulis cerdas banget !!!
    Yang bahasa Indonesianya 5 kebawah mah bakalan gagal paham.. 🙂

  • Rima Erly Lande

    Anda hebat. Saya suka gaya tulisan anda. Tapi sayangnya banyak pembaca tulisan anda yang kurang mengerti sastra dan gaya bahasa sehingga mereka gagal paham. Harusnya sambil baca tulisan ini, mereka senyum sambil manggut2 dan setuju dengan anda. Sayangnya karena kurang mengerti, mereka malah memberi komentar yang tidak tepat.

  • Ricky Siahaan

    kalau gue komentarnya lebih ke jokowi ya jokowi, sby ya sby, ibas ya ibas, si gibran ini ya si gibran ini. sekrang kalau passion orang bukan di politik gmn, kalau passion orang bukan di kontraktor, atau guru ? harus kita mengambil negativenya ? saya tidak bilng ini penulis tidak suka gibran tapi penulis ini lebih kepada ingin mengangkat kehebatan gibran yang tidak memanfaatkan posisi ayahnya sebgai presiden seperti anak2 presiden lainnya, tetapi menyalahkan gibran akan hal yang iya lakukan sekarang dan berkata dia mengambil rezeki rakyat ya itu salah besar. dia bukan mengambil rezeki rakyat. tapi dia lebih mengejar apa yang dia suka. dia bisa saja duduk tenang di rumah menggunakan mobil mewah dan segala macam fasilitas seorang anak presiden, tapi apa? dia tetaplah dia manusia dewasa yang ingin menjalankan hidup menjalankan passion nya dan otomatis dia tidak menyalahkan aturan dengan mengatkan mengambil rezeki rakyat, contoh teman saya di tawari kerja di kantor teman ayahnya sebagai GM dengan gaji yang menjulang, tapi dia tolak karna kalau tidak salah dia ingin menjadi seorang operator acara tv yang kerjaannya nentuin kamera mana yang muncul di tv ( saya ga ngerti apa nama posisinya ) tapi itulah dia, ditawarin gaji setinggi langit malah ga mau jangan salahkan pasion orang walaupun dia seorang anak presiden kalau dia ga suka pekerjaan itu ya mau bilng apa . jujur saya waktu pilpres pilih prabowo, cuma suka aja ngomentari apa yang benar dan apa yang salah hihii. bukannya sok pinter tapi ikut2an aja gpp ya :p

    • Rien

      Piknik, Mas

    • Widiatmono Wibowo

      iya mas, ambil cuti dulu biar bisa piknik 😀

    • Nosa Normanda

      piknik mas. sampeyan kurang bercanda.

    • PW

      Ambil cuti mas trus piknik geh

    • Kirn Ishtar

      Piknik trus selpi mas… hahaha

    • George Mikhail Effendi

      kurang aqua

    • Antario Terryandana

      Jangan serius-serius mas…dihayati perlahan aja

    • Sanusi Ismail Zainuddin

      wuihhhhh,,, serius amat si mas, ampe buat artikel tandingan segala hahahhaha

    • Andri Andro

      jangan serius serius mas, belom tentu kita direstuin mas sama ortunya mas

    • ricardo

      sdm guru sd negri kita kaco

  • Retno as

    Hmmmmmm tulisane pak putut tanpa h ki jan ciamiikkk…

  • Rizal Wibowo

    Setuju kalo Gibran perlu lebih santun dlam bersikap,,, tapi ga setuju kok malah disuruh manfaatin bapaknya yg presiden dgn mengerjakan proyek negara… Untung penulis bukan anak presiden,, bisa cuma manfaatin nama org tua doang buat nyari proyek

  • mega pratama

    sarcasm!! harusnya yg marah2 abis baca ini tuh fans ibas ato tommy ;D

  • stardavidjunior

    haha:0 bener. Gibran boleh dibilang “goblok”
    Tp yang gagal paham ini udah pasti lebih guobluok lagi

  • Chatrine Widyanti Murti

    Keren nih keren. Maksudnya dalem banget, kalo yang ga ngerti bisa marah2 sih 😀

  • shy di

    (bukan mojok.co, disini mah kelas kaum kere) ===> Hahahaha….

  • eryne cahyasa

    Awal baca serem ih kok gt sih. Tapi aku ingat pelajaran sastra.ini gaya bahasa satire.. yang akrab di kehidupan kita sebenarnya. Joss buat penulisnya..

  • Karra Dell

    sempat tercengang tp lebih wow lg setelah baca semuanya.
    tulisan ini sebenarnya sangat menarik menggambarkan seorang anak presiden lebih memilih bisnis ecek ecek .berjibaku sama bawang dan cabe .dari pada menggunakan kekuasaan yang bapaknya yg botabenenya adalah penguasa.gibran bisa menggunakan kekuasaan bapaknya seperti apa yg dilakukan Ibas dan Tommy. Tp nyatanya gibran lebih memilih di dapur.

  • Melina Sianturi

    Wkkaka. Lucu jg yg gagal paham. Salut bwt gibran yg g ikut arus aji mumpung.

  • Dhimas W. Krishananto

    Satire yg bagus dari Penulis, sy senang dan bangga makin banyak warga RI yg bikin lelucon cerdas seperti ini…

    Salut mmg utk Anak Presiden kali ini tidak meneruskan “Tradisi” Anak2 Presiden sebelumnya. Tapi terlepas dari itu, mau gak mau dan sudah takdirnya Gibran mempunyai Ayah yg menjadi Orang Nomor 1 di NKRI..

    Itu artinya mau gak mau jg Gibran menjadi Publik Figur, gak bisa kalo dia berprinsip Semau Gue atau gak suka Publish yg akhirnya selalu songong di depan kamera…

    Bisa saja seorang Ayah Terjatuh karena Kelakuan Anak…

    Jayalah NKRI

  • Adiatma Ps

    Bwahaha… koplak penulisnya atau memang ini tulisan guyonan….

  • Anton Eko Haryadi

    Memang asu si Gibran iki, gaweane rondo rondo dipek dewe, hahaha, kui yen rondone duwe modal gawe katering, yen rondo kere yo mung ndlongop kemawon, lah iki gaweane Gibran, rondo rondo sing mung iso ndlongop kui mau diwenehi gawean, ra ketang ngrajangi brambang, yo lumayan kanggo ngewangi anak lan mantune nyekolahke putune.

  • Christopher Willianto

    Mantaaapppp.. Satir yahuudd.. Monggo yg gagal paham..silahkan mengenyam ilmu yg lbh banyak lagi..biar ga kuper..

    • Diah Indriastuti

      Itu tulisan karambol…..hebat. Salut Mas Gibran. Kamu adalah dirimu sendiri, dosa sorga tanggung jwbmu sendiri, Tangguh dan tetaplah bersahaja sbg “manungso itu sakdermo nglakoni”, Title pangkat anak Presiden itu etalase hidup. Jatining diri adalah Pribadimu sendiri.

  • Agus Riyanto

    meskipun anak seorang presiden dia mau menjalankan usahanya sendri, tidak minta proyek proyek besar dari orang tuanya. bukan kah itu hal yang baik? harusnya kalo belajar dari Tommy Soeharto gibran sudah kaya raya dengan gelar anak presiden yang gampang mendapat keuntungan dari proyek besar. Tapi dia malah usaha katering, bukankah itu menunjukan kesederhanaan? penulis jangan memandang hanya disatu sisi saja. Pandanglah dari sisi lain.

    • nah yg gini yg butuh piknik hahahah

  • Daniel Setiyo Utomo

    Hebat penulisnya… 1jt LIKE dech
    #yg gagal paham, kasian banget!!! Wkwkwkwk

  • Ammaubna

    Hahaha lucu betul
    Semoga menjadi contoh generasi muda yang tidak bergantung di bayang2 ortu
    Gibran punya pikiran mletik di usia muda salutt

  • Kiky Achmad

    Sayang sekali ya anak presiden yang mau buka usaha sendiri tanpa embel2 bapaknya ini masih dinilai arogan karena jarang senyum

    • Hesti Widyasamratri Hasti

      iya. kyknya, kursus kepribadian itu mmg sedikit diperlukan. paling ga, cukup sadar diri, kalo mau ga mau, dia akan jd perhatian publik. macam prince william gitulah. simple, tp byk senyum n sadar kamera.

      • ricardo

        stlh dirandom linimasa yg setiti mung 15% , 85% ajarmaos

  • David Sutrisno Hutagaol

    Mana nih yg gagal paham?? gw mau ketawain…

  • Fatimah Tamnge

    Yg nulis artikel sumpah deh, ilmunya gk banget .. Bagus donk gibran mlih bisnis sederhana, moso yo mlah di ajarin caranya korupsi ., 😀
    Lucu deh bacanya, gagal paham nih penulisnya ..
    Atau mungkin penulisnya yg kebelet pengen korupsi itu paling tp gak kesampean .. Hahaha

    • Antario Terryandana

      Pernah denger satir?

      • Anto KoentArto

        sepertinya ini yang perlu dibahas…apakah SATIR itu???

        (untuk menghindari gagal faham)

    • Bambang M Wibisono

      nih tambah lagi pasien gagal pahamnya…

      • Khaerul Anshar

        Mungkin dia lagi sensi bang, makanya tulisan satir aja didebat, pake dimaki-maki lagi

    • Hendro Ong

      Maap, maap banget nih tapi IQ lo rendah..

    • Assalwa Alatas

      bahahahha bodoh

    • Sanusi Ismail Zainuddin

      hahahahahha fatimah, fatimah, hahahahaha

      • sirotobi

        fatimah butuh liburan.

    • jadi bingung.. yg coment ini lagi muji penulis atawa bener2 serius… apa satir lagi nih?… gagal faham gue…

      • ricardo

        asli lucu nek iki

  • aditya ccp

    Hahaa….banyak yg gagal paham,bagus om bikin tulisan satir-nya,..

  • Ike Feehily

    ya mungkin karena Gibran bukan puan Maharani

  • chandra

    Tulisan ini sangat satir dan menggambarkan kondisi real yg ada apabila aku anak seorang presiden. Bagus dan cukup menyentil apa yg menjafi tujuannya penulis

  • Bambang M Wibisono

    He,,he,, Bang Putut,, seneng saya baca tulisanmu.. sebagai wong solo saya bangga dengan apa yg telah dilakukan Gibran dalam memilih pekerjaannya, dalam salah satu wawancara dia mengatakan, dulunya hanya cukup sekolah diploma saja tapi setelah merasa ilmu kiraswastaannya kurang maka dia melanjutkan s1 di singapore. sejak awal Gibran telah memilih meramu bumbu daripada ngantor di pemerintahan dan walaupun bapaknya walikota, gribran ga pernah mencomot nama bapaknya untuk penglaris ngulek bumbunya…

  • William James

    salut buat si penulis, lucu liat yang komeng2 di bawah ini hahaha. coba baca lagi dan pahami maksud sih penulis. (belum ngerti ? minum aQua)

  • Tri Resmiyanto

    Gagal Paham dengan penulisnya : http://mojok.co/author/pututtedjo/
    Mungkin Bapak Rumah Tangga ini lagi galau…

  • Eta Maria

    Kalo mengkritisi d publik d pikir dulu deh.. jurnalis yg baik tau mana yg berita dan mana yg opini

  • smurfin

    harusnya gibran lebih aware dgn posisnya ya ;))

  • lammm077

    males baca artikel yang tendensius.. bukan tulisan yang bagus

    • Sanusi Ismail Zainuddin

      istirahat yg cukup bro, banyak2 minum air putih juga ya

  • Yonathan Sihombing

    Yang paham ini satir trus nge bodoh2in ngetawain yg gagal paham..

    memang ya..

    manusia.. manusia..

    • deby surya

      hahahaha

  • Indira Larasati

    Satire dan Kenthir dua hal yang berbeda, tetapi hasilnya bisa sama….Gagal paham

  • Zee Fara

    Ah sial gue ikutan stres gagal paham. ironi memang hahaha

  • no body

    Saya setuju dengan penulis. Gibran seharusnya bisa lebih peduli dengan imagenya sebagai anak presiden. Kita rindu dengan anak” pemimpin yang kharismatik dan flamboyan seperti Sigit Harjojudanto atau Hutomo Mandala. Hobi memasak kurang pantas untuk seorang anak pemimpin. Rally dengan modal milyaran dan casino lebih cocok untuk digeluti agar dapat menunjukan pada dunia bahwa negara kita bukan negara miskin yang dipimpin oleh seorang pria yang anaknya cuman bisa masak. Narkoba pun ada kalanya harus dicoba sebagai bentuk jati diri yang open minded dan berani. Dan belajarlah untuk menjadi businessman ulung seperti Abraham Lunggana agar bisa mengendarai Lamborghini seperti beliau, dan jangan lupa untuk belajar membela diri dengan mengatakan itu mobil pinjaman saat terbukti barang tanpa surat resmi. Niscaya, Gibran dapat menjadi sosok yang dapat dibanggakan bangsa ini. Amin.

  • sikutubuku

    maaf Pak, sebenarnya tulisan Bapak Putut TS memang sangat menggelitik dan mampu buat saya senyum-senyum sendiri, tapi jujur saja, sayangnya bagian paling lucu dari laman ini bukan tulisan Bapak, tapi bagian komentarnya hahahaa 😀

  • Kermalai Malailak

    artikel tolol dan provokatif

  • Farida Toha

    Salut dengan gaya bahasa Anda dalam tulisan ini, Mas Putut. Sudah langka orang menulis dengan gaya bahasa satire, terlebih langka lagi orang yang membacanya memahami/mengerti gaya bahasa ini.

  • Mohtar Kusumaatmadja

    Haha, pada gagal paham :))

  • pakde is

    Tutorial transfer doktrin untuk pindah ikut saran penulis agak buru buru sehingga terkesan menyesatkan …saya yakin nggak sukses sebagai sales penulis ini. apapun sombongnya gibran saya ia tetap berkarakter itu yang tidak banyak dipunyai oleh seumurnya

    • pelan2 gan

      gagal paham

  • Rest In (Solitude)

    Orang yg berkelakuan sopan di hadapan publik pasti kelakuannya bejat kalo dibelakang.
    Sebaliknya orang yang berkelakuan angkuh di hadapan publik pasti hatinya mulia.

    • Sanusi Ismail Zainuddin

      kok taik semua yg keluar dari mulut mu bro wakakaakaka

      • Arifin Ica

        Bro, asli komen mubikin ngakak, malah bikin panas orang yg gagal paham.wkwkwk

  • danindra pradippa

    sama dengan sepenggal cerita putri presiden yang gagal lulus ujian cpns..(smoga ndak gagal paham hihi)

  • Gibran lakukan saja yg elo mau. Yg penting jangan KKN. KKN is for losers!

  • aan

    mungkin dia cari pekerjaan yang baik dan dia mampu melakukannya. barangkali dia belum pengalaman nangani proyek-proyek gituan

  • Hendry Sihasale

    Tulisan ini menarik. Gaya
    Gaya penulisan yg satir ditambah penyajian data. Benar2 kreatif

  • deby surya

    satir habis

  • Anas Bakri

    Gibran memang berselera rendah karena ia tetap memilih jadi orang pinggiran dan gak bisa dibanggakan bagi para orangtua yang memiliki jabatan tinggi. Kalau aku jadi Gibran, aku gak mau kalah dengan Ibas dan Tomy. Apalagi cuma seperti anaknya Budi Gunawan…? Ealah Bran, Bran…? Kapan kamu bisa jadi ngetop dan jadi omongan rakyat negeri ini? Apa kamu nggak pengin ngerasain enaknya jadi anak presiden seperti Tomy dan Ibas..? Gumun aku..?!

  • 1845

    Ancrittttt…….. wkwkwkwk

  • Ariezzoella

    keren :v
    ternyata uang sudah membuat penduduk negeri ini buta.
    “apa yang anda rasakan ketika anda memakan ikan hasil tangkapan anda sendiri?”

  • dhimas hadistya

    Ada info yg salah ini,si gibran banyak d kira g ndompleng ortunya buat usaha catering,padal dy sndiri crita klo usaha cateringnya brasal dr gedung punya ortunya yg mana g punya catering sndiri makanya gibran nebeng t gedung biar cateringnya lancar dan itu jg pas bpknya walikota,aji mumpung dikit lah gan

    • Sanusi Ismail Zainuddin

      bangun woiiiiii

      • dhimas hadistya

        U even couldnt digest my comment well,i more than know the content of the article,try to learn discourse more then back again to reply my comment properly,cheers

        • dcondankz68

          sehat, mas?

  • bodo.

    apaan ini? artikel yang gag jelas dimasukin. yang nulis kurang kerjaan ya? walaahhh.. ckckck

    • Sanusi Ismail Zainuddin

      komen apaan ini? guoblok banget

    • Winnerzz Vonztingle

      baca yang jelas lah…. brarti sampean otaknya gak nyampe buat menyimpulkan

  • TWISTEDTYPOTHINKER ♥

    Bwhahahahahhaaa…keren..keren..

  • plisdeh y

    Hanya para jokower sejati yg terlena dg tulisan pencitraan yg cerdik macam ini, ya anggaplah raka sekarang tidak kaya raya ‘cuma’ pengusaha katering (kebanyakan kita jg tdk tahu yg sebenarnya,dia punya bisnis apa saja),selepas ini pastilah banyak pengusaha ‘hitam’ yg tawari bisnis2 nakal,atau para pembesar partai yg beri hadiah dg pesan2 tertentu ke bapak,dan istri cantik yg butuh mobil mewah, rumah mewah dll, mudah2an raka tidak tergoda,,(tp sulit di jaman spt ini),, plisdeh.. Tulisan diatas belum terbukti,,,masih 4 th lebih raka akan jadi anak presiden…sekarang siapa yg culun…

    • sirotobi

      anda dukun ? kira kira 2 hari lagi hari apa yah ?

  • Cah Bumi Wilis

    tulisannya bagus, sayang dikotori komentar2 nya, jadi ajang ngGoBLokne kancane

  • bulan puasa

    lah orang mah usaha kali,, bukannya ngambil rezeki orang. ini yang nulis apa2an deh.

    • dcondankz68

      kurang-kurangin makan mecinnya..

      • irwancihuy

        wasemmm wkwkkwkwk

      • Arifin Ica

        BUakakakakkakaka

  • Memang….satir itu bukan untuk orang bodoh. Minggir sana ke piyungan.

    • Gee Forxe

      ciee pinter hihi

  • Sel Vina

    Gibran nggak pantas jadi anak presiden, jadi anak pak lurah saja. Merebut prospek rakyat kecil misalnya dg buka resto jualan martabak, mending memanfaatkan prospek yg lebih besar dan lebih bermanfaat. Seperti bapaknya yg ngga mudeng tugas presiden, yg seharusnya tugasnya memanage negara bukannya blusukan ala mandor, Indonesia khan bukan hanya Jakarta, Indonesia itu luas. Belum lagi bu lurah eh bu jokowi yg belum tahu bagaimana berbicara pada publik, masa ngasih konperensi pers ke wartawan saat memperkenalkan calon menantunya, kalimat pertama yg di ucapkan , sudah makan belum? Kita-kita yg di LN malu mempunyai presiden dan keluarga presiden spt mereka.

    • JFZ

      gagal paham yah bacanya??
      sana ambil pelajaran bhs indonesia terlebih dahulu
      gak usah banggain bhs inggris yg toefl nya tembus 600

      • Sel Vina

        Sudahlah, goblok nggak usah di pamerkan!

  • Jonder

    Apapun alasan membuat satir seperti ini sungguh tidak bermanfaat.Mungkin anda bisa membuat satir tentang hal yang benar-benar perlu disindir.

    • sirotobi

      tidak ada yang tdk bermanfaat dan setidaknya dia berbuat sesuatu . ketimbang tidak berbuat apa apa tapi selalu mengomentari. #CiriKhasOrangIndonesia
      bulu hidung aja bermanfaat dan jembut pun bermanfaat.

  • sirotobi

    Besok saya sarankan penulis untuk membuat sebuah artikel berjudul ” Budaya Membaca Sampai Selesei”,
    karena disini banyak reader yg tdk membaca dan mengerti sepenuhnya cara membaca yang benar.
    seperti orang berak yg tidak cebok langsung kabur sambil memakai celananya.

    • asyuuu , nyepam arek iki . . komene cuman LOL :3 hahaha

  • Arthur Immanuel

    Perspektif Anda cukup bikin kesal bagi yang kesentil. Izin untuk share jika diperkenankan di situs saya http://coff.ml sebagai timpalan tulisan saya sebelumnya.

    • Putut Tedjo Saksono

      Monggo, silahkan pak Arthur Immanuel

      • Arthur Immanuel

        Terima kasih pak Tedjo. Tolong diberitahu ya pak, jika ada yang perlu dirubah dari yang ada di blog saya http://coff.ml/9yq6YCn

  • Doni Bastian

    Analisis yang tak ada mutunya, sampah

    • sirotobi

      makanya belajar menulis biar tau capek dan susahnya menulis itu seperti apa, biasakan menghargai sesuatu.
      makanya jangan kebanyakan meng anal istri aja.

      • Al

        Terus karna nulis itu bikin capek berarti tulisan jelek jadi bagus ya? Selain itu, kritik itu juga bentuk penghargaan kok..
        Masa orang ngasih kritik langsung dibully. Katanya negara demokrasi tapi orang berpendapat malah dikata katain

  • Siti Maulana Abraham

    dia belum pandai memandang orang dan dirinya sendiri (gibran)

    • sirotobi

      kebanyakan makan beras plastik nih org

    • ricardo

      ngemil gotri gih

  • Ya sia-sia sajalah… bokapnya petugas partai dan ngak dianggep, beda sama si puan, dialah “Putri Presiden” sejati 😀

    • sirotobi

      kamu butuh tidur sepertinya .

    • ricardo

      mandi ciu nak

  • Dian Pramana

    Tulisan Ambigu,,,gaya bahasa sindiran halus.
    Yang paling faham ngerasa paling cerdas, yg gagal faham dianggap Ngelucu & penalaran tulisan pendek…
    Jika semua orang cerdas/pinter, orang pinter gak bakal dibilang pinter orang cerdas gak bakal dibilang cerdas.

    • dcondankz68

      eh? what the hell are you on about?

  • Syukran Trinata

    Ujung-ujungnya Ibas lagi..ibas lagi…Dasar dirimu pak penulis..hahaha
    Btw Apa saye gagal paham??

  • Oshie

    Gibran harusnya jangan skul di skul umum, panggil aja tutor ke rumah. Jangan lupa maen mata sama cewek-cewek solo. Siapa sih yg ga ngebet sm anak presiden? Jangan lupa suruh Mama bawa telekamera gede ya, buat selfie. Kasih judul “menikmati udara pagi di Kebun Raya Bogor” trus upload di instagram.

  • morgan debra

    Hello Am Mrs, ANGELA TAYLOR Am pemberi pinjaman pinjaman yang sah dan dapat diandalkan memberikan pinjaman

    pada syarat dan ketentuan yang jelas dan dimengerti pada tingkat bunga 2%. dari

    $ 20.000 sampai $ 10,000000 USD, Euro dan Pounds Hanya. Saya memberikan Kredit Usaha,

    Pinjaman Pribadi, Pinjaman Mahasiswa, Kredit Mobil Dan Pinjaman Untuk Bayar Off Bills. jika kamu

    membutuhkan pinjaman apa yang harus Anda lakukan adalah untuk Anda untuk menghubungi saya secara langsung

    di: [email protected]

    Tuhan Memberkatimu.

    Salam,

    Mrs Angela taylor

    Email: [email protected]

    Catatan: Semua balasan harus kirim ke: [email protected]

  • Wagner Clerk

    Apakah Anda membutuhkan pinjaman? Apakah Anda telah mencari di mana untuk mendapatkan pinjaman? Apakah Anda pernah mencoba untuk mendapatkan jenis pinjaman? kemudian menerapkan sekarang di? ([email protected]) jika Anda ingin mendapatkan pinjaman terjangkau. Pinjaman yang ditawarkan di sini pada tingkat bunga yang sangat rendah dari 2%. Hubungi kami sekarang jika Anda tertarik

  • Serafina

    Hello,

    Ini adalah untuk memaklumkan kepada orang ramai bahawa Puan Jane Alison, pemberi pinjaman pinjaman peribadi mempunyai membuka peluang kewangan untuk semua orang yang memerlukan apa-apa bantuan kewangan. Kami memberi pinjaman pada kadar 2% kadar faedah kepada individu, syarikat dan syarikat-syarikat di bawah syarat-syarat yang jelas dan mudah difahami dan keadaan. hubungi kami hari ini melalui e-mel di: ([email protected])

  • Abdulhamid

    Selamat siang,

    Saya Abdulhamid Musa pemberi pinjaman pinjaman Abdulhamid FINANCE, Kami menawarkan pinjaman pribadi dan bisnis dengan modal dasar antara jumlah 1,000.00 ke 100.000,00 Dolar AS, Euro Eropa atau Poundsterling untuk individu, perusahaan dan bekerja sama badan, terlepas dari status perkawinan mereka, jenis kelamin, agama, lokasi, tetapi harus melalui hukum pembayaran kembali pinjaman dalam jangka waktu tertentu dan harus layak kepercayaan dengan suku bunga serendah 3%.
    email: [email protected]

    RINCIAN PEMOHON

    * Nama pemohon:
    * Alamat pemohon:
    * Negara:
    * Kota:
    * Sex:
    * Status pernikahan:
    * Usia:
    * Jumlah Pinjaman:
    * Durasi Pinjaman:
    * Pendapatan bulanan:
    * Pekerjaan:
    * Tel:
    * HP:
    * Jumlah pertanyaan:
    * Apakah Anda berbicara bahasa Inggris?
    * Apakah Anda diterapkan sebelumnya?
    * Tujuan pinjaman:

    kami menunggu respons mendesak Anda.

    Hormat kami,
    Mr Abdulhamid

  • Abdulhamid

    Jika Anda membutuhkan pinjaman mendesak? [email protected]

    * Sangat cepat dan mendesak transfer ke rekening bank Anda.
    * Pelunasan dimulai enam bulan setelah Anda mengumpulkan uang ke rekening bank Anda.
    * Suku bunga rendah 3%
    * Payback jangka panjang (1-30 tahun) durasi.
    * Persyaratan pinjaman Fleksibel dan pembayaran bulanan.

    Hubungi perusahaan pinjaman hukum dan berlisensi berwenang untuk memberikan bantuan keuangan ke negara manapun. Untuk informasi lebih lanjut dan aplikasi pinjaman sekarang menghubungi melalui e-mail: [email protected]

    Kami menyesuaikan solusi keuangan yang terstruktur untuk kelompok memilih klien dan investor. Kami reputasi yang sangat baik untuk menyediakan kelas produk pinjaman keuangan dengan layanan pelanggan yang luar biasa.

  • Tiatea

    duuuh… Masa disuruh belajar dr senior yang terindikasi KKN???
    Justru sikap gibran yg ga mau memanfaatkan kekuasaan ortunya patut ditiru anak muda jaman sekarang!! Dengan kemajuan teknologi dan ilmu pengetahuan harusnya anak muda bisa lebih kreatif dan berkarya tanpa harus sembunyi di ketek bapaknya :D. Sikap gibran yg berdikari saya rasa malah memecut anak muda lain utk bisa sukses jadi entrepreneur… Bahwa tanpa adanya privilege akses semua orang bisa berhasil asal gigih berusaha dan terus belajar! Tiada hasil yg mendustai usaha diiringi dengan do’a.. *Lagi beneeer:p

    • ricardo

      adinda sabar

  • jefry

    keliatan sekali jika anda ini jurkam keluarga jokowi haaa,

  • Maria Scott

    Hello Am Nyonya Maria Scott, Apakah sah dan dapat diandalkan lender.I pinjaman memberikan pinjaman pada syarat dan ketentuan yang jelas dan dimengerti pada tingkat bunga 3%. Dari $ 5000 untuk $ 6.000.000 USD, Euro dan Pounds Hanya. Saya memberikan Kredit Usaha, Kredit Pribadi, Pinjaman Mahasiswa, Kredit Mobil Dan Pinjaman Untuk Bayar Off Bills. Jika Anda membutuhkan pinjaman sangat mendesak. Apakah Anda memiliki catatan kredit buruk, berlaku untuk rumah solusi untuk masalah Anda. menunggu tanggapan mendesak Anda untuk ini email kami di: [email protected]

    Pinjaman pribadi

    Pay Day pinjaman

    kendaraan Keuangan

    Kredit Rumah

    Konseling hutang

    Kredit Usaha

    Student pinjaman

    Pinjaman konsolidasi

    Pinjaman medis

    Hubungi kami hari ini di: ( [email protected] )

  • Sarah Rama

    Sarah Rama Lender adalah salah satu perusahaan pinjaman independen terkemuka di seluruh dunia. Kami mapan dan selama bertahun-tahun telah mengembangkan pemahaman yang baik tentang kebutuhan dan kebutuhan individu. Kami berkomitmen untuk memperlakukan pelanggan kami cukup dan menawarkan layanan yang profesional, ramah dan membantu. Prosedur kami dirancang untuk cocok Anda, untuk memastikan bahwa kami menawarkan produk yang sesuai dengan kondisi Anda, formalitas dikurangi seminimal mungkin, dan bersama-sama dengan pendekatan kami fleksibel untuk masing-masing program, pastikan Anda menyelesaikan permintaan pinjaman Anda. Kami telah membantu pelanggan mengubah dan memperbaiki kehidupan mereka selama lebih dari 47 tahun dan kami benar-benar independen, kita berada dalam posisi yang unik untuk menawarkan berbagai pinjaman untuk semua jenis bisnis dan individu. Tujuan kami adalah untuk memenuhi kebutuhan keuangan Anda dan kepuasan Anda sangat penting bagi kami. Itulah sebabnya kita harus memberikan pinjaman dengan suku bunga 2%, silakan kembali ke kami hari ini jika Anda tertarik dengan layanan kami.

    E-mail: [email protected]

  • Mr. Sylvester

    Ці слова “Якщо ви можете дозволити собі 50 доларів сьогодні, я буду готовий допомогтиі гарантувати, що ви отримаєте кредит сьогодні. Довірся мені” чула багато разів. Особливо “Довірся мені” А
    результат той самий. Ви би Бога побоялися продовжувати вимагати в мене
    гроші. Цікаво, ви свою дружину так само обманюєте?. Знаєте на кого ви
    зараз похожі, на жебраків які біжать за дорогими машинами і просять –
    “дайте копійочку, ну дайте ще копійочку”. Вам не встидно. Обдурювати
    мене, жінку, яка втратила чоловіка, залишилася з маленькою дитиною на
    руках. Крім того ще маму утримую, бо пенсія в неї маленька. А ви
    продовжуєте вимагати в мене гроші. Совість треба мати. І трохи подумати
    що Бог все бачить і за свої дії і слова треба буде відповідати.
    Ви
    хочете щоб я вам останні гроші віддала і залишилася взагалі на свята
    голодною. Вам мало, вам ще цих 50 долларів від мене потрібно. Вони вас
    сильно зігріють, ви дуже збагатієте ними?. Подивіться на себе збоку.

  • dylan yon

    Shakira benar tentang perusahaan PINJAMAN terbaik!

    Umat ​​Pinjaman Keuangan & Pengembangan Perusahaan juga meminjamkan modal untuk memulai bisnis saya baru-baru ini.

    Saya menghubungi perusahaan ini setelah sesama pengguna diposting tentang asli pinjaman islamic mereka di situs ini.

    Semua terima kasih kepada perusahaan besar ini dan saya berharap orang lain akan cukup beruntung untuk meniru keberanian kami hari ini dan mengambil langkah berani menuju kebebasan finansial seperti yang kami lakukan.

    Saya bersyukur atas kesempatan ini untuk menunjukkan penghargaan kepada perusahaan pinjaman dapat dipercaya dan berbagi pengalaman saya dengan setiap pengguna dari situs ini.

    Bagi mereka yang membutuhkan bantuan keuangan, Ummah Pinjaman Keuangan & Pembangunan adalah satu-satunya tempat yang sah di mana semua orang mendapat pinjaman asli mereka hari ini.

    Jika Anda membutuhkan pinjaman mendesak hanya mengirim email ke: ([email protected]) Alhamdulillahi

  • _yatta_

    aku yang nilai bahasa indonesia di raport gak pernah bagus saja tahu kalau tulisan ini lucu, hehehe sukses terus nulisnya buat pak Putut

  • I Nyoman Setiabudi

    ya bener beberapa pulau harus diambil alih menjadi milik pribadi,,bukan ambil alih usaha katering yg milik rakyat kecil,,,hmmmmmm dia harus belajar dari anaknya sby

  • dodi

    nah gila yang menulis artikel ini

  • Al

    Tujuan bikin artikel ini?

  • Ciara Holmes

    Apakah Anda membutuhkan pinjaman kredit keuangan mendesak? * Sangat cepat dan cepat transfer ke rekening bank Anda * Pelunasan dimulai delapan bulan setelah uang di rekening bank Anda * suku bunga rendah 2% * Pembayaran jangka panjang (1-30 tahun) Panjang * kondisi pinjaman fleksibel dan pembayaran bulanan * Game – Dapatkan Persetujuan – akun dikreditkan dengan Jumlah Pinjaman Dapatkan persetujuan dalam 10 menit hanya menghubungi kami Email [email protected] REQUEST untuk pinjaman ================= === = = ==== ======

    Nama: ……………….

    Nama kedua: ………………

    Kontak Alamat: ……………..

    Negara: ……………….

    Umur: ……………………..

    Sex: ………………..

    Nomor telepon: …………..

    Status: ……………..

    Pekerjaan: ……………

    Posisi: ……………..

    Gaji per bulan: …………..

    Jumlah pinjaman: ……………..

    Tujuan pinjaman: ……………

    Durasi: ………………..

    Apakah Anda toegepast untuk pinjaman sebelum: …………

    Kamu mengerti Inggris: ……….

    Silahkan mengisi dan mengirimkan formulir ke: Email [email protected]

No more articles