MOJOK.CO Pertanyaan tentang cita-cita masa kecil bobotnya sama dengan pertanyaan kapan nikah ketika dewasa. Keduanya secara tidak langsung menuntut suatu nilai.

Ketika SD, kita kerap ditanyai soal cita-cita. Seolah anak yang kesulitan enjawab pertanyaan ini tidak memiliki ambisi dan doktrinasi baik dari orang tua. Padahal, apa sih yang bisa kita harapkan dari kognisi bocah yang belum dewasa? Mereka bahkan belum tahu bedanya profesi dan esensi cari duit.

Meski begitu, cita-cita masa kecil dianggap penting buat menanamkan tujuan positif di otak kita. Hingga setelah besar nanti, PR mereka hanya menjawab, benarkahcita-cita mereka terwujud? Jawabannya, nggak harus terwujud, Sahabat. Yang penting kalian nggak ngawur hidupnya.

Mojok menadakan sensus terhadap netizen, tentang cita-cita apa yang terbersit di benak mereka ketika belum tau ruwetnya dunia.

Hasil Sensus

Cita-cita masa kecil #1 Aku kepengin pinter biar jadi dokter~

Menurut amatan kasar saya, lebih dari setengah populasi anak-anak kecil yang lahir antara tahun 90-an selalu menjawab ingin jadi dokter. Dokter dianggap sebagai profesi yang luar biasa mulia dan nggak kalah kaya raya kalau dibandingkan pekerjaan lainnya.

Namun sebagian besar anakyang bercita-cita jadi dokter harus meringis sebelum benar-benar berkarir karena sekolah kedokteran mahalnya minta ampun. Kalau nggak benr-benar cerdas dan bisa dapetin beasiswa, keinginan jadi dokter harus direlakan.

Btw, jadi dokter itu cita-cita yang obvious lho. Kalau dikasih kesempaatan jadi anak kecil lagi, cobalah lebih kreatif.

@maseee100 Kecil ngga pengen jadi apa-apa. Tapi pas mulai smp ngerasa bener pengen jadi dokter biar duitnya banyak. Eh ngga kesampean juga

Cita-cita masa kecil #2 Ingin menjadi orang berseragam kayak tentara dan polisi

Kebanyakan, cita-cita semacam ini muncul karena keturunan. Maksudnya, kerabat dan keluarganya ada yang bekerja jadi abdi negara makanya si anak kecil termotivasi jadi mereka. Gimana nggak keren, jadi tentara dan polisi itu bisa pegang senjata, membasmi kejahatan (bagi yang amanah), dan keren luar biasa. Mana ada orang bercita-cita jdi penduduk sipil? Penduduk sipil nggak digaji.

Baca juga:  Jika Netizen Twitter Punya Satu Alat Doraemon, Apa Yang Mereka Pilih?

Khusus cita-cita yang satu ini, kalian perlu memutar lagu dari The Panasdalam yang judulnya “Cita-citaku.” Kandasnya  cita-cita jadi polwan diceritakan dengan pilu.

Cita-citaku~
Ingin menjadi polwan
Mana mungkin, aku hanya lelaki

@MohMuhyiddin77 Dulu punya cita2 jadi polisi, udah gede malah sering ribut sama polisi. Wkwkw

Cita-cita masa kecil #3 Menjadi penulis, hmmm nggak pengin kaya berarti

Menjadi penulis memang kelihatan keren. Hampir bisa dipastikan penulis itu pandai merangkai kata dan menyampaikan berbagai informasi kepada orang banyak. Tapi cita-cita ini sekarang udah nggak relevan. Karena netizen sudah jadi penulis yang jauh lebih ulung daripada penulis asli.

Mulai dari menulis komentar pedas, kritik, bully, apa pun bisa disikat sama netizen. Maka bagi kalian yang dulu pengin jadi penulis tapi belum kesampaian nulis buku, nikmatilah hidup sebagai netizen yang kecepatan jarinya lebih canggih daripada otaknya.

Rahman R. Hambour Dulu cita² gw pengen bingitz jadi penulis biar bisa mengaduk² emosi yang baca tulisan gw.

Sekarang sih alhamdulillah sudah kesampaian, menjadi penulis di..

**kolom komentar Mojok (mengaduk² emosi sobat kolam)**

Cita-cita masa kecil #4 Pengin jadi pilot

Supir yang paling keren dari supir-supir lain adalah supir pesawat. Menjadi pilot adalah keinginan begitu mulia karena mengincar kekerenan semata. Jadi pilot juga gajinya lumayan. Meski begitu risiko kerjanya luar biasa berat, sering terbang ke sana kemari dan jarang pulang. Bab risiko ini nggak mungkin mudah dicerna sama anak-anak, jadi ya biarkan saja.

Baca juga:  Cita-Cita Masa Kecil Seharusnya Bukan Jadi Dokter, tapi...

Seringnya cita-cita jadi pilot kepentok pertumbuhan fisik yang kurang sempurna.Tinggi badan nggak memadai, sampai kondisi mata yang minus. Kalau sudah begini mau berusaha susah payah pun keinginan jadi pilot kandas di tengah jalan.

@nnkittycat Dulu pingin jadi pilot. Tapi boro-boro bisa masuk sekolah penerbangan. Mata aja mineess

Cita-cita masa kecil #5 Menjadi Power Ranger

Entah kenapa banyak netizen yang bilang mereka pengin jadi Power Ranger ketika kecil dulu. Jujur aja Lur, sama kayak saya. Dulu saya pengin jadi Ranger Putih yang bakal keluar cuma di saat-saat genting tapi kekuatannya luar biasa.

Mungkin ketika kecil dulu kita selalu terpesona dengan sosok pemberani yang membela kebenaran dan keadilan. Ketika sudah dewasa nilai-nilai ini meresap hingga ke tulang sum-sum dan akhirnya kita pun berhasil… jadi… demonstran.

@bovnjeu Cita-cita terlogis itu jadi reporter sama penulis (pas kelas 4 sd) soalnya perna mau jadi power ranger

sekarang udah berubah mau jadi guru. Semoga kesampaian, hihi.

Terlepas kesampaian atau nggak cita-cita kalian, mending nggak usah memaksakan diri. Hidup lebih enak dijalani dengan santuy, sambil ngeteh, dan mendengarkan lagu Opick. Sekalian biar taubat juga kan, Waaak~

BACA JUGA 5 Tokoh Anime Favorit yang Saking Kerennya Bikin Kita Pengin Jadi Mereka atau artikel lainnya di SENSUS.