Enjoi Bantul!
Jika bukan dengan Rp2.700 di geladak Trans Jogja 15 itu, saya tidak tersadarkan bahwa Bantul mengambil dua sekaligus manusia ikonik di Indonesia sebagai penggambaran betapa Bantul sangat patriotis, pemberani, bertakwa. Dua anak muda berjubah putih tampak berdiri sama tinggi. Mengapit kiri kanan gerbang Kota Bantul di bangjo pertama dan utama. Yang satu penghela Perang Jawa 1825, yang satu lagi pengobar Perang Revolusi 1945.
Dengan Rp2.700, saya bisa mengingat kembali teman lama sejak mahasiswa saat melihat lapangan tenis yang lengang di sisi Masjid Agung. Lapangan tenis yang tak jauh dari gang rumahnya itu mengantarkannya bermimpi jadi petenis nomor satu Indonesia di Wimbledon sana. Walau hanya sampai juara di tingkat Porda DIY, paling nggak lapangan tenis itu membuatnya yakin dia bisa menjadi atlet papan tengah dengan masuk Fakultas Pendidikan Olahraga dan Kesehatan di IKIP Yogya.
Kalau hari ini, M. Bakkar Wibowo, nama teman yang saya maksudkan, ia lebih dikenal sebagai penyelenggara pagelaran konser musik. Itu soal lain, soal nasib manusia dengan segala lurus-bengkok capaiannya.
Sudah? Belum!
Dengan Rp2.700, tiba-tiba saya terpikir, mengapa Trans Jogja 15 mengharuskan diri sampai ke Palbapang. Mengapa, misal, setelah sampai di Kota Bantul, bisa belok menuju Pantai Parangtritis yang jadi tujuan turisme laut selatan. Mengapa harus Palbapang sebagai pemberhentian terakhir?
Dengan Rp2.700, saya disadarkan, selamanya Keraton Jogja terganggu dengan perempatan Palbapang. Jalur Trans Jogja Malioboro–Keraton–Palbapang adalah pernyataan sikap politik kebudayaan raja bahwa Palbapang harus tetap diikat.
Ikatannya harus langsung dengan Keraton. Lain nggak. Palbapang adalah bangjo paling mistis secara politik bagi Keraton Jogja. Saking mistikanya, dengan Rp2.700, kalian bisa punya sangu ide politik radikal mengapa perempatan “yang biasa banget” di selatan Kota Bantul itu nama jalannya “seram-seram”, seperti nama jalan yang menjaga Keraton Jogja.
Di Palbapang, di pemberhentian terakhir Trans Jogja yang juga bekas stasiun milik Nederlandsch Indische Spoorweg Maatschappij (NIS) itu, di timur ada Jl. Sultan Agung, di barat ada Jl. Panembahan Senopati. Dua nama yang bagi Jogja adalah puh sepuhnya Jogja.
Mengapa perlu ada nama beken dan adiluhung itu di situ? Dengan Rp2.700, segera kalian menyadarinya. Kalau juga belum, video ini bisa berguna.
Sukses menjadi pertapa di dalam Trans Jogja
Kalau dirangkum, dengan Rp5.400 rupiah, saya mendaku diri sukses menjadi pertapa di atas Trans Jogja yang anyep dan kosong. Saldo kartu hitam saya yang berasal dari Dana Istimewa masih tersisa Rp51.600.
Dengan dana istimewa segitu, impian ke Prambanan menjadi seorang pertapa dengan memikirkan apa saja secara bebas, yang dulu dan sekarang, bukan impi-impi belaka. Dengan Rp3.500 ke arah Prambanan dari Taman Pintar (1A) sampai-sampai saya sampai memikirkan hubungan Bong Supit yang plangnya segede tulisan Candi Prambanan itu dengan keluarga Yahudi dan rabi di Jawa abad 19 akhir. Apakah ada hubungannya? Jawaban pasti saya, sebagai pertapa Trans Jogja, ADA.
Masih ada saldo Rp44.600 tersisa. Sekalian saja menjajal ke arah Pakem, Sleman, yang hanya seteriakan jauhnya dari gerbang “universitas para pecinta tanaman herbal” bernama Lapas II A KM 17.
Kapan-kapan saja diceritakan itu semua. Termasuk melintasi dan menikmati GG, Godean dan Gamping. Saldo masih sangat banyak. Cobalah ulangi sampai berkali-kali. Apa nggak kenyang dan turah-turah ngasih makan batin yang anyep dan kosong.
Semua punya cara menikmati Jogja dengan segala absurditasnya. Meminjam Adji Santosoputro, master of mindfulness, pulihkan segala luka batinmu, monster dalam pikiranmu, dengan menumpangi bus Trans Jogja yang sepenuhnya disubsidi dana pajak ratusan miliar. Terlebih-lebih dengan memakai dana transport Danais, Dana Istimewa. Dengan bertapa di Trans Jogja lewat olah rasa ala mindfulness, cair honor Rp300.000. Dari mojok.co, tapi. Itu.
Penulis: Muhidin M. Dahlan
Editor: Yamadipati Seno
BACA JUGA 3 Halte Trans Jogja yang Selalu Bikin Penumpang Stres dan pengalaman menarik lainnya di rubrik ESAI.