Eksistensi nasi uduk sebagai identitas budaya Betawi setidaknya sudah populer sejak abad ke-17. Jejaknya dapat ditelusuri ketika Kerajaan Mataram Islam bertandang ke Batavia untuk menaklukan sekaligus membuka jalur laut menuju Selat Malaka yang dihalangi VOC.
Dilansir dari Kompas, menurut ahli kuliner Betawi, Pudentia, bahwa sejarah nasi uduk berawal dari orang Melayu yang berasal dari server negeri Jiran (Malaka) melakukan hijrah ke Batavia setelah diokupasi oleh Portugis. Mereka membawa nasi lemak sebagai salah satu alat bertahan hidup di negeri seberang. Lalu dikawinkan dengan santapan orang Jawa, yaitu nasi gurih. Maka lahirlah nasi uduk, sebagai temuan yang sangat berarti bagi masyarakat Betawi, maupun para pendatang yang mengadu nasib di Jakarta. Kala dini hari hingga pagi buta.
Dalam buku Akademi Kuliner Indonesia yang berjudul Kuliner Betawi Selaksa Rasa & Cerita (2016) menyebutkan bahwa secara etimologi kata uduk berarti susah. Sebab, pada masa lampau nasi uduk adalah bekal para petani (yang diidentikan sebagai profesi yang susah). Dan konon nasi uduk hanya dimasak dan dinikmati oleh rakyat kecil saja. Nggak percaya? Mungkin kita bisa melihat beberapa makna dari aspek seputar nasi uduk, cekidot untuk verifikasi kebenaran tersebut:
Pertama, pembuatan nasi uduk yang cenderung sederhana. Nasi uduk bisa disajikan hanya bermodalkan beras putih, santan kelapa, garam, daun serai, daun salam, dan daun jeruk sebagai bumbunya. Ada pula lauk pauknya yang variatif tergantung pilihan pembeli dan ketersediaan penjual. Tetapi, umumnya ada telur dadar iris, ayam goreng, tempe atau tahu bacem, tempe orek, semur atau balado telur bulet, bihun, mi, gorengan, kerupuk, hingga taburan abon atau bawang goreng. Dan dilengkapi oleh sambal kacang, sambal terasi, atau sambal goreng.
Nah, dalam aspek ini kita bisa melihat bahwa orang Betawi memang identik dengan kesederhanaan. Misalnya kesederhanaan menepi untuk bersemayam ke kantung-kantung Ibu Kota. Bukan karena digusur tanahnya lho yha, melainkan untuk mencari ketenangan batin bak Dalai Lama, hehe.
Kedua, nama-nama penjual kuliner ini yang inklusif sekaligus absurd alias susah dimengerti. Berdasarkan pengalaman saya yang lahir dan besar di Jakarta, dan berpetualang dalam mencari nasi uduk yang nikmat dan murah, akhirnya saya membuat suatu kesimpulan tentang para penjual kuliner ini.
Ternyata para pedagang nasi uduk di Jakarta, didominasi oleh perempuan. Sehingga para penjual tersebut memiliki predikat kata depan yang paten, yaitu Mpok/Pok yang berarti Kakak dalam bahasa Betawi.
Kembali ke nama-nama para penjual nasi uduk yang pernah saya jumpai. Ada beberapa nama unik yang pernah saya temui. Pertama, Mpok Aceh. Berdasarkan rumor yang beredar blio adalah keturunan pedagang yang sangat akrab dengan Kesultanan Aceh. Kedua, Mpok Atun. Konon semasa usia remaja blio sangat mirip dengan pemeran Atun dalam film Si Doel. Ketiga, Mpok Ntot. Beliau memiliki kebiasaan latah dengan mengucap nama panggilannya sendiri. Keempat, Mpok Ntin. Blio berasal dari keluarga wedding organizer yang terkenal se-kelurahan. Yang terakhir, Mpok Racing. Dia mendapat nama tersebut setelah diproklamirkan sebagai juru selamat perut anak-anak balapan liar di sekitar tempat berdagangnya.
Ketiga, pahlawan tanpa tanda jasa bagi masyarakat kelas menengah atau bawah di Jakarta. Aspek ini bukan berarti menunjukan masyarakat kelas atas tidak suka kuliner ini. Toh, terbukti juga beberapa hotel bilangan elit di Jakarta masih menyediakan nasi uduk sebagai pilihan menu sarapan.
Yang saya maksud adalah harganya yang merakyat. Dari kisaran harga 7 ribu hingga 10 ribu seporsi, sudah mengisi atau bahkan mengenyangkan perut. Harga yang cocok buat kelas menengah dan kelas bawah untuk mengawali hari.
Dari uraian di atas, bisa dilihat bahwa kuliner ini punya sejarah yang panjang dan lekat dengan kelas pekerja. Kuliner ini membuktikan bahwa makanan terkadang tak sekadar pengenyang perut, namun punya nilai yang berarti untuk suatu kaum.
Sumber gambar: Wikimedia Commons karya Takeaway