Suatu hari sewaktu saya masih SD, seorang guru pernah mencoret kertas jawaban saya tatkala menjawab pertanyaan “Siapa yang mencari nafkah?” dan “Siapa yang bertugas untuk mengurus Rumah?” Saya menjawab begini: “Ibu yang mencari nafkah dan bapak merapikan rumah.”
Cerita masa lalu tersebut berumur panjang. Sesekali ibu menceritakan kejadian itu lagi sambil tertawa. Bahkan sampai ketika anak-anaknya sudah dewasa. Sementara itu, saya sendiri tidak ingat kejadian semasa SD itu.
Sebetulnya saya nggak begitu paham mengapa ibu begitu senang ketika menceritakan kisah ketika saya SD. Beranjak dewasa, kurang lebih saya jadi tahu bahwa pembagian peran dalam keluarga kami yang nggak biasa pada zamannya. Barangkali ibu saya senang karena menjadi berbeda di antara “corak yang umum”.
Beda peran bapak dan ibu di rumah
Mungkin, saat itu, melalui insting seorang anak kelas 1 SD, memang begitulah peran bapak dan ibu dalam keluarganya. Jawaban tersebut tentu terbentuk dari pengamatan subjektif seorang anak kecil berusia enam tahun.
Saya ingat betul, saat syukuran pindah rumah, ibu pernah mencoba memasak nasi liwet. Tidak ada yang berharap banyak. Alih-alih gurih, rasanya tidak berbeda dengan nasi putih biasa.
Masakan bapak memang paling top, bahkan di keluarga besar. Tak hanya memasak, bapak banyak menangani pekerjaan rumah lainnya. Misalnya mencuci, ngepel, dan nyapu.
Ketika masih SD, saya bahkan tidak tahu bahwa ternyata bapak juga bekerja di luar rumah. Berbeda dengan bapak yang selalu cepat-cepat pulang kerja, saya justru mengira bahwa ibu adalah bagian dari kumpulan karyawan doyan lembur.
Corak keluarga masing-masing
Tentu setiap keluarga memiliki coraknya masing-masing. Hanya, di satu aspek, pasti selalu ada corak yang lebih menonjol daripada yang lain. Biasanya, inilah yang dijadikan standar di masyarakat.
Bangsa kita memiliki hobi untuk mengotak-ngotakan sesuatu. Sebetulnya tidak hanya bangsa Indonesia, tetapi umat manusia. Seperti anggapan bahwa orang Sunda yang lemah lembut, orang Batak yang cenderung kasar, dan orang Jawa yang lekat dengan santet.
Mungkin kalian pernah melihat ibu-ibu mengendarai sepeda motor dengan posisinya di tengah jalan dan lampu sein yang menyala tetapi ditunggu sampai lumutan pun beliau tidak kunjung belok. Kebanyakan orang Indonesia cenderung akan mewajarkan ibu pengendara motor tersebut. Mentok-mentok mungkin mangkel dan geleng-geleng seraya membatin, “Yah namanya juga ibu-ibu.” Begitulah anggapan umumnya.
Saya teringat kepada tulisan mbak Kalis Mardiasih di Mojok. Agaknya, tulisan itu menggambarkan beberapa nilai yang cukup mengakar di antara laki-laki dan perempuan.
Intinya, sedari saya masih SD, laki-laki diberi tahu bahwa mereka adalah pemimpin. Kelak, mereka akan menanggung kehidupan orang lain. Oleh karena itu, laki-laki harus mampu mendapatkan banyak materi sebagai pencari nafkah utama. Sementara perempuan, dianggap tidak mampu hidup sendiri sehingga tindakannya harus selaras dengan keinginan pelindungnya. Banyak prasangka yang sudah mendarah daging.
Pada akhirnya, segala sesuatu cenderung dilabeli dan dikategorikan, termasuk peran. Meskipun berbeda-beda kotak, tetapi tetap saja ada kotak yang lebih mentereng yang menjadi standar bagi khalayak. Di satu sisi, mungkin tidak semuanya begitu. Pengalaman kebanyakan orang benar begitu.
Identitas gender
Sebetulnya saya hanya ingin bilang bahwa perbedaan peran ini bisa dimulai dari lingkup kecil seperti peran gender di keluarga. Jika standar bapak ideal adalah bekerja mencari nafkah, sementara ibu merapikan rumah, hal ini mungkin memang baik dan benar. Namun, tidak semestinya hal tersebut dijadikan kotak baku yang mengkerdilkan opsi-opsi lain.
Seorang filsuf, Judith Butler mengemukakan bahwa identitas gender adalah performatif yang berarti identitas gender terbentuk karena imitasi dan tindakan yang dilakukan secara berulang. Maksudnya begini, sebuah identitas gender tidak akan ada bila tidak disertai pengulangan tindakan dan praktik peniruan.
Oleh karena itu, menurut Butler, cara orang lain bertindak juga tentu mempengaruhi nilai-nilai yang sesuai untuk sebuah peranan. Artinya, tindakan berulang dan proses peniruan dari seseorang yang mencerminkan identitas gender. Semuanya tergantung kepada bagaimana seseorang menggunakan tubuhnya untuk menanggapi sesuatu.
Barangkali, dulu saat pertama kali perempuan bekerja di ruang publik, hal tersebut menjadi pemandangan yang tak biasa dan aneh. Lama-kelamaan, jika dilakukan secara berulang, kemungkinan besar anggapan aneh tersebut akan pudar, kemudian menghilang. Sebagaimana kata Butler, tidak ada identitas yang ajeg, termasuk perihal gender.
Saya tidak bermaksud memprioritaskan salah satu peran di antara ibu dan bapak. Keduanya sama pentingnya bagi seorang anak. Sebagai anak SD, rasanya tidak masalah jika mereka menjadi berbeda dalam beberapa hal selama keduanya tidak keberatan dan enjoy. Apalagi ketika masing-masing berusaha melakukan apa yang bisa dilakukannya.
Cara adaptasi ibu dan bapak saya
Bagi saya, peran ibu dan bapak melebihi ekspektasi jawaban ibu guru pada saat itu. Kalau memang harus dicoret jawabannya, bukan karena salah, melainkan jawaban saya belum lengkap. Barulah di sana saya mengerti mengapa ibu guru menyalahkan jawabannya. Namun, tidak ada yang bisa mengontrol cara orang lain menilai sesuatu, setidaknya ibu dan bapak melakukan hal yang mereka anggap benar.
Konon, secara alami, manusia dibekali cara untuk menolong dirinya dengan cara menyesuaikan diri dengan lingkungannya. Saya menduga, dengan segala jalan yang dipilih oleh ibu dan bapak, itu adalah jalan penyesuaian diri yang mereka pilih sebagai pasangan dan juga orang tua.
Dan di mata anak SD, semuanya baik adanya. Tidak ada yang aneh.
Penulis: Nisrina Ridiani
Editor: Yamadipati Seno
BACA JUGA Relationship Goal yang Sering Terlupakan: Ayah-Ibu dan Kakek-Nenek Kita