MOJOK.CO – Yogyakarta menjadi daerah istimewa yang lekat dengan sosok Sri Sultan Hamengku Buwono (HB) I hingga Sri Sultan HB X sebagai rajanya. Namun berbeda dari Sri Sultan HB lainnya, nama Sri Sultan HB III dan Sri Sultan HB IV tak banyak dikenal publik.
Pemerintahan Sri Sultan HB III dan Sri Sultan HB IV hanya berlangsung selama sepuluh tahun. Sri Sultan HB III dua tahun saja bertahta, sedangkan Sri Sultan HB IV hanya memimpin Keraton Yogyakarta dalam waktu delapan tahun.
Tak banyak dokumentasi sejarah kedua raja tersebut yang tersimpan di Keraton Yogyakarta. Apalagi Gubernur Jenderal Hindia Belanda, Thomas Stamford Bingley Raffles banyak membawa dokumen ke Belanda.
Dokumen-dokumen yang menjadi rampasan perang tersebut dibawa Raffles pasca-tanah Jawa kembali dijajah Belanda pada 1814. Sebelumnya, tentara Inggris sempat menguasai tanah Jawa pada 1811.
Sejarah kelam tersebut yang akhirnya coba dinarasikan Keraton Yogyakarta melalui “Pameran Sumakala, Dasawarsa Temaram Yogyakarta” di Pagelaran Keraton Yogyakarta mulai 28 Oktober 2022 mendatang hingga akhir Januari 2023. Pameran ini merekonstruksi dokumen-dokumen sejarah masa pemerintahan kedua raja Keraton Yogyakarta tersebut.
“Keraton mengalami kesulitan mendapatkan dokumentasi sejarah. Sebab masa sepuluh tahun kepemimpinan keduanya merupakan saat-saat yang temaram,” papar Penghageng KHP Nitya Budaya, Keraton Yogyakarta, GKR Bendara di Yogyakarta, Senin (17/10/2022).
Menurut puteri bungsu Sri Sultan HB X tersebut, berbagai desakan politik dari Pemerintahan Inggris terhadap Sri Sultan III saat Jawa dikuasai Inggris berdampak pada ketidakstabilan perekonomian. Sebab seluruh biaya
perang yang ditimbulkan dari gempuran Inggris ke Yogyakarta harus ditanggung oleh keraton.
Kondisi carut marut tersebut harus disaksikan oleh GRM Ibnu Djarot, putra mahkota yang masih sangat belia. Ibnu Djarot pun harus menyaksikan ayahandanya Sri Sultan HB III meninggal saat baru dua tahun bertahta.
Akhirya putra mahkota yang masih berusia 10 tahun tersebut harus menggantikan kedudukan Sultan dengan gelar Sri Sultan HB IV.
“Karenanya momentum temaran itu coba keraton rekonstruksi ulang. Meskipun sultan ketiga dan sultan keempat mengalami kondisi yang sulit, tetapi berbagai prestasi dalam pemerintahan maupun pembangunan kebudayaan di keraton turut disumbangkan,” jelasnya.
Melalui pameran tersebut, warisan manuskrip, surat menyurat serta lukisan Raden Saleh pada masa kepemimpinan dua sultan coba ditampilkan. Selain itu tari Bedhaya Durmakina, Babad Ngayogyakarta, maupun kereta-kereta kebesaran dari masing-masing Sultan pun ikut ditampilkan.
Namun diakui Bendara, pameran kali ini menjadi tantangan tersendiri bagi keraton dan tim pameran. Sebab pasca-peristiwa Geger Sepehi pada 1812, keraton yang megah harus porak-poranda. Benda budaya, kekayaan material, hingga pusaka yang dimiliki keraton dijarah habis-habisan oleh Prajurit Sepoy di bawah komando Inggris. Sumber-sumber mengenai pemerintahan keraton pada awal abad ke-19 juga tidak banyak ditemukan.
“Di sinilah keraton mencoba membaca ulang sejarah semasa 1812-1822 dan mewujudkannya dalam bentuk visual. Kerja kreatif ini dipilih menjadi media untuk menyelami pemerintahan sultan ketiga dan sultan keempat lebih mendalam,” tandasnya.
Sementara Kurator Keraton Yogyakarta, Fajar Wijanarko mengungkapkan banyak kesulitan yang harus dihadapi kurator dalam “menjahit” sejarah masa pemerintahan Sri Sultan HB III dan IV. Bahkan berbagai upaya mereka lakukan dengan menghubungi Pemerintah Inggris maupun Belanda untuk mendapatkan data dan dokumentasi sejarah masa peralihan Sri Sultan HB II hingga Sri Sultan HB V.
“Termasuk merekonstruksi busana-busana yang dikenakan para raja dan permaisuri pada masa pemerintahan kedua,” ungkapnya.
Fajar menambahkan, rekonstruksi tersebut tidak mudah dilakukan karena minimnya masa kepemimpinan keduanya. Melalui kerja konfirmasi dengan Pemerintahan Inggris dan Belanda, akhirnya Keraton Yogyakarta bisa melakukan rekonstruksi busana-busana para raja dan ratu pada waktu itu. Riset reprografi juga bisa dilakukan untuk mendapatkan dokumentasi berharga tersebut.
“Hasil rekonstruksi dan reprografi tersebut yang nantinya akan kami pamerkan selain koleksi lainnya meski tidak banyak,” imbuhnya.
Reporter: Yvesta Ayu
Editor: Purnawan Setyo Adi