Dusun Gunung Kelir Kulon Progo, Rumah Kedua Saya yang Sudah Mengamalkan Pancasila Bahkan Sebelum Pancasila Lahir

Dusun Girimulyo Kulon Progo- Surga di Bukit Menoreh MOJOK.CO

Ilustrasi Dusun Girimulyo Kulon Progo- Surga di Bukit Menoreh. (Mojok.co/Ega Fansuri)

MOJOK.COBagi saya, Dusun Gunung Kelir Kulon Progo adalah rumah kedua setelah Lampung. Di sana, mata saya dibuka, diajarkan makna toleransi.

Pertengahan 2019 saya memutuskan untuk pergi dari Lampung, tepat dua minggu setelah wisuda. Berbekal alasan klise dan motor Honda Beat, saya dan teman bernama Gogon mengeksekusi perjalanan minim perencanaan itu. “Ingin melihat secara langsung dunia yang selama ini cuma bisa disaksikan lewat gawai.” Sok banget, lah.

Bagi saya sendiri, cara paling baik untuk membagikan pengalaman ini adalah dengan mengingat peran orang-orang baik yang kami jumpai. Perjalanan yang sama sekali tidak mulus itu akan lebih buruk kalau kisahnya cuma berputar pada kami, dua remaja pandir ini.

Syukur, dari banyak daerah yang kami lalui, Bogor, Bandung, Cirebon, Pangalengan, Tasikmalaya, hingga Kulon Progo, memberi kesempatan lebih banyak pada kami untuk berinteraksi dengan warga setempat. Tangan hangat mereka yang memberi kami atap untuk berteduh, juga membagikan ilmu penting untuk dibawa pulang.

Dan Kulon Progo, jadi tempat terakhir untuk saya dan Gogon sebelum kami menjalani petualangan masing-masing setelahnya. Tepatnya di Kecamatan Girimulyo, sebuah kecamatan yang berisikan desa-desa eksotis di Perbukitan Menoreh, kami bersandar sejenak. Salah satunya adalah Dusun Gunung Kelir, Kulon Progo.

Dari Jogja, menuju Waduk Sermo

Di penghujung 2019 itu, kami berangkat dari Jogja menuju Waduk Sermo. Setelah berdiam diri cukup lama di kota, kami mencari spot yang cocok untuk mendirikan tenda.

Kebetulan, wisata alam satu ini sudah lama masuk daftar untuk dikunjungi dan waktu itu hujan masih jarang turun. Dua hari kami tidur di tenda single layer sambil berharap langit tetap cerah.

Sebab, jangankan hujan, embun dini hari saja sudah cukup membuat tenda murahan yang kami gunakan basah kuyup. Harapan terkabul, semesta mendukung kami, tapi tidak dengan banyak petani yang lahannya kekeringan. Kemarau tahun itu memang lebih panjang dari biasanya.

Langit masih cerah saat kami memutuskan untuk bertolak ke lokasi berikutnya. Gogon mengarahkan tujuan ke arah Kalibiru, sebelum bertolak ke Dusun Gunung Kelir Kulon Progo.

Sejenak di Kalibiru

“Di sekitaran sana banyak bukit-bukit bagus, kita bisa bentang hammock aja kalau nggak hujan.” Berlagak seperti orang yang bisa memprediksi cuaca dan paham dengan alam liar, saya mengiyakan ajakannya.

Kami menyusuri jalur alternatif kabupaten. Jalanan berliku dan tanjakan curam mendominasi. Dari Jalan Lingkar Sermo, kami masuk ke Jalan Tegalsari-Klepu. Setengah jam yang berat untuk Honda Beat tua yang telah menempuh perjalanan panjang dari Lampung.

Sampai di sekitar Dusun Gunung Kelir Kulon Progo, kami lalu jalan ke arah Kalibiru. Di sana, kami menemukan bukit kecil yang bisa didaki dalam waktu lima menit. Di puncaknya banyak bambu bekas pondok-pondok wisata berserakan.

Bukit ini ternyata pernah coba dikelola warga, namun sepi pengunjung. Hari sudah menuju gelap saat itu. Ketika sedang mencari tempat yang cocok untuk memarkirkan motor, pandangan saya langsung tertuju pada rumah di bukit sebelah.

Awal perkenalan dengan warga dusun

Lampu terasnya menyala, tanda ada penghuni di dalamnya. Terdapat rak bensin eceran dan di dinding rumahnya tertulis ”Jual Wedang”. Seorang bapak umur 50an membuka pintu sesaat Gogon mengetuk. Kami izin menitipkan motor di rumahnya sekaligus memesan dua gelas wedang jahe.

Setelah menitipkan motor, kami kembali ke bukit kecil tadi. Kami mengikat hammock di pohon-pohon sisi selatan bukit, tanpa memprediksi angin berembus dari arah utara. Dengan api yang menyala semalaman dan segelas wedang jahe, malam itu kami lalui dengan suhu udara yang cukup nyaman.

Gogon bangun lebih pagi untuk mengembalikan gelas wedang jahe ke pemiliknya. Kali ini dia bertemu dengan ibu, penghuni rumah yang sama. Setelah ngobrol cukup panjang, Gogon kembali ke perkemahan kami dengan wajah semringah.

“Kita boleh tidur di rumahnya,” kata dia sambil membangunkan saya yang masih bergantung di hammock

Baca halaman selanjutnya: Dusun yang memberi makna terbaik kepada kata “toleransi”

Kebaikan yang terpancar dari Dusun Gunung Kelir Kulon Progo

Terdapat ruang kosong ukuran 3×5 meter yang terpisah dari rumah utama dan di sana kami memarkir motor sekaligus membentang tikar untuk tidur. Ini Jauh lebih baik dari selembar hammock dan risiko kehujanan.

Pak Toto dan Bu Sri mengaku jarang menempati rumah di sebelah bukit ini. Aktivitas mereka lebih sering di Purworejo untuk bertani. Setelah itu, kabar kedatangan kami tersebar dengan cepat.

“Ada dua orang musafir di rumah Pak Toto.” Keberadaan kami menjadi isu hangat di antara warga Dusun Gunung Kelir Kulon Progo saat itu.

Ditampung warga sekitar memang bukan hal baru di perjalanan dari Lampung sampai Jogja. Dan semua tempat yang saya sebutkan sebelumnya memang menawarkan kesan tersendiri. Namun, Gunung Kelir tidak hanya berkesan. Ia melampauinya hingga menjadi kesadaran baru pada dinding akal saya.

Kesadaran baru

Baru dua hari tinggal di Dusun Gunung Kelir Kulon Progo, kami langsung berkesempatan hadir di acara syukuran di rumah warga beragama Buddha. Jujur saja, ini kesempatan pertama kali dalam hidup saya dan amat sayang untuk dilewatkan.

Susunan acaranya, sih, standar syukuran di agama Islam yang sering saya ikuti. Tuan rumah memberi sambutan dengan Bahasa Jawa Kromo yang sama sekali tidak saya pahami. Lalu, dilanjut doa menurut agama Buddha tentu saja, dan makan-makan. Kata Pak Toto, syukuran seperti ini memang rutin diadakan, bahkan di luar momen-momen keagamaan.

Saya keturunan asli Bengkulu, lahir dan besar di Lampung, kuliah lima tahun di Palembang. Di tempat itu, jangankan hadir di acara syukuran agama selain Islam, saya malah merasa hidup dalam dunia berbeda dengan penganut Buddha atau agama lainnya.

Selama hidup, saya diajarkan menyebut non-Islam sebagai kata ganti agama lain. Saya dipaksa alergi untuk menyebut Kristen, Katolik, Buddha, Hindu, dan Konghucu secara konkret dan gamblang. Dan ini terjadi di lingkungan sekolah.

Para pemeluk agama yang hidup harmonis

Di Dusun Gunung Kelir Kulon Progo, kata Bu Sri, penganut Islam, Buddha, dan Katolik sudah sejak lama hidup berdampingan. “Ya wong nggak ada alasan buat kami untuk nggak saling bantu.” tegas beliau.

Bu Sri juga adalah seorang penyumbang suara dalam seni karawitan. Kami malah berkesempatan menyaksikan para pemain berlatih di satu lokasi. Nada Slendro yang mereka mainkan seperti gambaran hidup masyarakatnya yang diterjemahkan ke dalam bentuk musik. Perbedaan melebur pada skala tertentu, membentuk harmonisasi yang belum pernah saya saksikan secara langsung.

Petani, peternak, pengelola wisata, dan lapisan masyarakat lainnya hidup dan menghidupi kerukunan itu tanpa ada konflik. Para warga akan menyumbang keringatnya di acara-acara keagamaan tetangga.

Agama bukan sekat bagi warga Dusun Gunung Kelir Kulon Progo untuk saling bahu-membahu membangun peradaban kampung ini. Hal ini juga bisa dilihat dalam tradisi rewang hingga kerja-kerja kebudayaan macam Sambanggo atau Rejeban. Semua warga akan turut serta dalam kenduri dan menjalaninya dengan sakral.

Kampung Pancasila

Baru saya ketahui juga belakangan kalau Dusun Gunung Kelir Kulon Progo memiliki julukan “Kampung Pancasila” karena keragamannya yang harmonis. Batin saya sih bertanya-tanya setelah mendengar julukan ini. “Kok Pancasila ya?” Padahal warganya sudah guyub bahkan jauh sebelum Pancasila diteriakkan sebagai ideologi negara. Aakkhhh.

Tapi kalau dipikir-pikir, jutaan anak kecil di Sumatera dan daerah lainnya masih diajarkan dengan cara yang sama seperti saya dulu. Toleransi bagi mereka adalah barang kasat dan tidak nampak. Lalu Pancasila datang sebagai julukan.

Padahal, BPIP yang dibentuk beberapa tahun ini belum sempat mengabarkan kebaikan Gunung Kelir pada dunia. Malah kesannya kayak Pancasila yang dompleng nama ke Dusun Gunung Kelir Kulon Progo nggak, sih?

Gotong royong warga Dusun Gunung Kelir Kulon Progo

Total 10 hari kami ditampung dan diberi makan oleh sepasang suami-istri yang baik ini. Dua hari sebelum saya dan Gogon meninggalkan dusun itu, tetangga Pak Toto, yang rumahnya cuma berjarak 200 meter mengalami musibah. Pohon besar tumbang tersapu angin kencang, menimpa sebagian rumahnya. Beruntung tidak ada korban cedera atau meninggal. Cuaca peralihan musim memang berlangsung cukup ekstrem di Dusun Gunung Kelir Kulon Progo.

Pak Toto berinisiatif pergi sendiri, tapi saya dan Gogon, anak muda FOMO ini, tidak ingin ketinggalan momentum. Selama perjalanan dari Lampung ke Jogja, kami belum berkesempatan gotong royong fisik bersama warga.

Seluruh warga sekitar Dusun Gunung Kelir Kulon Progo pergi untuk membantu mengevakuasi pohon tumbang sekaligus merenovasi bagian rumah yang rusak. Ya, rumah yang rusak bisa langsung digarap beberapa warga. Para Ibu, dibantu anak-anaknya, menyiapkan minum dan makanan untuk rombongan laki-laki. Rupanya warga sudah terlatih dalam upaya mitigasi semacam ini, karena lokasinya memang langganan terdampak cuaca ekstrem.

Satu orang memanjat pohon untuk menebang batang yang patah. Saya dan beberapa lainnya memegang tali tambang, siap menarik pohon yang ditebang. Evakuasi berjalan lancar.

Tim renovasi bergerak cepat memoles rumah itu dan rampung seketika. Gotong royong ditutup dengan minum dan makan bersama. Beberapa orang sudah kami kenal sebelumnya, dari acara syukuran dan kumpul-kumpul di rumah Pak RT saat kami melapor.

Dusun Gunung Kelir Kulon Progo sudah menjadi rumah kedua saya

Kami merasa ingin lebih lama di Dusun Gunung Kelir Kulon Progo, tapi tahu diri kadang lebih baik dari pada ingin tahu. Tidak mungkin menyulitkan suami-istri yang baik ini lebih dari yang sudah kami terima. Saatnya keinginan anak muda keras kepala ini mengalah. Biar 10 hari itu jadi hari-hari penting dalam hidup kami.

Jarak dusun ini juga cuma 37 kilometer dari tempat saya tinggal sekarang, Sleman. Dan kalau diizinkan, biar dusun indah yang berisi orang-orang baik ini jadi desa selain Lampung untuk jadi tempat saya pulang. Semoga diizinkan.

Penulis: Razi Andika

Editor: Yamadipati Seno

BACA JUGA Bermalam Bersama Satu-satunya Keluarga yang Tersisa di Kampung Mati Kulon Progo dan pengalaman menarik lainnya di rubrik ESAI.