Ngomongin soal kultur lokal kota Blora, Jawa Tengah, salah satu yang menjadi daya tarik adalah adanya kesenian barongan yang juga menjadi ikon identitas bagi kota tersebut. Jadi selain dikenal dengan julukan kota Samin, beberapa orang juga menyebut Blora sebagai kota Barongan.
Akhir tahun lalu saya sempat berkunjung ke kediaman Pak Adi Wibowo, founder grup kesenian barongan Risang Guntur Seto, untuk menggali informasi mengenai perkembangan kesenian khas kota Blora tersebut.
Dari diskusi dengan Pak Adi Wibowo, saya menemukan perspektif yang cukup menarik di luar konteks historis yang jadi fokus pertanyaan saya. Beliau malah membeberkan pesan tersirat dari segi cerita yang diusung dalam barongan. Secara singkat, barongan Blora itu mengangkat cerita tentang Singo Barong Gembong Amijoyo, sosok manusia berkepala singa penjaga hutan Jati Wengker (beberapa orang menyebut hutan ini terletak di Ponorogo. Tapi Pak Adi Wibowo bersikukuh bahwa Jati Wengker adalah nama lain dari Blora pada zaman dulu. Karena faktanya secara geografis kota Blora terdiri dari bentangan hutan jati.) Pesan tersirat yang terkandung dalam cerita tersebut terdapat dalam segmen-segmen episodik yang saya rangkum di bawah ini:
Menjaga alam
Pesan ini diambil dari ultimatum Singo Barong kepada siapa saja yang hendak memasuki hutan Jati Wengker. Dalam sumpahnya dia bertaruh nyawa, “Barang siapa mendekati hutan Jati Wengker, maka langkahi dulu mayatku”. Sumpah tersebut keluar seiring dengan munculnya tokoh bernama Klana Swandana yang memaksa hendak membuka jalur menuju Kediri melalui hutan Jati Wengker. Permintaan tersebut ditolak mentah-mentah oleh Singo Barong. Bahkan keduanya akhirnya terlibat baku pukul.
Hutan Jati Wengker adalah simbol alam, sementara Singo Barong adalah gambaran seseorang yang gigih menjaganya. Secara implisit bagian ini memberikan pesan agar kita jadi sosok seperti Singo Barong yang menolak apa pun bentuk eksploitasi terhadap alam untuk kepentingan pribadi manusia. Suatu kali Singo Barong juga berkata, “Kalau seandainya nanti aku sudah mati, maka kerusakan dan bencana akan terjadi di mana-mana.” Maksud pernyataan ini adalah, kelak jika sudah nggak ada lagi orang yang peduli dengan alam, maka kerusakan dan bencana besar bakal mengancam kelangsungan hidup manusia.
Kemudian dari penghadangan yang dilakukan oleh Singo Barong terhadap Klana Swandana kita bisa belajar, sudah seharusnya kita melawan jika ada orang-orang yang mengeksploitasi alam demi kepentingan kelompoknya sendiri.
Tanggung jawab dan patriotisme
Konteks bertanggung jawab diambil dari lakon Singo Barong yang dengan komitmen penuh melaksanakan tugasnya, yaitu menjaga hutan Jati Wengker. Merupakan pesan agar kita bisa menjaga amanah dan menjalankan tugas apa pun yang diberikan kepada kita dengan sebaik-baiknya. Sebagaimana yang dicontohkan Singo Barong. Tak goyah oleh rintangan apa pun, seperti Singo Barong yang tetap teguh pendirian meski nyawanya berada di bawah ancaman Klana Swandana.
Sementara patriotisme merupakan simbol dari pengorbanan dan dedikasi Singo Barong terhadap tanah yang dia pijaki; hutan Jati Wengker. Karena masyarakat Jawa percaya, “Tempat di mana kau minum dan makan dari buminya, di situlah kau harus rela mati untuk membelanya.” Dan hal itulah yang tercermin dari lakon Singo Barong yang sedari awal bahkan bersumpah, kalau ada yang mau mendekati (merusak) hutan Jati Wengker, maka nyawanya sendiri jadi taruhan.
Waspada terhadap provokasi dan adu domba
Rata-rata pertikaian memang lahir dari adanya aksi provokasi dan adu domba. Seandainya tidak, ya pasti perang Bharatayuddha nggak bakal terjadi. Begitu juga dengan pertarungan hidup-mati antara Singo Barong dengan kakaknya sendiri, Jaka Lodra.
Bermula dari kekalahan Klana Swandana dan kegagalannya menembus hutan Jati Wengker, dia kemudian mengadu domba kakak beradik tersebut. Keduanya bertarung habis-habisan dan berakhir dengan tanpa adanya pemenang. Pesan yang bisa diambil, sudah semestinya kita selalu waspada terhadap segala bentuk provokasi dan adu domba. Lebih-lebih jika itu menyangkut saudara sendiri.
Perang saudara bukannya bakal menyelesaikan masalah, tapi hanya buang-buang waktu dan tenaga, tanpa ada hasil apa-apa. Yang menikmati keuntungan justru sang provokator. Dalam hal ini digambarkan dengan Klana Swandana yang akhirnya bisa memasuki hutan Jati Wengker setelah memastikan si penjaga hutan (Singo Barong) sudah lengah karena terlampau lelah setelah bertarung habis-habisan dengan sang kakak.
Secara khusus Pak Adi Wibowo menyebut, bahwa lakon Singo Barong bisa dikatakan adalah tuntutan bagi masyarakat Blora agar berkarakter sebagaimana karakter Singo Barong Gembong Amijoyo. Antara lain, tegas, berani, konsisten, tanggung jawab, serta sikap patriotisme sebagai konsekuensi atas hak dan kewajiban yang harus dikerjakan. “Ya malu to kalau kita dengan pedenya mengklaim barongan sebagai simbol identitas kota Blora, sementara kita nggak bisa atau malah nggak mau mengambil dan mengamalkan pesan yang terkandung di dalamnya.” Tutur Pak Adi Wibowo menutup diskusi kami sore itu.
BACA JUGA Model Dakwah ala Kultum Pemuda Tersesat Sudah Ada Sejak Zaman Rasulullah dan tulisan Aly Reza lainnya.
Terminal Mojok merupakan platform User Generated Content (UGC) untuk mewadahi jamaah mojokiyah menulis tentang apa pun. Submit esaimu secara mandiri lewat cara ini ya.
Pernah menulis di Terminal Mojok tapi belum gabung grup WhatsApp khusus penulis Terminal Mojok? Gabung dulu, yuk. Klik link-nya di sini.