Kalau Orang Belum Pernah Pacaran Memangnya Kenapa? – Terminal Mojok

Kalau Orang Belum Pernah Pacaran Memangnya Kenapa?

Artikel

Avatar

Sebagai seorang perempuan yang sedang berada di fase menuju dewasa, saya sangat merasa terganggu dengan adanya populasi manusia yang berpandangan bahwa orang yang belum pernah pacaran itu aneh. Padahal bisa saja hal tersebut memang sudah menjadi prinsip bagi beberapa orang, kan?

Masalahnya, masih ada saja orang-orang yang meyakini bahwa pacaran itu seolah jalan satu-satunya untuk melangkah ke jenjang pernikahan. Maka, orang yang tidak atau belum pernah pacaran akan dibilang aneh. “Kamu belum pernah pacaran memangnya tidak mau nikah, ya?” Begitu katanya.

Memang tidak bisa dimungkiri bila banyak pasangan yang akhirnya memutuskan menikah setelah sebelumnya sudah melewati masa pacaran. Mulai dari yang hitungan tahun, bulan, bahkan mungkin berpacaran dalam hitungan hari saja hingga akhirnya menemukan keyakinan untuk melangkah ke tahap lebih serius.

Namun, bukan berarti pacaran harus dijadikan patokan bukan? Kalau memang kebanyakan berawal dari pacaran, akhirnya menikah, bukan berarti setiap orang yang mau menikah harus pacaran dulu.

Buktinya banyak kok orang yang tidak pacaran, tapi bisa menikah dan hidup bahagia. Banyak juga orang yang pacaran terus nikah, tapi akhirnya berpisah, bahkan ada yang sudah pacaran lama, tapi belum nikah-nikah juga.

Baru dari sini saja sudah cukup jelas, pacaran memang tidak bisa dijadikan tolok ukur seseorang mau nikah atau tidak dan punya pengalaman berpacaran juga sama sekali bukan patokan untuk menilai rumah tangga seseorang nantinya.

Selain pandangan bahwa orang yang belum pernah pacaran berarti tidak mau nikah, orang-orang sering menuduh bahwa tidak pacaran sama dengan tidak pernah jatuh cinta. Hellow, memangnya setiap kali seseorang jatuh cinta harus banget gitu diekspresikan dengan cara ngajak pacaran? Pacaran bukan satu-satunya cara untuk membuktikan cinta. Punya pacar juga bukan sebuah tanda bahwa seseorang sedang jatuh cinta. Jelas banget.

Banyak orang yang berpacaran cuma karena “tidak enak nolak”. Seharusnya prinsip ini lebih menyakitkan bagi kedua belah pihak. Hubungan pacaran yang dilandasi keterpaksaan itu sama sekali nggak enak. Sama sekali tidak ada yang bisa menjamin bahwa setiap orang yang sudah pacaran itu berarti telah jatuh cinta dan orang yang belum pernah pacaran berarti belum pernah jatuh cinta. Bisa saja kan orang berniat pacaran karena cuma malu dibilang jomlo. Eh.

Sebenarnya yang menjengkelkan belum berhenti sampai di situ.. Beberapa orang bahkan dengan percaya diri menyatakan bahwa orang yang belum pernah pacaran itu tidak normal. Tuduhan ini sering dilontarkan di media sosial dan di circle pertemanan. Wah, wah, wah, bisa-bisanya menentukan seseorang normal atau tidak cuma dari status percintaan. Coba dipikir-pikir dulu, deh. Nggak ada hubungannya sama sekali. Stigma kayak gini justru bikin orang-orang yang belum pernah pacaran semakin insecure sama dirinya sendiri.

Plis, kalau beberapa orang ternyata memang memilih untuk tidak pacaran itu bukan berarti karena dia tidak normal, tidak pernah jatuh cinta, atau bahkan tidak mau nikah. Itu semua bisa saja murni karena pilihan dan prinsipnya.

Lagi pula setiap orang punya hak untuk menentukan pilihan hidupnya sendiri, termasuk soal pacar-pacaran. Mau atau tidak, ya, terserah orangnya dong. Kalau memang sampai umur dewasa yang menurut orang-orang sudah boleh bahkan sudah semestinya pacaran, tapi masih juga tidak mau pacaran, saya pikir tidak masalah.

Apalagi kalau menurut sebagian orang pacaran itu tidak akan memberi pengaruh yang lebih baik bagi hidupnya, misalnya karena memang cuma buang-buang waktu dan ingin lebih fokus terhadap hal yang lain. Atau bisa juga karena orang tersebut pernah mengalami pengalaman buruk yang membuatnya trauma sehingga tidak mau pacaran lagi. Setiap orang kan wajar punya pertimbangan sendiri dalam menentukan hidupnya. Ya iya lah, hidup-hidup orang kok kamu yang repot.

Kalau memang kalian mau pacaran ya silakan, tidak perlu sampai bilang orang tidak pernah pacaran itu aneh. Apalagi kalau sampai mengklaim orang tersebut tidak ada yang suka bahkan menghina orang tersebut tidak laku. Duh, kan nggak selamanya gitu juga kali. Lagi pula ini manusia, ya, bukan barang dagangan.

Jadi, monmaap, nih, bagi kamu-kamu yang bilang orang belum pernah pacaran itu aneh, mohon penjelasannya itu apanya yang aneh sih sebenarnya?

BACA JUGA Pengalaman Saya yang Pernah Pacaran dengan Seorang Jamaah atau Syarifah

Baca Juga:  Cocoklogi: Adakah Relevansi Golongan Darah dengan Perilaku Tertentu Manusia?
Terminal Mojok merupakan platform Use Generated Content (UGC) untuk mewadahi jamaah mojokiyah menulis tentang apa pun. Submit esaimu secara mandiri lewat cara ini ya.
Pernah menulis di Terminal Mojok tapi belum gabung grup WhatsApp khusus penulis Terminal Mojok? Gabung dulu, yuk. Klik link-nya di sini.
---
29


Komentar

Comments are closed.