Entah sejak kapan masyarakat Indonesia menggandengkan Idul Fitri dengan hari kemenangan. Namun menurut Prof. Qurasih Shihab, pengistilahan tersebut agaknya perlu diluruskan. Sebab tidak pernah ada di zaman Rasulullah Saw.
Pakar Tafsir Qur’an sekaligus pendiri Pusat Studi Qur’an itu bahkan menyebut merasa “terganggu” dengan adanya pengistilahan tersebut. Selain memang tidak ada di zaman Rasulullah Saw, dari segi makna pun hari kemenangan kurang pas untuk menggambarkan situasi yang sebenarnya seorang Muslim hadapi di momen Idul Fitri.
Kemenangan terhadap siapa?
“Saya bertanya, kemenangan terhadap siapa ini? Siapa yang Anda lawan sehingga mengumumkan bahwa Idul Fitri itu hari kemenangan? Menang melawan nafsu Anda? Menang melawan setan? Apa benar itu?” tutur Prof. Qurasih Shihab sebagaimana Mojok kutip dari video di kanal YouTube Quraish Shihab yang tayang Rabu, (12/5/2021).
Kata Prof. Qurasih Shihab, jika memang hari kemenangan merujuk pada segala bentuk perlawanan terhadap entitas-entitas di atas, maka sebenarnya umat Islam masih belum meraih kemenangan. Sebab perlawanan terhadap setan dan hawa nafsu tidak hanya berlangsung di bulan Ramadan saja, tapi terus-menerus sepanjang hayat.
Jika ada yang merasa menang, bisa jadi itu adalah anggapan yang muncul dari setan untuk membuat seorang Muslim berpuas diri.
“Jangan pernah menduga Idul Fitri itu hari kemenangan. Karena kalau Anda mengatakan bahwa Idul Fitri hari kemenangan, kemenangan itu menjadikan Anda berleha-leha. Menjadikan Anda merasa bangga,” terang Prof. Quraish Shihab.
Salah paham terhadap Minal aidin wal faizin
Pengistilahan Idul Fitri sebagai hari kemenangan sendiri merujuk pada ucapan “Minal aidin wal faizin” yang juga populer di kalangan masyarakat Muslim Indonesia, yang berarti “(Semoga kita) termasuk golongan orang-orang yang kembali (fitrah) dan orang-orang yang menang”,
Menurut Prof. Quraish Shihab, yang sebenarnya Rasulullah Saw ajarkan adalah ucapan (sekaligus doa) berbunyi, “Taqabballahu minna wa minkum” yang berarti “(Semoga Allah Swt) menerima (ibadah) kami dan kamu sekalian”.
“Jadi Rasulullah itu mengajarkan kita berdoa semoga Allah menerima. Jangan pernah yakin bahwa amalan Anda sudah diterima oleh Allah,” jelas pengarang Tafsir Al Mishbah tersebut.
“Kalau kita tidak yakin seperti itu (amalan diterima Allah Swt), kita jangan yakin menang,” sambungnya.
Terlebih di dalam Al-Qur’an ada sebanyak 20 kali penyebutan kata fauz dengan maksud pengampunan dosa dan masuk ke dalam surga. Sementara fauz dengan maksud menang hanya disebut satu kali, yakni yang terucap dari mulut seorang munafik.
“Dia tidak terlibat dalam perang. Tiba-tiba kaum Muslimin menang membawa harta rampasan yang banyak. Terus dia katakana, seandainya saya ikut orang Muslim berperang niscaya saya akan memperoleh fauz (kemenangan) yang besar,” jelas Prof. Quraish Shihab.
Yang hendak Prof. Quraish Shihab tegaskan dari penjelasan soal fauz tersebut adalah, seorang Muslim jangan menduga telah menang di hari raya Idul Fitri. Sebab hakikatnya peperangan melawan setan dan hawa nafsu masih panjang. Dan oleh karena belum menang, yang sepatutnya dilakukan adalah memohon ampunan dan diterimanya amal ibadah oleh Allah Swt.
Penulis: Muchamad Aly Reza
Editor: Agung Purwandono
BACA JUGA: Menemukan Jalan Tobat dari Pengajian Gus Iqdam, Gusnya Para Bajingan
Ikuti berita dan artikel Mojok lainnya di Google News.