Gaya Sex dalam Budaya Jawa untuk Menghasilkan Keturunan Unggul Menurut Serat Susila Sanggama

Ilustrasi Gaya Bercinta yang Sakral Menurut Kitab Susila Sanggama. (Mojok.co/Ega Fansuri)

MOJOK.COSelain waktu yang ideal untuk bercinta, serat Susila Sanggama juga menyajikan tuntunan gaya sex yang baik dan bisa saling memuaskan.

Coba Anda mengetik “gaya sex” di situs pencarian. Seketika akan langsung muncul berbagai artikel dan gambar yang berisi saran, anjuran medis, hingga situs porno yang akan “membimbing” keingintahuan kita akan posisi-posisi bercinta.

Akan tetapi, jika ingin tahu gaya-gaya bercinta tradisional ala Jawa yang dituliskan sebagai pengetahuan dan tuntunan yang baik, bukan semata kiat-kiat cabul demi nafsu purba manusia, maka apa yang tertulis dalam manuskrip kuno serat Susila Sanggama dapat menambah wawasan Anda tentang persetubuhan. Tulisan ini meneruskan artikel yang sebelumnya, mengenai pemilihan waktu yang ideal untuk bercinta sebagai laku ibadah sepasang suami istri. 

Tradisi Jawa memang menganggap persetubuhan bukan semata pemenuhan nafsu sex manusia. Namun, persenggamaan dan gaya sex dianggap merupakan bagian dari laku yang sakral. Jika melakukannya sesuai tuntunan yang benar, dengan susila dan tata krama yang tepat, praktik tersebut akan mempunyai manfaat ibadah bagi kepercayaan Jawa.

Serat Susila Sanggama membeberkan 8 gaya bercinta yang ideal sesuai karakter pasangan kita. Teks berbahasa Jawa hasil alih aksara ke latin akan disertakan sebagai sarana untuk memperkaya terjemahan. Berikut gaya bercinta menurut Susila Sanggama:

#1 Gaya sex anjing tanah (orong-orong)

“…panumbaking lěbětipun sang panta purusa dhumatěng baga [Vulva] sawarni angge-angge (oro-oro) lan sawěrni ingkang wontěn salěběting lengipun, ingkang alon-alon…” (Teks SS hlm. 7. Bab I)

Terjemahan:

“Gerakan penetrasi sang panta purusa ke dalam baga seperti anjing tanah yang menggali lubangnya, dilakukan secara perlahan.”

Gaya sex anjing tanah atau orong-orong. (Sumber: Kitab Susila Sanggama, Ilustrator: Ega Fansuri)
Gaya sex anjing tanah atau orong-orong. (Sumber: Kitab Susila Sanggama, Ilustrator: Ega Fansuri)

Gaya bercinta demikian disarankan untuk wanita beraut wajah bongoh atau ‘beraura riang’ dengan kulit cemeng manis, ‘hitam manis’.

#2 Gaya ngaras gandaning sekar

“…yen dipunrabaseng kakung panumbaking sang panta purusa, dhatěng baganing estri kados sawarni sada ngiris kadya tiyang ngaras gandaning sěkar-(hlm.8)- saderengipun sang panta purusa malěbět ing kori (groote schaamlippen) pun estri utawi pun kakung patrap pratingkahipun lěnggahan saha sareyan, kados dene ingkang kapratelakakěn wiwit aděg-aděg pamungkasing wawarah patrap pratingkahing Asmaragama wau. Amung kaot sarenipun estri sumendhe usuk, suku sědhěku kalih pisan, ragi mepet kaliyan wiruca baga, sasampunipun makatěn sukunipun estri kajunjung ingkang kiwa, kaslonjorakěn, katumpangakěn ing nginggiling pupuning kakung ingkang těngěn, ragi kapiyak sarta kahajěngakěn sawatawis, sukuning estri ingkang těngěn kajonjat kaaděgakěn sarana katěkuk wau, lajěng sang panta purusa kalěbětakěn ing baga (vulva) ragi alon-alon, sampun ngantos kěrěp-kěrěp.” (Teks SS hlm. 7-8. Bab II)

Terjemahan:

“… Jika bersenggama, gerakan penetrasi panta purusa laki-laki, ke dalam baga wanita seperti mengiris dengan lidi dan seperti orang menghirup wangi bunga. Sesaat sebelum sang panta purusa masuk ke dalam labia mayora, wanita dan laki-laki sikapnya berbaring dan duduk, seperti yang dijelaskan di awal paragraf terakhir bagian petunjuk dan sikap dalam bersanggama. Hanya perbedaanya sang wanita bersandar setengah terbaring, kedua kakinya ditekuk ke arah badan, agak merapat dengan wiruca baga (bibir vagina), setelah itu kaki kiri sang wanita diangkat, lalu diluruskan dan diletakkan di atas paha kanan sang lelaki. Sedikit dibuka serta ditarik maju sedikit. Kemudian, kaki kanan sang wanita dinaikan sejenak, dan dihadapkan ke atas dengan ditekuk. Setelah itu, sang panta purusa dimasukan ke dalam baga dengan perlahan, jangan sampai terlalu cepat gerakannya…”

Gaya sex ngaras gandaning sekar. (Sumber: Kitab Susila Sanggama, Ilustrator: Ega Fansuri)

Gaya sex demikian disarankan untuk wanita beraut wajah sengoh atau ‘beraura ramah’ dengan jenis kulit cemeng manis, ‘hitam manis’.

#3 Gaya lenggah timpuh (duduk bersimpuh)

“…panumbakipun wiwit saking sangandhaping pasunatan (indrěng) ingkang těngěn, lajěng ragi lěrěs těngahing kori (vulva) sarananing estri katilěmakěn satěngahing lěnggah, suku kalih pisan kaaděgakěn katěkuk jěngkunipun, běnggang sawatawis, kakung lěnggahipun ugi kados lěnggahipun tiyang maos atakiyat awal, timpuh lajěng kaajěngakěn jěngkunipun kalih pisan, kaběnggang ngiwa něngěn, padharan kalěmpetakěn sawatawis, sang panta purusa lajěng katamakakěn dhatěng baganing estri wau, ugi ingkang alon-alon, sampun ngantos kěrěp-kěrěp rumiyin, kados ing nginggil punika.” (Teks SS hlm. 8. Bab III)

Terjemahan:

“…penetrasi sang panta purusa dimulai dari bawah kelentit kanan. Kemudian sedikit ke dalam tepat di tengah rongga baga. Adapun caranya, sang wanita ditidurkan. Sembari duduk kedua kaki diluruskan dan ditekuk lututnya, lalu dibuka sedikit. Sementara, laki-laki duduk bersimpuh (tahiyat awal) kedua lututnya maju, dan dibuka ke kanan dan ke kiri. Perutnya agak ditahan (tegak), lalu sang panta purusa dimasukan ke dalam baga wanita, dengan perlahan, jangan terlalu cepat seperti dijelaskan di atas.”

Gaya lenggah timpuh atau duduk bersimpuh. (Sumber: Kitab Susila Sanggama, Ilustrator: Ega Fansuri)

Gaya sex demikian disarankan untuk wanita beraut wajah dlongeh atau ‘beraura baik hati’ dengan jenis kulit jene nemu giring/langsep, ‘langsat’.

#4 Gaya sex baita layar (kapal yang berlayar)

“…manawi dipunrabaseng kakung, panumbakipun wiwit saking ngandhap ingkang sisih těngěn, sarta sawarni baita layar, těgěsipun sada gumuling, lajěng lumampah maněngah anjog ing rukma baga, sarananing estri katilěmakěn, amung sukuning estri ingkang těngěn jěngkunipun kaaděgakěn, suku kiwa dipunjunjung sawatawis, lajěng kaselehakěn, sarta kědah mawi lemek kintěn-kintěn sekawan nyantun kandělipun, sinjang ingkang ragi ěmpuk, manawi sampun, sang panta purusa lajěng kalěbětakěn, panumbakipun ingkang ragi jilampar, sarta ingkang alon-alon rumiyin, sampun ngantos kěrěp-kěrěp, manawi toya kadi yiyiting mina sampun kumocor, ing ngriku kenging kasěngkakakěn sawatawis…” (Teks SS hal.9. Bab IV) 

Terjemahan:

“…saat hendak bersenggama, seorang pria melakukan penetrasi mulai dari bawah sisi kanan, gerakannya bak perahu yang sedang berlayar, seperti daun kelapa yang melambai. Kemudian gerakannya ke tengah hingga ke rukma baga dengan sang wanita yang dibaringkan. Lutut kaki kanan sang wanita diluruskan ke atas, serta kaki kirinya diangkat sebentar, lalu diletakkan. Selain itu dibutuhkan alas kira-kira empat kain tebalnya, dengan kain jarit yang cukup empuk. Apabila sudah, panta purusa kemudian dimasukkan. Gerakan penetrasi dilakukan dengan agak berbaring, serta dilakukan secara perlahan terlebih dahulu, jangan terlalu cepat. Jika air seperti lendir ikan sudah mengucur, dari situ diperkenankan untuk lebih dipercepat…”

Gaya sex baita layar atau kapal yang sedang berlayar. (Sumber: Kitab Susila Sanggama, Ilustrator: Ega Fansuri)

Gaya sex demikian disarankan untuk wanita beraut wajah manis ‘beraura bersahabat’ dengan jenis kulit jene nemu giring/langsep, ‘langsat’.

Baca halaman selanjutnya: Gaya sex dalam balutan budaya, demi keturunan yang lebih murni.

#5 Gaya sex ala sada ngiris (seperti memotong dengan lidi)

“…manawi dipunrabaseng kakung panumbakipun saking sangandhaping pasunatan (indrěng) sarwi tiyang estri wau katilěmakěn, sukunipun kalih pisan katumpangakěn pupuning kakung sami nganan-ngering, lajěng panumbakipun kadya sada ngiris, sampun kasěsa ingkang alon-alon, manawi sang panta purusa sampun campuh wontěn salěběting wicara sarta sampun karoban toya ingkang kadi yiyit mina, lah ing ngriku sawěg kenging kalajěngaken pamulasaranipun.” (Teks SS hal.9. Bab V) 

Terjemahan

“…apabila hendak bersenggama, penetrasi yang dilakukan pria dimulai dari bawah kelentit dengan sang wanita yang dibaringkan. Kedua kakinya ditumpangkan di paha laki-laki masing-masing di kanan dan di kiri. Kemudian penetrasi yang dilakukan seperti memotong dengan lidi. Jangan terburu-buru, lakukan dengan perlahan. Jika panta purusa sudah masuk di dalam lubang, serta sudah terbasahi air yang seperti lendir ikan, barulah ketika itu diperkenankan dilanjutkan kegiatannya…”

Gaya sex ala sada ngiris atau seperti memotong dengan lidi. (Sumber: Kitab Susila Sanggama, Ilustrator: Ega Fansuri)

Gaya sex demikian disarankan untuk wanita beraut wajah sumeh atau ‘beraura sabar’ dengan jenis kulit ambambang awak, ‘cokelat tembaga’.

#6 Gaya bremara ngisap sari (lebah mengisap bunga)

“…manawi dipunrabaseng kakung panumbakipun wiwit sangandhaping pasunatan ragi ngiwa, sawarni brěmara angisěp sari, pun estrikatilěmakěn ragi gumuling, sarta kaaděgakěn sukunipun ingkang kiwa, manawi sampun lajěng kalajěngakěn panumbakipun, yen sang panta purusa sampun campuh wontěn salěběting kudhup , saha sampun kabantu wědaling toya kadi yiyit mina, ing ngriku lajěng kenging kalajěngaken panumbakipun, namung, sampun ngantos kasěsa, kědah sareh mbotěn kenging kěrěp-kěrěp…” (Teks SS hal.10. Bab VI)

Terjemahan

“….apabila bersenggama, gerakan penetrasi laki-laki dimulai dari bawah kelentit sedikit ke kiri, layaknya lebah menghisap sari. Sang wanita dibaringkan agak miring, serta diangkat kaki kirinya. Apabila sudah, kemudian dilanjutkan gerakan penetrasinya. Jika panta purusa telah berada di dalam kundhup, juga sudah membantu keluarnya air seperti lendir ikan, dari situ kemudian diperkenankan dilanjutkan penetrasi. Tetapi, jangan sampai terburu-buru, harus sabar dan tidak boleh terlalu cepat…”

Gaya bremara ngisap sari atau seperti lebah mengisap bunga. (Sumber: Kitab Susila Sanggama, Ilustrator: Ega Fansuri)

Gaya sex demikian disarankan untuk wanita beraut wajah andemenakake atau ‘beraura menyenangkan’ dengan jenis kulit ambambang awak, ‘cokelat tembaga’.

#7 Gaya ngisik lengen (menyeka lengan)

“…manawi dipunrabaseng kakung panumbakipun wiwit saking sangandhaping pasunatan, sarana pun estri kalěnggahakěn sarupi dipungěcěl, namung ajěngajěngan, lajěng katilěmakěn saha kaaděgakěn sukunipun kalih pisan pisan, sami katumpangakěn pupuning kakung kalih pisan ragi mepet, panumbakipun kadi dene tiyang ngisik těngěn, supados mědal manahipun estri trěsna, sarta lampahing sang panta purusa ing salěběting (labia manorra) kadi dene tiyang lumampah sapinggiring jurang, ingkang alon-alon , sampun ngantos kasěsa, manawi sampun campuh kabantu-(hlm.11)-toya yiyit mina, lah, ing ngriku kenging kasěrangakěn, lampahipun, sarana angrangu santěring napas, manawi sampun bantěr mědal ing grana ingkang sasisih, lajěng kenging kawědalakěn satma manimaya, kaangkah sasarěngan lan toyaningn estri.” (Teks SS hal. 10-11. Bab. VII)

Terjemahan:

“…apabila bersenggama penetrasi laki-laki dimulai dari bawah kelentit, dengan cara sang wanita didudukkan seperti akan dipijat tetapi berhadapan, lalu dibaringkan dan diangkat kedua kakinya. Kedua kakinya ditumpangkan di kedua paha laki-laki, sedikit berdekatan. Penetrasi seperti halnya orang menyeka lengan, supaya timbul rasa cinta dari wanita. Serta, gerakan panta purusa di dalam labia manorrai seperti halnya orang berjalan di tepi jurang. Lakukan dengan perlahan-lahan, jangan sampai terburu-buru. Jika sudah masuk dibantu dengan air seperti lendir ikan, dari situlah diperkenankan untuk dipercepat gerakannya, dengan cara memperhatikan tarikan nafas. Jika sudah cepat terhembus keluar satu hembusan dari hidung, setelah itu diperkenankan untuk dikeluarkan satma manimaya, dikeluarkan bersama-sama dengan cairan wanita.”

Gaya bercinta ngisik lengen atau menyeka lengan. (Sumber: Kitab Susila Sanggama, Ilustrator: Ega Fansuri)

Gaya sex ini disarankan untuk wanita beraut wajah merak hati atau ‘beraura menarik’ dengan jenis kulit brokoh, abrit ragi nyenggaringan, ‘cokelat kemerahan’.

#8 Gaya sex angambung lisah wangi (menghirup minyak wangi)

…manawi dipunrabaseng kakung, panumbakipun wiwit sanginggiling pasunatan, (indrěng) sarupi angambung lisah wangi, kadumukakěn rumiyin, supados mědal manahipun, estri gadhah grěgět, sarta estri kalěnggahakěn, kados ingkang kapratelakakěn ing bab kaping [VI] ing nginggil wau, manawi sampun kabantu toya kadi yiyit mina, estri lajěng katilěmakěn, manawi sang panta purusa sampun wontěn salěběting kudhup [Viompen] , sarta sampun rukět campuhipun, lah ing ngriku lajěng kenging kalajěngakěn, lampahipun ngantos sarampungipun.” (Teks SS hal.11. Bab VIII)

Terjemahan:

“…jika bersenggama, gerakan penetrasi laki-laki dimulai dari atas kelentit (indrěng), seperti mencium minyak wangi. Disentuh terlebih dahulu, supaya nyaman hatinya. Supaya wanita bergairah. Kemudian, wanita didudukkan, seperti yang diterangkan pada bab ke-6 di atas tadi. Ketika sudah terlumasi air seperti lendir ikan, wanita dibaringkan. Apabila panta purusa sudah berada dalam kudhup, serta sudah berangkulan, di situlah kemudian diperkenankan untuk diteruskan gerakannya sampai selesai.”

Gaya sex angambung lisah wangi atau seperti sedang menghirup minyak wangi. (Sumber: Kitab Susila Sanggama, Ilustrator: Ega Fansuri)

Gaya sex ini disarankan untuk wanita beraut wajah jatmika atau ‘beraura lemah lembut’ dengan jenis kulit brokoh, abrit ragi nyenggaringan, ‘cokelat’.

Pemanasan sebelum menerapkan gaya sex Susila Sanggama

Sebelum mempraktikkan gaya-gaya di atas, serat Susila Sanggama juga mengajarkan proses “pemanasan” sebelum bersenggama. Berikut terjemahan dari bagian foreplay:

Ketika akan bercinta, pria harus duduk dahulu di depan wanitanya. Duduknya bertimpuh, serupa duduknya orang beribadah. Kemudian, membaca tahiyat awal. Sang wanita, sesudah duduk berhadapan, lalu ditundukkan kepalanya. Dibelai, seperti hendak dipijat. Laki-laki kemudian agak menyisih duduknya. Serta, kemudian merangkul ujung iga kanan istrinya. Merangkul bagian tengah tubuh istri. Tangan kiri memegang lutut istri, lalu dibuka sekaligus.

Kepala istri kemudian dihadapkan ke atas dengan perlahan, lalu dibaringkan badannya dan kepalanya diletakkan dengan perlahan. Setelah itu, posisi duduk pria sedikit maju, dengan tetap duduk bertimpuh, lalu ujung lutut diajukan kedua-duanya di antara kedua paha wanita. Dengan demikian, kedua paha tungkai wanita tersebut seperti menjepit kedua paha laki-laki yang menekuk terhimpun tadi. 

Kemudian, paha kiri wanita diluruskan dengan ditumpangkan di paha kanan laki-laki. Sebaliknya, lutut kiri wanita dinaikkan sejenak, lalu membaca bismilah sampai selesai. Lebih baik lagi membaca Ayat Kursi sampai selesai. Sesudah membaca, kemudian panta purusa dimasukkan dengan perlahan. Ketika panta purusa kira-kira sudah masuk separuh di dalam bibir kecil (kleine schaamlippen), lalu dilakukanlah sanggama dengan bergairah menggunakan sikap atau kebiasaan yang sering dipergunakan. 

Tentunya, terlihat gelagat dari wanita. Tingkah lakunya yang penuh nafsu menunjukkan kelegaan dan senang hati, ditandai ketika bulu kuduk di seluruh badan berdiri.

Dipahami sebagai tuntunan

Gaya sex dalam serat Susila Sanggama ini sekali lagi harus dibaca dan dipahami sebagai tuntunan dalam ritual perkawinan tradisional Jawa. Dengan memahami tata krama bercinta ini, diharapkan hasil percintaan kedua mempelai bisa menjadi benih yang murni.

Bagian awal serat juga menuturkan bahwa persenggamaan ini harus diniatkan dalam batin seperti ibadah. Harus dengan hati yang jernih. Jangan sampai tercampur dengan keinginan lainnya. Serta, harus melenyapkan kebingungan, rasa jijik, canggung, dan lain-lain. 

Sekiranya, sebelum tidur, jangan sampai 2 kali melakukan. Apalagi, jika memungkinkan, hendaknya melakukan hubungan di dalam rumah. Dalam 8 hari paling sering 2 kali, agar dapat mengendalikan nafsu. Jangan sampai terlalu sering.

Tim Peneliti JAWACANA:

Pimpinan: Paksi Raras Alit

Filolog Utama: Eka Pradipta

Peneliti: Enjang Wening, Krisna Arimurti

Tim penulis: Rafael Raga, Sukma Putri

Tim Mojok:

Ilustrator: Ega Fansuri

Editor: Yamadipati Seno

BACA JUGA Waktu yang Ideal untuk Bercinta ala Jawa Menurut Serat Susila Sanggama yang “Lebih Vulgar” dari Kamasutra dan analisis menarik lainnya di rubrik ESAI.

Exit mobile version