Dua ribu dua puluh satu dipandang sebagai percepatan revolusi industri 4.0, di mana dunia digital mulai menyatu dengan kehidupan nyata. Setiap mata makin terbuka terhadap informasi dan pengetahuan. Mungkin hanya butuh beberapa dekade, lenyap sudah batasan antara dunia maya dan nyata. Sedangkan di sebuah sudut bumi, di tengah keistimewaan dan keindahan, ada masyarakat yang masih terjebak mitos kualat dan ramalan ratusan tahun silam.
Yep, yang saya maksud adalah tanah tumpah darah saya Yogyakarta. Di tengah balapan menuju era digital, masih ada saja masyarakat yang terjebak perkara mistisisme. Bahkan tidak hanya perkara tingkah laku dan sopan santun, tapi juga perkara ruang hidup dan hak asasi.
Saya teringat saat bandara YIA mulai digarap, santer diwartakan bahwa munculnya bandara di Temon, Gunungkidul, sudah diramalkan jauh-jauh hari. Katanya, sudah diramalkan bahwa di atas langit Temon akan ada manusia berterbangan sambil berjualan cincau. Dari ramalan itu diasumsikan bahwa kelak di langit Temon akan penuh pesawat yang membawa rezeki.
Perkara jalan tol juga sama saja. Meskipun kelak menggeser beberapa situs peninggalan Kraton Jogja, tapi kehadirannya dibilang sudah diramalkan. Bahkan ini mencatut nama Jayabaya yang entah benar atau tidak membuat ramalan. Intinya, jalan tol adalah jawaban dari ramalan pulau Jawa yang terbagi-bagi.
Kedua contoh di atas memang dalam skala besar. Toh, geger gedhennya juga besar dan riuh. Tapi dalam skala kecil, urusan mitos-mitos yang cenderung manipulatif juga terus berkembang. Bahkan perkara UMR saja, balutan mitos ini tetap kuat terasa.
Saya pernah berdiskusi waktu ban motor saya pecah. Di tempat tambal ban, sedang banyak bapak-bapak bercengkrama. Satu momen, mereka membahas tentang ekonomi yang carut marut karena pandemi. Sebagai naracela, tentu saya langsung melempar bola api yang menyindir pemprov dan Kraton Jogja. Mau tahu salah satu jawaban mereka?
“Kalau nggak ada Sultan, mungkin kita sudah hancur lebur, Mas. Buktinya kemarin Merapi meletus dan gempa Jogja kita masih selamat. Kalau daerah lain yang kena, pasti hancur, Mas,” ujar salah seorang Bapak.
Ketika saya menyinggung UMR, lagi-lagi saya dicerca. “Wong hidup masih bisa makan kok, Mas. Warga Jogja itu enak, sudah diayomi leluhur lewat kraton. Daerah lain nggak ada, Mas.”
Di lain waktu, saya pernah uring-uringan terhadap sikap arogan seseorang di kedai kopi. Ketika saya menyuarakan ini ke salah satu barista kawan saya, jawabannya memang ra mashok. “Hus, dia orang yang punya klenik. Biarkan saja.”
Lha nggatheli. Kok bisa-bisanya logika di atas muncul. Tapi akhirnya saya maklum, mistisisme masih kuat di Jogja. Mungkin memang jadi bagian dari kearifan dan keistimewaan. Tapi tetap saja bikin saya garuk-garuk jidat. Apalagi sebagai warga asli dari leluhur-leluhur saya, hati ini malu dan jatuh iba.
Masalahnya adalah: mistisisme ini mereduksi aspirasi. Tidak usah bicara pengin jadi Gubernur, urusan hak hidup saja dibenturkan dengan mistisisme. Berani kritik saja sudah diancam kualat. Hidup susah masih dibilang kurang bersyukur. Bahkan ketika konflik agraria membara, keluar isu-isu ramalan.
Suksesi kasultanan saja penuh mistisisme ini. Sudah terlihat sejak lahirnya Sabdaraja dan Sabdatama. Semua argumen Ngarso Dalem dibalut dengan “titah dari leluhur”. Ini seperti bumper yang siap menabrak suara kontra. Berani lawan Sabdaraja, berarti melawan leluhur dan segenap kesaktiannya. Akhirnya suksesi yang lebih parah dari Kraton Solo ini hanya berhenti menjadi bisikan kritis penuh ketakutan.
Dari sini sudah jelas terlihat bahwa mistisisme tidak lagi menjadi kearifan. Namun, ia disalah gunakan sebagai kendali sosial masyarakat. Mungkin memang inilah fungsi mistisisme, membenturkan aspirasi dengan sesuatu yang nir logika dan embuh dari mana.
Jebakan ini menjadi alasan utama kenapa warga Jogja dikenal narimo ing pandum. Semangat ini tidak lahir dari ketulusan, tapi dari segala teror dan manipulasi mistisisme. Pada akhirnya, kualat dan saru menjadi pembungkam mulut yang lapar dan tersingkir.
Mistisisme yang dipelihara dari mulut ke mulut membuat warga Jogja makin teralienisasi. Ketika ada yang berani mempertanyakan kebijakan pekok dan mistisisme ini, akan banyak suara menyebalkan yang sering bernada mengusir. Padahal, yang bertanya tadi orang asli Jogja.
Merasa eksklusif dengan mistisisme membuat kendali sosial warga Jogja mudah dilakukan. Kalau perkara hukum dan norma sudah mental, dilawan saja dengan mitos kualat tanah Jawa.
Jadi kalau bertanya kenapa warga Jogja terlihat adem ayem, ya salah satunya karena teror mistis yang tak nyata ini. Kenapa narimo ing pandum? Ya karena masih percaya kualat dan mitos-mitos ra mashok lainnya.