Persis pada 01 November 2022 lalu, Terminal Mojok menayangkan artikel dari Dessy Liestiyani yang berjudul Bisakah Kita Menikmati Musik Tanpa Peduli Pilihan Politik sang Musisi?. Dari artikel itu, penulis mencoba untuk membuka mindset kita semua sebagai penikmat musik supaya tidak terlalu mempermasalahkan ideologi politik dari sang musisi. Daripada sibuk mengulik afiliasi politiknya lebih baik mengulik ragam karyanya, kata Mbak Dessy. Dia juga memberikan dua contoh musisi itu yakni Iwan Fals dan Slank.
Melihat hal itu rasa-rasanya saya atau bisa dibilang kebanyakan dari kita memang masih belum bisa menerima kalo musisi-musisi itu condong ke politik tertentu. Apalagi memihak secara kentara. Jadi mohon maaf Mbak Dessy, agak usah untuk melakukan hal itu. Kenapa? Ya karena musisi-musisi yang Mbak Dessy sebutkan itu awalnya paling vokal untuk mengkritik pemerintah.
Kalo untuk Iwan Fals, terus terang saya masih kekurangan data apakah beliau condong ke politik tertentu. Tapi kalo Slank? Siapa sih yang ngak tahu kalo band kawakan asal Jakarta ini sudah jadi “band istana”. Sampai-sampai pada 2021 lalu, Abdi Negara Nurdin (gitaris Slank) diangkat sebagai komisaris Telkom. Cuma main gitar, lho, eh tahu-tahu komisaris, canda Kang Abdi.
Padahal band yang terbentuk pada 1983 silam ini kan dulunya paling vokal untuk mengkritik pemerintah sebelum rezim Jokowi. Lagu-lagunya pun waktu dulu bisa dibilang meledak-ledak, seperti lagu “Siapa yang Salah”, “Seperti Para Koruptor”, “Gosip Jalanan”, dan masih banyak lagi.
Lalu apakah Slank pernah gahar lagi semenjak condong ke rezim Jokowi? Saya kita tidak. Bahkan dulunya yang aktif mengkritik pemerintah, eh tahu-tahunya 2014 dan 2019 ikut meramaikan kampanye Jokowi. Konyol! Seharusnya lagu “Seperti Para Koruptor” itu cocok banget dinyanyikan di depan kader-kader PDIP karena…. ya tahu sendirilah partai apa yang kadernya banyak ditangkap KPK.
Oh ya, saya jadi inget juga soal KPK ini. Dulunya itu Slank paling kritis kalo ada apa-apa sama KPK. Sehingga bermunculan konser-konser dari Slank untuk menunjukan kepeduliannya kepada KPK. Tapi kalo sekarang? Jangankan sekarang, lha wong pas tajuk #ReformasiDikorupsi bergema di mana-mana saja mereka menghilang bagai ditelan bumi. Sampai banyak cuitan dari netizen yang kesal dengan Slank karena tidak segahar dulu.
“Kan lebih baik mengulik karyanya daripada sibuk mempertentangkan afiliasi politiknya.” Iya, saya tahu Mbak Dessy. Tapi hal itu saya pikir hanya berlaku buat musisi-musisi yang memang tidak pernah mengkritik pemerintah secara terang-terangan. Bukan band kayak Slank yang sudah jadi band istana yang membuat publik kesal. Sebab, bisa dibilang, nama mereka bisa besar karena publik suka dengan lagu-lagu kritikannya. Mungkin banyak juga diantara Slankers yang awalnya tahu atau suka Slank bukan dari lagu “Terlalu Manis”, tapi dari lagu “Gosip Jalanan” dan lagu kritik lainnya.
Lalu apakah saya benci Slank? Tentu tidak. Hanya aneh saja mendengarkan lagu-lagu Slank yang bernuasa kritik sementara band itu sudah tunduk pada rezim! Intinya saya dan mungkin sebagian besar publik sudah kehilangan kepercayaan kepada Slank. Dan bukankan kepercayaan yang telah dihancurkan itu akan selalu teringat? Bahkan saya pernah menemukan komentar satire dari Netizen yang menuliskan, “Lebih kangen Slank pasa masih zaman narkoba-narkobaan.”
Nah intinya, saya masih mengamini bahwa antara karya dengan musisi adalah satu paket. Tidak bisa dipisahkan. Jadi kalo musisinya bermasalahan, akan ada banyak orang yang tidak suka dengan lagu-lagunya. Contoh lain selain Slank ada Pamungkas. Di mana sebagian besar di antara kita mungkin jadi enek ketika mendengarkan lagu-lagunya karena dia pernah melakukan aksi “gesek-gesek” yang membuat publik kesal. Iya atau iya?
Jadi, agak nggak pas juga kita diminta memisahkan kreator dari karyanya. Ya sederhana saja: karya itu ya representasi dari diri mereka.
Penulis: Khoirul Atfifudin
Editor: Rizky Prasetya
BACA JUGA Kenapa Slank Dipaksa untuk Mengkritik Jokowi?