Bulan Ramadan selalu menjadi momen yang tepat bagi seluruh kaum muslimin untuk memupuk kembali kesadaran beragama mereka yang bisa jadi terabaikan sebelum-sebelumnya. Baik mulai dari memperbanyak ibadah maupun kembali memperdalam pemahaman mereka terhadap agamanya sendiri. Tak heran jika di bulan ini, segala hal tentang khazanah Islam menjadi topik yang banyak dibincangkan di media. Salah satunya adalah potongan video azan Ari Lesmana di acara Vincent Desta. Potongan video tersebut menjadikan nama “Ari Lesmana” menjadi trending di Twitter.
Sumpah merinding bgt, yang jadi muadzin nya ari lesmana. Keren. Rispek juga buat @vindestwitt yg udh ngadain acara sahur nih yee & bukber nih yee. Mantappp pic.twitter.com/Yu3TF2dtwH
— Firlana Diar (@firlana_diar) April 2, 2022
Seperti biasa, komentar netizen menjadi hiburan tersendiri yang tak boleh dilewatkan. Video azan itu menuai banyak pujian. Namun, beberapa memberikan pandangan lain. Di antaranya, ada yang menghubungkan dengan aturan Kemenag tentang volume toa masjid, hingga salah seorang umat kristiani yang mengaku ikut merinding mendengarkan.
Akan tetapi, komentar paling menarik adalah yang mengatakan: azan versi indie. Komentar itu pun membuat saya jadi penasaran. Apa iya? Mas Ari Lesmana telah membuat irama baru lantunan azan?
Setelah mendengarkan langsung, menurut saya, Ari Lesmana memang layak mendapat pujian dari netizen. Selain mengumandangkan azan dengan merdu, pria kelahiran Pekanbaru itu juga memiliki makhrijul huruf yang terdengar baik. Hal ini cukup mengejutkan. Ini mengingat dia adalah vokalis Fourtwnty, band beraliran indie yang biasa tampil dengan tubuh bertato serta memakai anting. Sosoknya memang terkesan jauh dari gambaran muazin. Namun, ia mengingatkan kita dengan sosok Cuping Topan atau Imam Gimbal dengan suara merdunya saat melantunkan ayat Al-Quran.
Lantas, saya pun mencoba untuk memahami, apa sebenarnya irama yang digunakan Ari Lesmana dalam video azan tersebut?
Sebagaimana beberapa lagu atau irama yang biasa didengar dalam murotal ayat suci Al-Quran, dalam melantunkan azan juga terdapat beberapa irama atau langgam. Adapun nama-nama irama azan di antaranya, irama azan bayati, shoba, hijaz, rost, nahawand, shika, dan jiharka. Selain itu, juga dikenal irama Syekh Misyari Rasyid serta azan subuh Makkah dan Madinah.
Setelah menonton video azan Ari Lesmana berulangkali dan membandingkannya dengan ke-7 irama dasar di atas. Menurut saya, irama yang digunakan Mas Ari Lesmana lebih dekat dengan irama azan jiharka yang divariasikan dengan irama rost. Tentu saja dengan beberapa unsur nada baru yang mungkin dipengaruhi oleh aliran musik indie yang biasa ia mainkan. Jika tak yakin, kamu bisa membandingkan dengan mendengarkan sendiri di YouTube.
Sejujurnya, saat mendengar tarikan pertama irama mas Ari, saya teringat dengan salah satu muazin masjid andalan di kampung halaman. Irama azan ini sebenarnya cukup populer bagi kita orang Indonesia. Bagi kamu kelahiran 90-an, irama azan rost dan jiharka adalah irama yang biasa kamu dengar pada azan Indosiar yang tayang sekitar era 98 sampai 2000-an.
Dalam implementasinya, mencampur antara irama yang satu dan irama lain saat azan adalah hal yang biasa terjadi. Entah karena memang ingin memberi variasi atau bisa jadi karena kurang memahami macam irama dalam melantunkan azan.
Ari Lesmana membuktikan bahwa praktisnya, bagi masyarakat awam, tak penting irama apa yang dipakai. Asalkan ia terdengar merdu, itu sudah cukup. Begitu juga dengan apa pun latar belakang orang yang melantunkan azan, asalkan terdengar merdu semua akan bisa menerima. Toh, substansinya adalah menyeru orang melaksanakan salat tepat waktu, kan?
Penulis: Muhammad Dzal Anshar
Editor: Audian Laili
BACA JUGA Membela Zaskia Adya Mecca yang Mengeluhkan Toa Masjid yang Berisik