Sebagai seorang sinefil dan moviegoer sejati, saya tidak boleh pilih-pilih film. Demi mendalami peran tersebut, saya siap menyisihkan waktu, merelakan uang, dan mencurahkan pikiran untuk mengkonsumsi segala jenis genre sebanyak-banyaknya meskipun kadang harus bergelut dengan diri sendiri karena tak jarang berseberangan dengan idealisme dan selera. Salah satu film yang berseberangan dengan idealisme dan selera namun akhirnya tetap saya tonton, salah satunya adalah KKN di Desa Penari: Luwih Dowo Luwih Medeni.
Sejak MD Picture memutuskan untuk membuat versi film dari utas—dengan judul yang sama—yang sempat viral beberapa tahun lalu itu, saya memang tidak menaruh ekspektasi yang terlalu tinggi. Bukan tanpa alasan, saya merasa sudah sering dikecewakan dengan film-film bergenre horor keluaran rumah produksi tersebut sebelum-sebelumnya. Meskipun saya masih bisa menikmati genre drama produksi MD Picture yang memiliki nama besar seperti Ayat-Ayat Cinta dan Habibie & Ainun, namun soal urusan horor, menurut saya MD Picture harus lebih berusaha dan melakukan improvisasi. Satu-satunya hal terniat dan patut diapresiasi dalam setiap film horor keluaran MD Picture adalah strategi marketing dan momentumnya, setidaknya begitulah yang saya lihat.
Kepandaian tim marketing MD Picture dalam membuat gimmick dan menentukan momentum yang pas saat merilis filmnya, membuat beberapa film horornya berhasil menjajaki list deretan film horror terlaris di Indonesia, salah satunya film KKN di Desa Penari. Bahkan awal Januari lalu, MD Picture secara resmi mendeklarasikan pencapaian 10 juta penonton dari akumulasi perolehan penonton dari dua film KKN di Desa Penari versi cut dan uncut tersebut.
Jujur, saya tidak menonton versi awal KKN di Desa Penari, sehingga saya tidak bisa membandingkan secara objektif dengan versi uncutnya. Tapi saya cukup banyak membaca dan menonton review terkait versi film pertamanya itu, dan kalau bisa saya simpulkan banyak yang mengeluh dan mengatakan kecewa terhadap film KKN versi awal tersebut. Hal itu juga yang membuat saya dengan bulat enggan untuk menontonnya meskipun dalam waktu singkat film versi pertamanya mampu menarik jutaan penonton.
Idealisme saya patah ketika film tersebut dinyatakan sebagai film terlaris sepanjang masa dan kemudian-MD Picture-lagi-lagi berhasil memanfaatkan momentum-dengan meliris versi extend/uncut nya dengan embel-embel “luwih dowo-luwih medeni” itu. Untuk membuktikan bahwa saya tidak niat-niat sekali untuk menonton film ini, saya menontonnya tepat di hari terakhir penayangan film tersebut di kota saya. Jadi saya tidak punya pilihan, now or never.
Secara garis besar ada dua hal yang membuat film versi kedua ini berbeda, yang pertama penambahan waktu 40 menit lebih panjang dari film pertama dan yang kedua ada cuplikan film lanjutan dari universe KKN di Desa Penari bertajuk “Sewu Dino” atau dalam Bahasa Indonesia berarti seribu hari, yang lagi-lagi itu adalah bagian dari strategi marketing MD Picture dalam mempromosikan film lanjutannya tersebut. Dengan iming-iming dua hal tersebut MD Picture mampu menggenapkan jumlah penonton film KKN di Desa Penari menjadi 10 juta, bahkan lebih.
Bagi saya strategi itu cukup efektif menggaet penonton anyaran seperti saya yang penasaran belum sempat menonton film versi pertamanya. Dengan durasi total film selama 2 jam 50 menit ditambah iklan 15 menit itu, saya mencoba untuk bertahan, menyerapi adegan demi adegan dan mulai mengerti kenapa banyak orang yang menyatakan kekecewaannya terhadap film ini. Jahitan cerita yang sangat kasar, lompat ke sana kemari secara tidak beraturan, dan terkesan hanya mengikuti utas aslinya tanpa berusaha untuk berinovasi menjadikan skenarionya layak tonton sangat terlihat di film ini. Adegan jumpscare yang jor-joran sejak awal hingga akhir film-yang sama sekali tidak menakutkan-mengingatkan saya pada film-film horor kelas B namun dengan versi lebih bermodal.
Tidak ada chemistry yang terjalin antar para karakter utamanya yang terdiri dari Nur, Widya, Ayu dan Bima membuat film ini terkesan kaku, membosankan dan sulit untuk dinikmati. Kehadiran karakter Wahyu, diperankan oleh Fajar Nugra, yang kerap melontarkan celetukan spontan yang menggelitik dan partner sohibnya, Anton, yang selalu siap merespons akan celetukan tersebut membuat film ini agak sedikit cair. Tetap saja hadirnya duo Wahyu-Anton tidak cukup untuk menyelamatkan keseluruhan film.
Dari curhatan saya di atas, bisa terlihat kenapa saya mempertanyakan film KKN di Desa Penari menjadi film terlaris sepanjang masa di Indonesia. Padahal, sebelumnya kita sudah punya beberapa film bergenre horror yang jauh lebih layak menyandang gelar tersebut seperti Pengabdi Setan besutan Joko Anwar yang menjadi breakthrough genre horor di Indonesia atau Ratu Ilmu Hitam yang bisa tampil lebih seru dan berani arahan sutradara Kimo Stamboel.
Sebagai catatan, saya tidak mempermasalahkan soal marketing dari sebuah rumah produksi untuk film yang dirilisnya. Karena saya paham sejatinya film itu bukan hanya sekedar tontonan atau produk budaya semata, film juga adalah produk jualan, barang dagang yang punya target market. Selayaknya barang dagang pemilik modal pasti ingin produknya laku dan laris di pasaran.
Namun sebagai target pasar dan konsumen, saya merasa akan lebih baik jika kualitas dari produk yang dijual sejalan dengan marketing yang digembor-gemborkan tersebut. Karena menurut saya, ada satu hal penting yang bisa menjadi jaminan dan menentukan kelanggengan hubungan antara penjual dan pembeli, yaitu rasa percaya.
Penulis: Savira Alvionita
Editor: Rizky Prasetya
BACA JUGA Detail Kecil tentang KKN yang Luput dalam Film KKN di Desa Penari