Ini Loh Faedahnya Lampu Merah Berdurasi Lama

Salah satu cobaan pengemudi ialah bagaimana ia  dapat mengontrol emosi saat beberapa jalan mempunyai lampu merah dengan durasi yang cukup lama.

Artikel

Soffya Ranti

Beberapa cobaan di jalanan sebagai pengendara tentu saya kira belum ada habisnya. Mulai dari cobaan paling lama yang pernah ada yaitu cobaan emak-emak dengan mengemudi sepeda motor sakarepe dhewe sen kanan belok kiri sampai cobaan hewan yang tiba-tiba nyelonong nyebrang. Kita jauh si dia nggak nyebrang kita udah dekat, eh dia malah buru-buru nyebrang. Yah ini berlaku nggak hanya ayam juga yang biasanya kek gini, kucing pun demikian. Khususnya pasukan kocheng oren.

Salah satu cobaan pengemudi ialah bagaimana ia  dapat mengontrol emosi saat beberapa jalan mempunyai lampu merah dengan durasi yang cukup lama. Saya sendiri pun benar-benar kadang sebal terlebih lagi jalanan yang kurang penghijauan terik matahari menyengat dan bikin macet sampai hampir sekilo. Nah loh sudah deh muntapnya minta ampun.

Bahkan sebagai pengemudi motor yang hampir tiap hari berada di jalanan saya sudah cukup hafal dengan durasi-durasi berhenti di jalanan tertentu hingga rasa sebal berganti kebal. Yah, begitulah setelah mulai terbiasa, kini saya amati walaupun lampu merah yang cukup lama membuat sebal tapi sebetulnya terdapat hikmah dan faedahnya lo.

Pertama, melatih kesabaran kita dan lebih baik mengatur waktu

Saat pertama kali saya tau lampu merah di beberapa titik jalanan mempunyai durasi yang cukup panjang, saya sebalnya minta ampun. Dan karena saya selalu mepet jika berangkat kuliah otomatis waktu datang pun jadi tak tepat waktu alias molor sedikit. Saya langsung semata-mata menyalahkan lampu merah yang kebacut lamanya itu.

Tetapi, setelah kini mulai tahu beberapa titik terlama lampu merah pun sekarang menjadi terbiasa dan rasa sebal terganti kebal. Saya mulai membiasakan dan mencoba melihat dari sisi positif lain. Pertama, mengontrol emosi dan kesabaran saya yang apa-apa nggak sabaran ini. Kedua, mencoba mengatur waktu yang baik alias kalau berangkat jangan mepet-mepet lagi dan ujung-ujungnya ngebut. Terus dapat lampu merah lama. Lantas telat dan marah-marah sendiri. Nah kurang lebih kebiasaan buruk berangkat mepet pun berkurang.

Baca Juga:  Ngangsu Kawruh Pada Kucing dan Lampu Merah

Kedua, lampu merah yang lama menguntungkan buat kamu yang kekurangan jam tidur alias ngantuk di jalan

Nah dengan lampu lalu lintas yang punya durasi berhentinya lama ini bisa dimanfaatkan buat merem sejenak. Eh jangan sampai keenakan loh, pastikan juga dalam keadaan setengah sadar yah itung-itung meremin mata bentar lah. Kalau beneran nggak sadar ini nih yang bahaya, kamu bakal dimarahin pengemudi belakangmu karena ketiduran pas lampu merah.

Ketiga, ladang mengais rejeki bagi beberapa orang

Udah nggak asing lagi kita bertemu para pengais rejeki di beberapa titik lampu lalu lintas ini. Contoh saja para mereka yang mengandalkan nafkah dengan menjual koran dan beberapa pernak-pernik mobil atau mereka para musisi jalanan lengkap dengan grup dan alat musik khas tradisional. Apa hubungannya sama lampu merah lama? Yah jelas toh, ini sangat menguntungkan mereka lebih lama menawarkan dagangan mereka.

Mereka lebih tenang menawarkan tanpa buru-buru segera menyingkir karena kendaraan yang akan segera melaju. Walaupun oleh beberapa pengendara ingin segera melaju dan tak ingin berlama lama di panasan lampu merah yang lama.

Keempat, jadi wadah beramal

Kok bisa? Yah ini juga yang jadi salah satu faedahnya. Seringnya bertemu para mereka yang mengais rejeki di jalanan otomatis kamu sebagai pengendara pasti gak mungkin nggak ditawarin sama ibu-bapak-nenek-kakek bahkan anak-anak yang menawarkan dagangannya entah koran atau sekadar jasa membersihkan kaca mobil.

Buat kamu yang punya rejeki lebih yah boleh lah ya membeli beberapa dagangan mereka atau mengapresiasi para musisi jalanan yang menghiburmu dibalik teriknya matahari dan lamanya durasi lampu merah. itung itung membantu dan membagi rejeki sama mereka. Kan sambil menunggu lampu merah lama kita juga bisa bantu sama lain.

Baca Juga:  Asal Usul Fikih Lalu Lintas

Nah itu tadi beberapa hal-hal yang tak terduga dari faedahnya durasi lampu merah yang cukup lama. Secara nggak langsung ada beberapa aspek yang menurut saya memberikan hikmah-hikmah tertentu dibalik sebelnya nunggu durasi lampu merah yang lama. (*)

BACA JUGA Kumpulan Kisah UwU di Balik Aksi Mahasiswa di Jakarta atau tulisan Soffya Ranti lainnya.

Terminal Mojok merupakan platform User Generated Content (UGC) untuk mewadahi jamaah mojokiyah menulis tentang apa pun. Submit esaimu secara mandiri lewat cara ini ya.

---
629 kali dilihat

4

Komentar

Comments are closed.