Susahnya Jadi Mahasiswa Madura di Jogja Kena Stigma Buruk: Sudah Biasa Dianggap Arogan, Egois, dan Dicap Maling

Susahnya Jadi Mahasiswa Madura di Jogja Kena Stigma Buruk: Sudah Biasa Dianggap Arogan, Egois, dan Dicap Maling.MOJOK.CO

Ilustrasi Susahnya Jadi Mahasiswa Madura di Jogja Kena Stigma Buruk: Sudah Biasa Dianggap Arogan, Egois, dan Dicap Maling (Mojok.co/Ega Fansuri)

Miftahul Gani (21) sadar betul, sebagai perantau pasti ada stigma yang menempel pada dirinya terkait daerah asalnya. Namun, ia sama sekali tak menyangka, hanya karena ia berasal dari Madura, stigma tersebut bikin dirinya banyak mendapat olok-olok. Ironisnya lagi, teman-temannya merayakan olok-olok itu atas nama guyon.

Pada awal Januari 2024 lalu, saya berjumpa dengan mahasiswa salah satu PTN Jogja tersebut dalam sebuah forum diskusi. Dalam dialog yang intens, Gani menyampaikan uneg-unegnya soal diskriminasi yang ia alami selama kuliah di Jogja.

Terutama, diskriminasi itu terjadi hanya karena latar belakang etnisnya. Gani berasal dari Sumenep dan mengaku sebagai “Madura tulen”.

“Ada guyonan orang Madura suka nyolong besi. Kalau jualan suka licik [curang], jorok,” ujarnya kala itu dengan logat Madura yang amat kental.

Sayangnya, guyon itu tak sebatas bercandaan tongkrongan. Ia kerap mendapati olok-olok itu kerap dipakai dalam kehidupan sehari-sehari buat “mendeskreditkan” dirinya.

“Jadi, nih, semisal ada barang di sekretariat ilang, langsung pada nunjuk aku. Ya aku tahu pakai bercanda, tapi itu seolah-olah orang Madura selalu mencuri. Apalagi ngomongnya pakai logat Madura sambil tertawa-tawa,” ujarnya.

“Kalau ada rame-rame [bersitegang] dengan orang lain, aku selalu disuruh maju, katanya paling atos [paling kuat]. Kesannya orang Madura selalu suka gelut.”

Pernah sakit hati gara-gara dosen ngawur

Tak hanya teman yang “menyakitinya secara tidak sadar”, tapi dosennya bahkan juga pernah melakukannya. Gani ingat betul, dalam sebuah mata kuliah tentang konflik sosial, salah seorang kelompok di kelasnya membahas soal Konflik Sampit.

Awalnya diskusi berjalan seperti sedia kala. Mengasyikan, penuh dialektika. Sampai akhirnya, ada sebuah pembahasan yang menyebut aktor utama penyebab Konflik Sampit adalah orang-orang perantau Madura di Kalimantan.

“Aku paham betul, ada peran orang Madura di konflik tersebut. Orang Madura, beberapa oknum memang bersalah,” ujarnya. “Namun, sepanjang diskusi di kelas, seolah-olah kalau semua orang Madura sampai sekarang digambarkan seperti para pemicu konflik di Sampit. Itu gimana logikanya?,” kenangnya, kesal.

Apalagi dosen yang mengisi kelas tersebut berkali-kali menjadikannya sebagai “contoh” dari aktor dalam konflik tersebut. Memang, kesan yang dibawa oleh sang dosen punya intensi guyon. Namun, baginya tetap aja itu menyakitinya karena mempertebal stigma orang Madura yang gemar bikin masalah di perantauan.

“Kecewa banget sama itu dosen. Aku sampai pernah berkali-kali tidak ikut kelasnya karena sakit hati,” ujarnya. Namun, Gani menegaskan, hubungan mereka kembali membaik setelah sang dosen secara personal meminta maaf kepadanya.

Kok bisa, sih, orang Madura kena stigma buruk di perantauan?

Stigma negatif, sebenarnya juga menempel pada etnis-etnis lain saat mereka menjadi minoritas di suatu wilayah. Misalnya, kesan pelit bagi orang-orang Padang di Jawa, atau cap ndeso bagi perantau Jawa di Jakarta, hingga anggapan buruk bagi para mahasiswa Papua di Jogja.

Khusus orang Madura, kasusnya menjadi unik lantaran mereka memang terkenal sebagai “etnis perantau”. Sehingga, persebarannya pun ada di mana-mana, begitu juga dengan stigma negatifnya.

Soal asal-usul stigma negatif tersebut, Rektor IAIN Madura Saiful Hadi pernah mengulas dalam bukunya yang berjudul Dialektika Madura dalam Pusaran Stigma (2023). Menurutnya, stigma buruk Madura dapat dilacak melalui dua faktor.

Pertama adalah faktor historis. Jika dikaji lebih jauh, penggambaran watak keras orang Madura dapat terjahit melalui narasi-narasi sejarah.

“Seperti di antaranya peran orang-orang Madura dalam berbagai pemberontakan, seperti Pemberontakan Trunojoyo pada abad ke-17 dan awal abad ke-18 pada masa pemerintahan Hindia-Belanda dan Mataram,” jelas Saiful Hadi.

Cap keras, suka berontak, dan susah diatur itu pun bertahan berabad-abad setelahnya. Bahkan, ketika terjadi masalah yang melibatkan orang Madura, narasi sejarah itu tetap dibawa-bawa. Apalagi dengan adanya tradisi carok yang membuat stigma keras makin tebal.

Faktor kedua yang tak kalah penting, menurut Saiful Hadi, adalah budaya pop. Penggambaran orang Madura yang terbelakang, berlogat unik, keras, sering kali dimunculkan dalam film dan dinikmati masyarakat.

“[stigma buruk] itu pada akhirnya menyebabkan kecemburuan, diskriminasi, bahkan terjadi “pembulian”, dan pada gilirannya berkembang pada konflik diri secara individu, yang menyebabkan konflik kelompok etnis.”

Penulis: Ahmad Effendi

Editor: Muchamad Aly Reza

BACA JUGA Warung Madura di Jogja Adalah Penolong Musafir di Tengah Malam, Zalim Jika Dilarang Buka 24 Jam Demi “Menyelamatkan” Toko Ritel Modern

Ikuti artikel dan berita Mojok lainnya di Google News

Exit mobile version