5 Penyebab Tapak Suci Muhammadiyah Sukar Berkonflik di Jalan dan Meresahkan Layaknya Beberapa Perguruan Lain

tapak suci putera muhammadiyah.MOJOK.CO

Ilustrasi Tapak Suci (Mojok.co)

Tapak Suci Putera Muhammadiyah jadi salah satu perguruan pencak silat di Indonesia yang jauh dari konflik dan perseteruan. Ada beberapa rahasia yang membuat perguruan historis IPSI ini bisa jauh dari sifat arogan.

***

Tapak Suci secara resmi lahir pada 31 Juli 1963 di Kauman, Jogja. Pendirinya yakni Mohammad Barie Irsjad, Mohammad Rustam Djundab, Mohammad Djakfal Kusuma, H Djarnawi Hadikusuma, dan beberapa tokoh lainnya.

Aliran bela diri ini lantas memiliki nama resmi Tapak Suci Putera Muhammadiyah dan ketua umum pertamanya yakni Djarnawi Hadikusuma. Selepas itu, bela diri ini menjadi salah satu sarana yang turut membantu dakwah Islam Muhammadiyah.

Perguruan ini telah menjadi satu di antara sepuluh Perguruan Historis IPSI karena sejarahnya dalam perkembangan pencak silat di Indonesia. Tapak Suci memiliki motto “Dengan Iman dan Akhlak saya menjadi kuat, tanpa iman dan akhlak saya menjadi lemah”.

Mojok pernah berkunjung ke salah satu tempat latihan legendaris Tapak Suci di Bina Manggala Kauman Yogyakarta. Saat ini berfungsi menjadi tempat latihan para atlet pembinaan prestasi di bawah Pimpinan Daerah Tapak Suci Kota Yogyakarta.

Pada kunjungan kala itu, Mojok menemukan beberapa cerita yang membuat perguruan ini jauh dari ingar bingar konflik dan pertikaian. Bahkan, dianggap sebagai aliran pencak silat yang “sejuk”.

#1 Pencak silat yang sejuk, membuat orang tua dukung anaknya latihan

Saat itu, saya berbincang dengan Juwarti (53) yang sedang mengantar anak lelakinya yang berusia 16 tahun. Anaknya akan mengikuti sebuah kompetisi di kelas petarung sehingga ikut latihan intensif.

Awalnya Juwarti tak pernah menargetkan anaknya agar bisa berprestasi di dunia pencak silat. Baginya, mengikuti beladiri supaya anaknya bisa membentengi diri. Ia mengaku yakin dengan Tapak Suci lantaran aliran ini “sejuk”.

“Nuansa agamanya kuat. Di jiwa rasanya sejuk saja gitu. Walaupun beladiri tapi nggak jago-jagoan. Bukan untuk unjuk gigi,” ujarnya. Rekannya sontak tertawa sambil menunjuk gigi Warti yang sudah tanggal.

Menurut Warti, keikutsertaan anaknya di Tapak Suci membuatnya sedikit tenang. Anaknya bisa terhindar dari kenalakan pelajar yang marak di Jogja. Energi remajanya yang melimpah tersalurkan di gelangang.

“Ini walaupun beladiri saya justru tenang. Pelatih ikut mengawasi anak-anak jangan sampai ikut klitih opo geng-gengan. Banyak kan sekarang pelajar itu,” curhatnya.

#2 Proses panjang menjadi pendekar Tapak Suci, agar tidak cepat jumawa

Selain itu, pelatih Tapak Suci di sana, Bowo Saputro memaparkan bahwa Tapak Suci Putera Muhammadiyah memiliki tiga jenjang yakni siswa, kader, dan pendekar. Siswa menggunakan sabuk kuning, kader berwarna biru, dan pendekar menggunakan sabuk berwarna hitam.

Perlu proses panjang untuk menjadi pendekar di perguruan ini. Menamatkan jenjang sabuk kuning saja perlu waktu paling cepat 2,5 tahun. Berlanjut pada jenjang kader yang memakan durasi rata-rata lima tahun. Beberapa perguruan lain, hanya butuh 2-3 tahun sampai bisa menyandang gelar pendekar.

“Kalau sesuai kurikulum, bisa sabuk hitam paling cepat 7,5 tahun. Tapi realitanya kebanyakan jauh lebih lama,” terangnya.

Lamanya proses naik tingkat membuat para anggota Tapak Suci, terutama hingga menjadi pendekar, membuat rasa jumawa tidak mudah muncul.

#3 Terintegrasi dengan pendidikan di sekolah

Selanjutnya, salah satu aspek yang membuat Tapak Suci berkembang pesat adalah integrasinya dengan ekstrakulikuler di sekolah-sekolah Muhammmadiyah. Di perguruan tinggi juga menjadi salah satu unit kegiatan mahasiswa.

Setiap siswa TS harus memahami gerak dasar pencak silat dengan baik saat hendak naik tingkat. Tidak sekadar menghafal namun tidak punya pengetahuan yang matang. Buat Bowo, cepat naik tingkat tidak selalu sejalan dengan kualitas didikan.

“Di perguruan kami, tidak mengejar banyak pendekar supaya terlihat ‘wah’. Lebih menekankan pemahaman gerak beladiri yang matang dan juga akhlaknya,” terangnya.

#4 Ribut di jalan adalah aib bagi Tapak Suci

Bowo mengaku, di kalangan TS, terlibat perselisihan di jalan yang melibatkan perguruan adalah hal yang sangat dihindari. Baginya, itu merupakan sesuatu yang memalukan.

“Gesek di jalan itu memalukan. TS terikat dengan induk organisasi yakni Muhammadiyah. Kita juga membawa nilai Islam,” katanya.

Tidak memungkiri bahwa ada segelintir anggota yang terlibat pertikaian di jalan. Namun perguruan tidak akan terlibat jika itu merupakan urusan personal.  Lain hal jika urusan itu melibatkan nama TS, maka anggota lain akan mencoba membantu.

Jika anggotanya terbukti benar maka rekan seperguruan akan turun tangan memberikan dukungan dan bantuan. Jika salah pun tak segan menegur serta mengingatkan.

“Kalau dia mau berkelahi di jalan tentu nggak boleh bawa nama perguruan. Menang urusan sendiri dan kalah juga demikian,” ungkapnya

Bowo mengakui bahwa perguruan ini memang tidak punya doktrin kebersamaan dan kekeluargaan yang menonjol. Itu suatu hal yang menurutnya menjadi kekurangan. Di perguruan lain, menurut Bowo, persaudaraan sejatinya bisa membawa banyak hal baik.

“Doktrin kebersamaan itu salah satu daya tarik pencak silat. Kebersamaan itu kekuatan,” terangnya.

Jika berada di jalur yang tepat kebersamaan bisa membawa banyak maslahat. Ia bercerita, praktik di berbagai perguruan, ketika ada anggota yang sakit keluarganya bisa nyaris tidak mengeluarkan biaya. Hal itu karena saudara di perguruan membantunya bersama-sama.

“Kita mengakui belum bisa sampai di titik itu,” ujarnya.

#5 Aliran pencak silat yang berusaha rasional

Selanjutnya, tidak kalah penting, sejak lama Tapak Suci tidak menggunakan lagi praktik-praktik ilmu kanuragan, tenaga dalam, maupun kekebalan.

Pendekat besar TS, Barie Irsyad, pada acara sarasehan di Bina Manggala 1991 silam pernah menyampaikan bahwa perguruan ini menganut aliran rasional. Setiap geraknya memanfaatkan kemampuan akal dengan memfungsikan kegunaan fisik beserta perangkatnya secara optimal.

Bowo berujar bahwa sebagian dari para pendiri TS juga mulanya menganut ilmu-ilmu kanuragan. Ada nama seperti Ahmad Dimyati dan Muhammad Wahin yang mulanya mengembangkan cikal-bakal perguruan tersebut.

Dua sosok tersebut berguru pada sosok pendekar beraliran Banjaran dari Banjarenegara. Setelah itu keduanya juga sempat berkelana ke berbagai tempat untuk menimba dan menguji keilmuan beladiri.

“Ada singgungan dengan beragam hal ya termasuk hal-hal semacam tenaga dalam itu,” papar Bowo.

Kendati begitu, setelah pulang ke Jogja dan mendirikan perguruan Cikauman. Ilmu-ilmu itu mulai mereka tinggalkan. Sehingga ketika TS lahir pun sudah tidak menggunakannya sama sekali. TS merupakan gabungan dari tiga perguruan yakni Perguruan Kauman, Seranoman, dan Kasegu.

Setidaknya, lima hal tersebut lah yang turut mendorong Tapak Suci berkomitmen menghindari laku kekerasan di jalanan. Apalagi, jika tidak dalam rangka membela diri dan berpotensi merugikan pihak lain.

Penulis: Hammam Izzuddin

Editor: Agung Purwandono

BACA JUGA Duka Jadi Atlet Pencak Silat dari PSHT, Cuma Fokus Latihan tapi Setiap Ada Kegaduhan Ikut Khawatir

Ikuti berita dan artikel Mojok lainnya di Google News

Exit mobile version