• 205
    Shares

MOJOK.CO Setelah putus rasa-rasanya semua hal tentang dia ingin dibuang begitu saja. Termasuk keinginan kuat untuk menghapus foto mantan. Tak rela jika ada hal kecil tentangnya cawe-cawe kemudian membawa kembali pada hal yang telah lalu. Eh tapi kok belum rela ya, kalau langsung dihapus gitu aja?

Setiap hubungan pasti memunculkan perbedaan. Perbedaan-perbedaan tersebut ada yang dapat disesuaikan namun ada pula yang kemudian memunculkan permasalahan. Hal ini menjadi wajar, karena semakin intens sebuah interaksi, maka semakin intens pula masalah yang muncul.

Memang ada masalah yang bisa diselesaikan dengan baik, namun ada pula yang hanya bisa diselesaikan setengah-setengah saja. Semacam kelihatannya sih selesai, tapi ternyata di hati masih nggerundel. Nah, ternyata perasaan nggerundel yang sedikit demi sedikit tersebut tiba-tiba keluar begitu saja. Mencapai puncaknya ketika dipicu oleh sebuah masalah yang cukup besar.

Lalu, kalian merasa bahwa satu-satunya jalan adalah dengan berpisah. Tidak saling mengikatkan perasaan lagi.

Sakit? Iya banget. Tapi ternyata perasaan malu juga tidak kalah. Hubungan yang sangat dibanggakan di depan halayak, harus menerima nasibnya tidak sesuai dengan yang direncana dan dikoar-koarkan.

Oke, apapun yang terjadi kamu perlu ingat, jangan sampai melakukan hal-hal yang kekanak-kanakan ketika suasana hati sedang kalut-kalutnya. Misalnya, langsung blokir akun mantan, bikin postingan yang menunjukkan kegalauan bin ngenes, bikin akun palsu untuk ngirim pesan ke mantan biar bisa ngata-ngatain sepuasnya, atau hapus foto-foto tentangnya di media sosial.

Baca juga:  Reaksi Orang ketika Diputusin Berdasarkan Jurusan Kuliah

Eh, tunggu, untuk yang terakhir bisa kamu lakukan, ding. Asalkan dengan mengingat dua hal, jangan langsung dilakukan ketika putus dan langsung menghapus semuanya. Lakukan satu persatu secara perlahan.

Langsung menghapus foto ketika putus atau langsung menghapus semua foto-foto di media sosial tersebut tanpa tersisa, hanya akan memunculkan banyak pertanyaan dari teman-temanmu yang kebanyakan bukan peduli dan sebatas cuma ingin tahu, “Kalian ada apa?” Jadi, lakukan saja secara perlahan dan tidak gegabah.

Walau dianggap kekanak-kanakan, menghapus foto mantan menjadi proses yang penting untuk dilakoni. Kenapa?

Pertama, setelah putus rasa-rasanya hati memang sangat sakit sekali. Nggak tenang rasanya setiap membuka media sosial, harus melihat foto mesra bersamanya. Menghapus foto mantan dirasa akan menjadi hal yang dapat menenangkan. Agar senyumnya yang manis itu, nggak terlihat lagi dan nggak bikin nyesek berkepanjangan.

Kedua, melihat foto-foto saat bersama, hanya akan menghambat proses move on mu–jika memang kamu ingin move on sih. Dengan menghapus foto tersebut, dapat membantumu merasa benar-benar telah mengakhiri hubungan tersebut. Kamu akan merasa sudah menghapusnya dari kehidupanmu. Lega….

Ketiga, dengan tetap meletakkan foto mantan dalam media sosialmu, hanya akan membuat orang lain menjadi ragu-ragu untuk mendekati kamu. Mereka pasti jadi ngerasa kalau kamu belum putus atau kamu belum move on. Nggak masalah sih, kalau kamu memang sedang nggak pengin menjalin hubungan baru. Tapi, mau sampai kapan kamu ingin terus dirundung oleh kesedihanmu? Sampai jadi novel?

Keempat, memilih untuk menghapus fotomu dengannya, bisa jadi akan membantu hubungannya dengan pacar barunya. Misalnya pacar barunya cemburuan, terus kalau tahu foto kalian masih ada, jadinya kan mikir macem-macem. Nah, siapa tahu sikap kecilmu itu justru akan membantu melanggengkan hubungan mereka. Kamu udah rela kan?

Baca juga:  Aku Dikecewakan Lelaki yang Aku Kenal di Facebook

Masalah menghapus foto mantan di medsos ini ternyata cukup penting, lho. Dikutip dari Tirto.id, Corina Sas dan Stevel Whittaker mengungkapkan barang kenangan digital memang menjadi simbol penting dalam sebuah hubungan. Dengan menghapusnya dapat membantu mengeleminasi kesadaran akan hubungan lama dan memori yang dirasa menyakitkan. Selain itu, hal ini juga akan membantu membentuk identitas diri yang baru, lho.

Oh ya, kalau kamu memang belum rela-rela banget untuk menghapusnya. Apalagi kamu ngarep bisa balikan, tenang aja Instagram punya fitur yang namanya archive kok. Jadi, kamu bisa menyembunyikan dulu foto yang nggak mau dilihat, untuk kemudian bisa kamu lihat sewaktu-waktu kalau pengin….

  • 205
    Shares


Tirto.ID
Loading...

No more articles