MOJOK.COSering banget kita cuek sama kebiasaan berbahaya. Ada satu kebiasaan yang sebetulnya saya nggak terima dibilang bahaya. Tapi ternyata, bener juga ya.

Kalau memang pada dasarnya udah bodo amat, udah jadi kebiasaan, meskipun sebetulnya bahaya, ya tabrak aja. Namanya udah jadi kebiasaan. Ketika diingatkan, malah jadi aneh.

Mari kita simak 5 kebiasaan berbahaya yang biasa kita lakukan, tapi kita mah bodo amat.

Asbak plastik itu bahaya

“Tolong beliin asbak, tapi jangan yang plastik, yang kaca aja,” suatu kali istri saya minta begitu.

Istri, biasanya minta dibeliin tas atau skincare gitu, eh, minta asbak. Ya alhamdulillah, sih, nggak minta yang mahal-mahal. Dia melihat kebiasaan merokok pakai asbak plastik itu bahaya. “Gimana nanti kalau lelehan plastik nempel ke rokok terus diisap. Kan, plastiknya masuk ke paru-paru.”

Ehh…jangankan asbak plastik, merokok pun juga kebiasaan berbahaya. Kadang-kadang begini, nih. Kadang yang bahaya malah diizinkan. Ya namanya aja udah kadi kebiasaan, kan. Ada yang merasa begitu? Bodo amat, yang penting mulut ngebul aja.

Minum kopi habis bangun tidur itu enak banget

Iya, minum kopi habis bangun tidur nikmat banget. Habis bangun, cuci muka sama gosok gigi. Habis itu boker, lalu mandi. Habis mandi, eh tidur lagi. Kapan ngopinya.

Tapi kamu, setidaknya harus tahu kalau minum kopi setelah bangun tidur itu kebiasaan berbahaya. Menurut ahli diet, minum kopi segera setelah bangun pagi itu bikin kamu gugup, cepat lelah sama lesu. Apalagi selama tidur, bisa jadi badanmu itu craving for water alias dehidrasi. Jadi, minum air putih dulu saja.

Baca juga:  Tiga Peluang Bisnis untuk Menghindari Sakit Hati di Masa Depan

Tapi, sebelum itu semua, setelah bangun tidur, yang paling baik adalah berdoa. Iya, dong. Bersyukur kamu masih bisa membuka mata dan menyambut hari yang bakal gitu-gitu aja.

Kebiasaan berbahaya ketika tidur “ditonton” kipas angin

Jogja lagi panas banget. Bahkan setelah malam pun tetep gerah aja rasanya. Biar nggak gelisah ketika tidur, enak banget kalau nyalain kipas angin. Namun, tahukah kamu kalau tidur “ditonton” kipas angin itu kebiasaan berbahaya buat kesehatan.

Halodoc mengklaim paparan angin dingin dapat menyebabkan Bell’s Palsy, yaitu kelumpuhan otot pada wajah, sehingga salah satu sisi wajah tampak melorot.

Namun, kata Alodokter, hingga kini penyebab Bell’s Palsy belum diketahui secara pasti. Ada yang bilang karena paparan angin atau udara dingin. Ada juga yang menyetakan peradangan saraf disebabkan oleh infeksi virus. Misalnya, infeksi virus Herpes simpleks atau herpes kongenital, infeksi virus varicela Zoster, penyakit Lyme yang disebabkan oleh kutu, sifilis, dan virus Epsteinn barr.

Hmmm…ngeri semua. Nah, dari penjelasan di atas, tidur “ditonton” kipas angin memang kebiasaan berbahaya. Namun, belum diketahui secara pasti. Atau, informasinya bersifat salah sebagian (partly false). Kalau dapat menyebabkan alergi dan gangguan asma karena debu dan kotoran itu bener banget. makanya, jangan hati yang dijaga kebersihannya, kipas angin juga.

Ngorek kuping geli ena ena

Kamu pernah merasa geli-geli di telinga setelah pakai headset terlalu lama? Saya sering kayak gitu. Yang saya lakukan kemudian, yang saya yakin kamu melalukannya juga, adalah mengambil pembersih telinga.

Baca juga:  Merokok dan Jatuh Cintalah dengan Sukarela

Korek-korek kuping enak betul rasanya. Sayangnya, setiap kali mengorek telinga, ada rasa bersalah yang muncul. kenapa?

Pertama, kamu harus tahu kalau kuping itu punya kemampuan membersihkan diri sendiri. Mandiri banget ya nih organ manusia. Milenial yang belum punya rumah sendiri udah pasti kalah.

Kedua, cairan lembek dan baunya kha situ bukan kotoran. Itu adalah semacam cara kuping membersihkan diri sendiri. Ingat, jangan menilai dari tampilan dan bau. Bisa jadi tampilannya begitu, ternyata dia Sultan Andara, eh Raffi Ahmad, dong.

Ketiga, kalau terlalu sering dan bersemangat mengorek, kupingmu bisa pendarahan, infeksi, sampai gangguan syaraf. Apalagi kalau kebiasaan ngore kuping pakai mesin jahit. Jangan, bahaya itu.

Sialan, mengupil ternyata bahaya

Yes, kamu nggak salah baca. Ternyata, kebiasaan “menggali emas” di hidung itu bahaya. Saya agak nggak terima, sih, mengupil masuk kebiasaan berbahaya. Ya maaf saja, ada “orgasme-orgasme” kecil yang terasa ketika upil dengan bau yang juga khas itu berhasil dipancing keluar. Dipelintir pakai jari, dicium-cium baunya, lalu dipeperin ke temen.

Ada beberapa masalah yang akan kamu rasakan habis ena ena sama hidung. Bisa kena infeksi lubang hidung, muncul bisul, mimisan kayak habis nonton bokep, dan yang pasti jorok, sih. Apalagi ngupil setelah garuk-garuk pantat…pantat temen lagi.

BACA JUGA Beberapa Kebiasaan “Hidup Bersih” yang Ternyata Buruk Bagi Kesehatan atau tulisan lainnya dari Yamadipati Seno.