UIN Jogja dan UIN Malang itu saudara, tapi perbedaannya benar-benar terasa
Serupa, tapi tak sama. Ibarat bayi kembar pun tetap punya beberapa perbedaan. Tak terkecuali UIN, kampus Islam yang begitu terkenal dan ada di banyak kota. Meski sama-sama menyandang status kampus Islam, tetap saja mereka berbeda satu sama lain. Tiap kotanya punya ciri yang berbeda, dan kebiasaan yang berbeda.
Saya menemukan banyak perbedaan di kampus UIN tiap kota. Tapi menurut saya, yang paling unik adalah UIN Jogja dengan Malang. Perbedaan mereka benar-benar kerasa dan kentara. Dan dalam tulisan ini, saya mau menunjukkan perbedaan UIN Jogja dengan Malang, yang bagi saya begitu unik.
Disclaimer, perbedaan ini yang sifatnya umum, jadi pasti akan ada saja special case. Disclaimer lagi, tulisan ini berdasarkan pengalaman saya kuliah S1 di UIN Malang, dan S2 di UIN Jogja.
Daftar Isi
Perbedaan latar belakang UIN Jogja dan UIN Malang
Buat yang belum tahu, mahasiswa UIN Malang ini kebanyakan dari pesantren NU. Iya, bukan cuma pesantren, tapi spesifik pesantren NU. Tidak hanya mahasiswa, dosen dan karyawan pun mayoritas alumni pesantren.
Sedangkan mahasiswa UIN Jogja tidak ada yang mayoritas. Presentase kategorinya hampir sama. Agak egaliter memang. Dan perbedaan ini membuat ekosistem di dua kampus ini punya perbedaan yang kentara.
Secara umum, anak UIN Malang punya budaya pesantren NU, yakni ngalap barokah pada pengajarnya. Jadi jangan kaget kalau mahasiswa akan selalu mencium tangan dosennya ketika bertemu. Baik di kelas ataupun di luar kelas. Bahkan ketika kelas sudah berakhir, tidak ada yang beranjak dari tempat duduk sampai dosen keluar dari ruangan. Setelah dosen keluar, baru berbondong-bondong ikut keluar kelas.
Hal semacam ini tentu jarang ditemui ketika kuliah di UIN Jogja. Selain karena mayoritasnya bukan pesantren, mahasiswa UIN Jogja mayoritas berasal dari berbagai daerah. Sehingga budaya mayoritas agak susah untuk ada di kampus ini.
Sedangkan, di UIN Malang, selain memang mayoritas pesantren NU, warga kampus UIN Malang juga tidak terlalu beragam. Kebanyakan, mereka berasal dari Jawa Timur, seperti Malang, Kediri, Jombang, Lamongan, Surabaya, Madura, dan sekitarnya. Sehingga, budaya kampus pun mengikuti budaya di mayoritas mahasiswanya.
Kegiatan kampus juga berbeda
Seperti yang sudah saya uraikan di atas, karena UIN Malang ini mayoritasnya anak pesantren NU, serta didukung adanya Ma’had (pondok/asrama mahasiswa), maka kegiatan di masjid kampus pun kebanyakan juga tipikal kegiatan pesantren. Misalnya, ada banyak sholawatan, khataman quran, serta kegiatan semacam diklat, seminar, atau workshop tentang qiroah dan kajian keagamaan.
Tentu UIN Jogja tidak demikian. Kegiatan rutin di masjid kampus misalnya, bukan kegiatan keagamaan, melainkan kajian pemikiran Islam yang punya tema berbeda setiap harinya.
Hasilnya apa? Pandangan pemikiran Islam yang “nyeleneh” bukan hal aneh buat anak UIN Jogja. Iya, mereka biasa saja melihat pandangan yang berbeda.
Misal, di tahun 2019, sempat ramai karena rektor UIN Jogja saat itu, Pak Yudian Wahyudi, yang saat ini menjabat sebagai Kepala Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP), pernah meloloskan disertasi yang berjudul “Konsep milk al-yamin Muhammad Syahrur sebagai keabsahan hubungan seksual nonmarital”.
Disertasi tersebut menuai kontroversi karena disebut memperbolehkan hubungan seksual nonmarital atau di luar pernikahan dengan batas-batas tertentu. Selain itu, rektor setelahnya, Pak Al Makin, pernah meminta pelaku penendang sesajen di Gunung Semeru (2022)—yang sempat menimbulkan kegeraman masyarakat luas—untuk dimaafkan saja. Yah, punya pandangan berbeda adalah hal yang lumrah di UIN Jogja.
Punya julukan yang berkebalikan
Meski lokasinya berada di tempat lahirnya Muhammadiyah, mahasiswa UIN Jogja ini cukup beragam. Mulai dari NU, Muhammadiyah, serta aliran lain, yang mungkin dianggap ekstrem itu masih ada di dalamnya.
Ya, bisa dibilang agak egaliter. Karena itu, kampus ini sering dijuluki kampus Liberal. Bahkan ketika demo pun seringkali heboh (baca: ricuh). Berbeda dengan UIN Malang, yang dijuluki kampus rasa pesantren. Di sini, bahkan ketika ada demo, selalu saja ada diskusi yang arahnya mempertanyakan apakah demo itu etis apa tidak. “Kan kita santri”, begitu kira-kira kalimatnya.
Selain ketiga perbedaan itu, kota Jogja dan Malang tentu punya impeknya masing-masing terhadap cara berpikir dan bertingkah laku bagi orang-orang yang tinggal di dalamnya. Jogja yang apa-apa ada, dan Malang yang terkotak-kotak, tentu punya dampak yang berbeda untuk masing-masing pendatang.
Meski demikian, kedua kampus tersebut tetap punya ciri khas dan keunggulannya masing-masing. Pun tentu saja, tidak ada kampus yang sempurna. Namun, percayalah, di kampus mana pun, kita tetap akan kesusahan melupakan tiap kenangan yang pernah singgah. Sesederhana apapun bentuk kenangannya.
Penulis: M. Afiqul Adib
Editor: Rizky Prasetya