TNI AU telah menyampaikan permintaan maafnya lewat akun Twitter resmi mereka atas insiden dua anggotanya yang bertindak nirmanusiawi pada seorang warga Merauke, Papua, yang terekam dan tersebar di berbagai sosial media tempo hari.
Dari cuitan itu, nggak sedikit pihak yang dibuat kecewa dengan isi dari permohonan maafnya. Pasalnya, setelah apa yang dilakukan oleh pelaku terhadap korban—sebagaimana yang terekam dalam video yang beredar—TNI AU dengan naifnya mengatakan insiden itu sebagai kesalahpahaman, dan memilih untuk mengkambinghitamkan lema “oknum“ pada dua anggotanya tersebut.
TNI AU Meminta maaf dan Tindak Tegas Anggotanya yang tidak disiplin*
Menyikapi insiden salah paham antara oknum dua anggota Pomau Lanud J.A Dimara Merauke dan warga di sebuah warung makan, di Merauke, Senin (27/7/2021), TNI AU menyatakan penyesalan dan permohonan maaf. 💂🏻♀️
— TNI Angkatan Udara (@_TNIAU) July 27, 2021
Setelah baca cuitan-cuitan yang mengkritik cara TNI AU meminta maaf, tangan saya yang sedang mengusap dada sesaat setelah melihat video itu, segera naik hingga ke ujung kepala untuk menggaruk rasa heran. Ihwal nginjek kepala yang mereka sebut sebagai buntut dari kesalahpahaman, sama sekali nggak bikin saya terkejut apalagi cuma terheran-heran. Saya baru bakal kaget mampus kalo seandainya TNI AU membuat permintaan maaf yang bener-bener nggak mengandung unsur apa pun selain penyesalan dan rasa bersalah.
Sebaliknya, yang paling bikin saya heran adalah: Kok ada yang dibuat kecewa? Padahal, dari kemaren-kemaren pun, setiap aparat keamanan yang tindak-tanduknya meresahkan masyarakat telah dan akan selalu dilabeli dengan lema “oknum“. Lagi pula, bukannya kita udah nggak asing sama aparat-aparat yang membanggakan dirinya sebagai abdi negara lalu berlagak sebagai si paling jago dan paling hebat sealam raya? Aparat-aparat kemaren sore si paling keren sedunia-akhirat yang doyan bilang “Dek, mending sama abang idupnya terjamin”? Sungguh kecewa yang sia-sia.
Dalam KBBI, lema “oknum“ berarti (1) penyebut diri Tuhan dalam agama Katolik; pribadi, (2) orang seorang; perseorangan, (3) orang atau anasir (dengan arti yang kurang baik). Dari ketiganya, dapat ditarik kesimpulan bahwa si sepatah kata “oknum“ itu sendiri nggak melulu punya konotasi yang negatif. Jeleknya citra “oknum“ dalam semesta pikiran masyarakat tidak lain merupakan buih-buih ketidaksadaran karena saking seringnya denger lembaga-lembaga pemerintah pake kata “oknum“ sebagai sabun buat “cuci tangan“ dari hal-hal negatif.
Kalo kita kecewa dengan penggunaan kata “oknum“ dalam permohonan maaf itu; atau dalam setiap warta mengenai insiden yang melibatkan aparatur negara, ada baiknya kita bendung hasrat batiniah kita untuk menyalahkan lembaga-lembaga tersebut. Nggak ada seorang pun yang lebih pantas untuk disalahkan atas kekecewaan itu selain diri sendiri karena telah mengharapkan sebuah ayam negeri berkokok layaknya Isyana Sarasvati nyanyi seriosa “Fruhlingsstimmen” Johan Straus II.
Sebagai warga negara dari negeri yang pemerintahannya doyan bongkar-pasang kata serta mahir beretorika, mestinya lip service dan bualan pihak-pihak yang mewakili negara ini udah nggak perlu lagi dijadikan bahan pemikiran. Tanpa bermaksud menjadi apatis, namun berkaca dari kejadian yang udah-udah pun, seorang pemikir nun pemberani pun acap kali terkapar dalam bungkaman di penghujung suara lantangnya.
Oleh karena itu, TNI AU sama sekali nggak bisa disalahkan karena telah bikin permintaan maaf yang nggak setimpal dengan apa yang telah dilakukan oleh dua jagoan berseragam biru-biru, yang eksistensinya bagi peradaban manusia nggak lebih penting dari cicak-cicak di dinding itu. Juga nggak ada yang salah dengan media-media yang juga turut mengamini penggunaan kata “oknum“ sebagaimana yang dimaksudkan TNI AU. Saya yakin dengan sangat bahwa permintaan maaf tersebut adalah sebaik-baiknya permintaan maaf yang telah diupayakan mereka.
Lagi pula, sebaik-baiknya ayam berkokok, toh tetep aja nggak bisa bikin harmonisasi suara kokok yang merdu kan, ya?
BACA JUGA Oknum Ngaku ‘Nakes’ Cabul Tambah Alasan Bikin Percaya Pandemi Ini Ditunggangi dan tulisan Nanda Naradhipa lainnya.