Saya pikir, artikel ini perlu diberi disclaimer. Pertama, artikel ini bukan untuk memicu perdebatan. Konsep trinitas (atau dikenal juga tritunggal) adalah konsep yang rumit, bahkan bagi umat Kristen. Maka saya akan menjelaskan inti teologi Kristen ini sesederhana mungkin. Dan terakhir, saya menjelaskan dari kacamata Kristen Katolik. Bisa dipahami, ya?
Baiklah, trinitas memang rumit. Apalagi ini menyinggung urusan iman seorang Kristen. Sayang sekali, konsep trinitas sering menjadi bahan perdebatan, mulai dari perkara “Tuhan kok disalib” sampai “Kalian nyembah 3 Tuhan, ya?” Sebenarnya sih saya tidak ambil pusing. Tapi, tak ada salahnya memperkenalkan konsep trinitas bagi penganut kepercayaan lain.
Dari namanya, trinitas berarti tiga serangkai. Dalam konsep trinitas Kristen, berarti konsep ketuhanan di mana satu entitas memiliki tiga pribadi. Entitas ilahiah Kristen memiliki pribadi: Bapa, Putra, dan Roh Kudus. Apakah masih ruwet di benak Anda? Wajar, karena umat perdana sendiri terlibat perdebatan sengit. Mungkin bagi kita masyarakat modern sudah biasa. Tapi bagi masyarakat super religius, ini perkara hidup dan mati.
Perdebatan tentang konsep trinitas terjadi ratusan tahun. Terutama bagaimana menempatkan Yesus dalam trinitas ini. Bukan berarti umat Kristen tidak memiliki pegangan yang teguh. Perlu diingat, ajaran Yesus sendiri memang penuh dengan kias serta tafsir. Saya akan menulis sejarah perdebatan ini kapan-kapan.
Mari kita pahami bagaimana umat Kristen, khususnya Katolik, memandang Allah. Jangan lupa, akar penyebutan “Allah” ini bersumber dari rumpun bahasa yang sama dengan umat perdana Islam. Katolik tidak memandang Allah sebagai banyak “orang” berbeda. Bukan seperti dewa yang berbeda pribadi dan entitas satu dan yang lain.
Nah, trinitas adalah pribadi berbeda dari Allah. Satu Allah ini hadir dalam kehidupan manusia dalam tiga pribadi. Ini bukan asal klaim, namun bersumber dari Injil. Dalam Injil Yohanes 10:30, Yesus bersabda: “Aku dan Bapa adalah satu”. Dalam Yohanes 17:21, Yesus berdoa kepada Bapa agar semua muridNya menjadi satu seperti Bapa di dalam Ia dan Ia di dalam Bapa. Anda juga bisa melihat relasi ini dalam ayat lain seperti Lukas 3:22, Matius 17:5, Yohanes 17:5, dan banyak lagi.
Pertama, Bapa. Pribadi ini adalah konsep yang lebih dekat dengan Allah pencipta. Pribadi ini adalah Allah yang berkuasa penuh atas dunia. Entitas ini tidak bisa ditelaah dengan nalar manusia. Allah adalah entitas yang tidak terbatas oleh ruang dan waktu. Konsep Bapa ini sama dengan konsep ilahiah agama Abrahamik lain.
Kedua, Yesus. Yesus adalah manusia sekaligus pribadi Allah yang hadir ke dunia. Disebut sebagai anak oleh Bapa sendiri dalam Matius 3:13-17 saat dibaptis oleh Yohanes. Yesus hadir di dunia dalam misi penebusan dosa-dosa umat manusia. Dengan kematian di kayu salib, Yesus menjadi penebusan umat kristiani. Dan kebangkitanNya menjadi bukti kemuliaan Yesus sebagai manusia dan Allah.
Konsep anak ini bukan seperti anak biologis. Melainkan sebagai cerminan bahwa Yesus dan Allah adalah satu. Seperti anak kepada ayah yang satu darah, Yesus dan Bapa adalah satu Allah. Ketika Yesus wafat di kayu salib (dalam teologi Kristen), Yesus sebagai Allah tidak mati. Toh pada akhirnya, Yesus bangkit dari antara orang mati.
Ketiga, Roh Kudus. Roh Kudus adalah wujud kehadiran Allah dalam kehidupan manusia. Kehadiran Roh Kudus pertama kali dinyatakan pada peristiwa Pentakosta. Roh Kudus mendampingi dan menjaga hidup manusia di bumi sampai kehadiran Kerajaan Allah. Mukjizat yang dialami manusia di bumi adalah atas kuasa Roh Kudus.
Ketiga pribadi ini adalah satu, Allah. Namun, ketiga pribadi ini memiliki perwujudan masing-masing dalam hidup manusia. Apakah ini ruwet? Anda bisa melihat grafik trinitas berikut:
Bapa bukanlah Yesus. Yesus bukanlah Roh Kudus. Dan Roh Kudus bukanlah Bapa. Namun ketiga pribadi ini adalah Allah yang satu, yang tunggal. Ketiga pribadi ini tidak terpisah seperti konsep politeisme. Mungkin ini masih sulit dipahami, karena namanya iman memang akan susah dipahamkan dengan nalar.
Namun saya suka dengan perumpamaan cermin. Ketika Anda bercermin, Anda akan melihat cerminan diri Anda. Sekarang pecahkan cermin itu, tapi bukan biar ramai seperti kata Dian Sastro. Sekarang Anda melihat cerminan Anda dalam seluruh pecahan kaca tersebut. Anda tetap satu, namun cerminan Anda ada banyak. Itulah cara sederhana memahami konsep trinitas ini.
Mungkin saya belum cukup menjabarkan bagaimana konsep trinitas ini. Namun saya harap penjabaran ini bisa menjawab pertanyaan kuno, “Orang Kristen nyembah tiga Tuhan, ya?” Dan semoga pengetahuan ini menambah rasa toleransi kita semua terhadap ragam kepercayaan.
Penulis: Prabu Yudianto
Editor: Intan Ekapratiwi
Artikel ini telah disunting ulang pada hari Kamis (14/4), pukul 18.10.
BACA JUGA Mempertanyakan Agama dan Eksistensi Tuhan Adalah Hal yang Wajar.