Saya selalu menyambut antusias film-film Indonesia yang mengadaptasi sinetron. Mengingat betapa hina dan kurang apresiasinya nama sinetron Indonesia di hadapan warganya sendiri saat ini. Diadaptasinya sebuah judul sinetron ke dalam media film seolah menjadi media dokumentasi perekam zaman dan media apresiasi tersendiri. Pasalnya, pilihan untuk mengadaptasi sebuah sinetron tentu berdasarkan kategori: kalau bukan karena kualitas, ya kepopulerannya.
Losmen Bu Broto adalah salah satunya. Film ini merupakan adaptasi dari sinetron 80-an berjudul Losmen. Sinetron ini juga pernah dibuat adaptasi filmnya berjudul Penginapan Bu Broto pada 1987.
Yang terbaru, TVRI membuat kembali serial tersebut dengan judul baru, Guest House: Losmen Reborn, yang tayang pada 2020 kemarin. Informasi ini tentu baru saya cari dan dapatkan karena ter-trigger filmnya. Beruntunglah, dengan kehadiran film ini, saya jadi tahu bahwa pernah ada judul sinetron tersebut. Dan ternyata, ia pernah jadi tontonan masa remaja ibu saya.
Saya sempat menonton beberapa episode dari sinetron ini, sekadar penasaran. Untungnya, ada beberapa episode yang bisa ditemukan di kanal YouTube TVRI. Ceritanya sederhana, kehidupan sehari-hari di losmen tersebut dengan sentuhan interaksi hangat para karakternya. Dengan modal tersebut, saya menonton film Losmen Bu Broto. Ternyata, filmnya mengambil rute yang berbeda. Daripada kehangatan, saya justru mendapatkan vibe yang dingin dari keluarga ini, khususnya dari Bu Broto.
Bu Broto diceritakan sebagai sosok keras dalam memegang prinsip yang membuatnya mampu mengatur segalanya, baik itu urusan bisnis maupun keluarganya. Sikap keras ini yang akan menimbulkan konflik pada keluarganya, utamanya pada Pur dan Sri.
Pur, dalam cerita ini sedang berada dalam fase berduka setahun ke belakang. Dengan luka itu, dia akan menghadapi konflik dengan Sri dan ibunya, utamanya perihal masalah beban kerja dalam kepengurusan losmen.
Sementara itu, Sri akan menjadi pusat permasalahan dalam cerita ini. Sri selama ini memang diandalkan oleh Bu Broto untuk mengoperasikan losmen. Sayangnya, Sri memiliki dunia lain yang ia sukai, yaitu musik, yang tentu saja ditentang Bu Broto. Pergolakan ini lah yang akan menjadi pusaran konflik, termasuk menyeret Pur. Tidak cuma itu, konflik antara Sri dan Bu Broto juga semakin memanas dengan munculnya Jarot sebagai pacar Sri.
Bagi saya, film ini memperlihatkan betapa rumitnya hubungan keluarga. Love hate relationship dalam keluarga merupakan hal yang wajar, khususnya dari sudut pandang anak dalam melihat orang tuanya.
Orang tua kerap memperlihatkan sisi wajah sebagai sosok yang sempurna bagi anaknya. Entah itu tujuannya untuk ditiru sebagai panutan, untuk mendapatkan rasa hormat, dan semacamnya. Dengan kecenderungan untuk memperlihatkan sisi ini, anak kerap melihat sosok orang tuanya sebagai sosok yang satu dimensi, sosok manusia sempurna tanpa celah untuk salah (tepatnya, merasa salah).
Begitu pun Bu Broto dengan anak-anaknya. Dalam cerita ini, dia tidak hanya berposisi sebagai ibu bagi anaknya. Pada anaknya, ia juga sebagai atasan bagi para karyawan. Sosoknya yang perfeksionis dalam pekerjaan juga merembet pada pola didik parenting-nya. Komunikasi yang terjalin antara Bu Broto dengan anak-anaknya ini didominasi pada perintah-perintah, baik itu perintah soal pekerjaan mengurus losmen hingga perintah dalam menentukan masa depan Sri.
Dan selama berhadapan dengan anak-anaknya, wajah itulah yang selalu ditunjukkan. Sosok pemimpin yang tangguh dan suka mengatur. Satu-satunya orang yang bisa melihat sisi rapuhnya dia hanyalah Pak Broto, sosok yang bisa melihatnya menangis.
Maka, tentu wajar bagi anak-anaknya dalam memandang ibunya hanya sebatas pada apa yang terlihat selama ini. Sehingga, muncullah berbagai prasangka yang timbul akibat bagaimana seseorang hanya melihat satu sisi kepribadian berdasarkan apa yang dilihatnya saja. Bahwa sang Ibu hanya peduli pada losmen, cuma bisa memberikan perintah tanpa mau mengerti, dan sosok yang selalu merasa benar.
Prasangka dalam keluarga adalah tema menarik yang muncul dalam film ini. Bukan cuma hubungan Bu Broto pada anaknya, ada juga hubungan antara Sri dan Pur yang terjebak prasangka, hubungan Sri dan Jarot, hingga hubungan Jarot dan orang tuanya. Film ini mengingatkan penontonnya bahwa sosok di keluarga memiliki banyak sisi yang tidak bisa ditunjukkan semuanya secara bebas. Bahwa sudut pandang kita terbatas. Prasangka adalah akibat dari ketidakmampuan kita melihat atau memahami sisi lain dari orang lain.
Babak pertama dan kedua dari film ini berhasil menyampaikan hal tersebut dengan baik. Ia disampaikan halus beriringan menyertai rumitnya jalinan konflik. Sayangnya, babak ketiga mengambil rute yang klise dan instan. Tiba-tiba suasana langsung berbalik 180 derajat dan semua senang.
Selain menjual drama keluarga, film ini juga memiliki elemen tradisional Jawa secara estetika visual sebagai daya tarik. Hal ini akan sangat kental terasa melalui tata artistiknya dengan segala ornamen tata dekorasi rumah, alat perabot rumah tangga, dan pakaian-pakaiannya. Selain memanjakan secara estetika, kehadirannya juga tidak mengganggu secara esensi. Film ini berhasil memanfaatkan semua elemen itu sebagai bagian world building yang tak terasa aneh di latar modern, mempertimbangkan konteksnya sebagai bagian dari industri pariwisata. Ia tidak terasa sebagai tempelan atau gimmick.
Sebagai penonton milenial, mengingat sensasi menonton film dan serialnya cukup berbeda, mungkin akan lebih bijak apabila saya hanya melihat film ini berdiri sendiri. Dan sebagai sebuah kisah, Losmen Bu Broto jelas menawarkan suatu tema menarik soal keluarga yang relevan. Namun, apabila ingin membandingkan, biarkan mereka yang memiliki ikatan nostalgia yang berhak menilainya.
Sumber Gambar: Akun Instagram Losmen Bu Broto