1   +   2   =  

MOJOK.CO – Kredit motor rentan kena nyinyir. Selain dianggap maksa, membeli motor secara kredit sering dianggap penyebab jalanan makin macet.

Kredit motor makin gampang. Kadang tidak sampai dua hari motor sudah bisa dibawa pulang. Tapi, kalau dilakukan tanpa perhitungan, utang bisa menumpuk dan ujung-ujungnya motor kamu ditarik pihak leasing.

Tapi artikel ini mau membela para pejuang cicilan. Kan sering banget tuh, orang nyinyir sama motor kredit. Kata mereka, kalau nggak punya duit lebih baik jangan maksa, toh motor bekas lebih murah. Terus motor kredit juga dibilang bikin orang makin berani beli motor sehingga menambah kemacetan.

Argumen di atas memang masuk akal, tapi tak sepenuhnya benar. Terkadang nyicil motor bukan karena maksa supaya punya motor. Kemacetan juga bukan semata salah orang beli kendaraan kredit.

Di beberapa kota beli motor tunai itu susah. Biasanya ini ulah penjual yang memanfaatkan permintaan motor yang tinggi tapi stok sedikit dengan sengaja menyimpan barang agar cuma bisa dijual kredit. Korbannya kadang sudah benar-benar tak bisa menunggu masa inden yang amat lama, jadi mau tidak mau mereka mencicil motor.

Selain itu, menabung untuk membeli motor tunai itu juga butuh waktu yang tidak sebentar. Katakanlah kita ingin beli Vario 125 dengan harga termurah, 20 juta. Dengan gaji 4 juta dan menabung 1 juta per bulan, butuh 20 bulan untuk menebus motor tersebut. Tentu saja kita harus rela mobilitas jadi terbatas dan hanya mengandalkan nebeng atau pakai jasa ojol selama 20 bulan. Apalagi tidak di semua kota transportasi publiknya bagus.

Baca juga:  Lima Tips Mengalahkan Jokowi saat Pemilihan Presiden 2019

Dengan kasus tersebut, kredit motor menjadi solusi. Memang totalnya bisa lebih mahal 4-8 juta harga asli, tapi anggap saja kita mendapat nilai yang lebih dari total kerugian. Tapi motor kita otomatis terdaftar asuransi. Pun mobilitas yang amat penting, ketika disokong motor utangan, mestinya jadi nilai tambah.

Membeli motor bekas memang bisa jadi solusi. Tapi hati-hati, membeli motor bekas bisa jadi bumerang ketika tidak jeli. Kamu juga harus menyiapkan biaya reparasi jika motor yang dibeli keadaannya kurang bagus. “Yha miLiH yAnG baGuS doNg” adalah nasihat yang nggak gampang juga dilakukan. Motor bekas tetaplah barang yang diterpa waktu, keadaannya tidak akan sebagus barang baru.

Harga motor bekas untuk motor macam Vario 125 tahun 2013 ke atas biasanya masih menyentuh angka 11 jutaan. Kalau beruntung sih bisa dapat harga murah. Tapi pegang hukum pasti ini: Ada harga, ada rupa.

Kalau masalah motor kredit menyumbang kemacetan, sorry to say aja nih, yang belinya nyicil nggak cuma motor, Bos, mobil pun juga. Lagian kita sering melihat mobil segede Fortuner dikendarai sendirian, dan hal macam itu kita temui banyak cuma dalam satu jalur. Emang kalau naik mobil njuk kebal kritik?

Jadi mending kita nggak usah nyinyir banget ke orang yang beli motor kredit. Selain itu nggak dosa, orang yang kebetulan duitnya tipis juga butuh alat bantu untuk bepergian ke mana-mana. Kalau kena macet terus nyalahin orang yang kredit motor, satu saran dari saya: Nek ra sabar, maburo.

BACA JUGA Fakta-fakta Unik tentang Motor yang Dipakai Balapan MotoGP dan artikel menarik  lainnya di OTOMOJOK.

Baca juga:  Mengamati Diferensiasi Motor Matik Yamaha, Honda, dan Suzuki


Tirto.ID
Loading...

No more articles