fbpx

MOJOK.CO Kita emang nggak tahu gimana rasanya pakai narkoba, tapi kita semua tahu narkoba itu punya efek yang bikin kecanduan. Dan ternyata, 5 makanan legal ini punya sensasi yang sama.

Masa-masa kuliah saya habiskan dengan begadang di gamenet. Saya mulai kuliah di tahun 2011 di masa Dota Warcraft masih berjaya, lalu 2012 Dota 2 rilis dan saya memainkan game itu tiap malam. Seperti kebanyakan orang yang begadang, saya jadi makin kurus dan mata mulai menghitam macam Gaara.

Perubahan fisik dan gaya hidup semenjak kuliah membuat orang tua khawatir. Karena orang tua saya adalah orang insecure, mereka mulai berpikir saya memakai narkoba. Pada suatu hari, saya disidang orang tua, diminta jujur. Tentu saja saya membantah, uang jajan saja pas-pasan kok mau aneh-aneh beli narkoba.

Tapi, memang saya nggak pernah kepikiran apalagi pengin mencicipi narkoba. Dibesarkan di keluarga yang bekerja di bidang medis memberi saya banyak pengetahuan bahaya narkoba tanpa harus dikasih tahu. Bagi saya, selama mi ayam masih ada, ngapain nyoba narkoba.

Bagi saya makanan jauh lebih masuk akal dijadikan candu daripada narkoba. Dan untuk beberapa makanan, saya tidak punya kontrol diri yang bagus. Butuh kekuatan yang amat hebat untuk menahan diri. Saya beri lima makanan yang efeknya setara narkoba, dan ketika kamu mencobanya, besar kemungkinan akan kecanduan.

Pertama, peyek.

Saya tidak suka peyek teri karena memang nggak doyan terinya. Tapi kalau makan peyek laron dan peyek kacang, setoples bisa saya sikat tanpa bisa menahan diri. Peyek memang sekilas makanan yang terlihat sepele, tapi begitu mencoba satu, susah berhenti. Saya cukup makan peyek dan sudah tahu bagaimana efek narkoba, jadi tidak berlebihan kalau saya menganggap peyek adalah makanan yang efeknya setara narkoba.

Baca juga:  Umar Kei Kena Kasus Sabu, Fadli Zon Sebut Jokowi Tak Sukses Berantas Narkoba

Kedua, sale pisang.

Pertama saya mencoba sale pisang itu mungkin tahun 2002. Saya masih ingat saat itu pergi ke Kebumen mengantar bulik pulang, dan di jalan mampir beli sale pisang, dan semenjak itu saya terpapar racun dunia.

Salama 7 tahun saya kuliah, entah kenapa saya selalu dapet pacar orang ngapak dan selalu diberi oleh-oleh sale pisang. Pacar saya yang sekarang pun tidak pernah absen membawakan sale pisang dan saya habiskan kurang dari 1 jam, tidak peduli dibawakan berapa bungkus. Tidak mengherankan kalau saya menganggap sale pisang adalah makanan yang efeknya setara narkoba.

Ketiga, mi ayam.

Sebagai orang yang lahir di Wonogiri alias Holy Land of Mariejoa-nya mi ayam, makanan ini adalah makanan yang efeknya setara dengan narkoba. Tapi tentu saja saya tidak makan mi ayam serusuh ketika makan peyek dan sale pisang. Tapi sensasi rasanya selalu berhasil membuat saya bergumam, “Thank God for Punk Rock Band.”

Sekarang bayangkan ketika kamu menyeruput mi yang dibalur kuah gurih. Mi yang teksturnya pas, dengan curahan kuah gurih dan ayam yang manis, ditambah rasa khas dari saos murah entah mereknya apa menambah ledakan rasa di dalam mulut. Masak ya masih penasaran narkoba sih?.

Pesen ah.

Keempat, kacang rebus.

Kecuali yang alergi, saya pikir tidak ada yang tidak suka kacang rebus. Makanan yang sepele ini termasuk makanan yang efeknya setara narkoba karena meski rasanya gitu-gitu aja, kita susah untuk berhenti makan ini. Membuka satu kacang adalah jalan menuju dosa-dosa yang lain. Mungkin kita akan menyesal setelah perut kita sakit karena kebanyakan kacang, tapi mendingan sakit perut daripada masuk penjara.

Baca juga:  Buku Makanan yang Membuat Saya Lebih Percaya Nenek daripada WHO

Kelima dan terakhir dan paling dahsyat efeknya: KUACI.

Kuaci itu ada yang bilang manis, gurih, enyak, asin. Tapi terserah apa deskripsi yang kalian sepakati, kalian pasti sepakat kuaci bikin ketagihan. Dulu saya bingung kenapa orang-orang bisa suka, tapi begitu mencoba saya malu kepada diri saya sendiri, lha ujung-ujunge doyan.

Kuaci itu saya anggap makanan yang efeknya setara narkoba karena sensasi nagihnya. Seperti kacang, satu kuaci adalah gerbang menuju dosa-dosa yang lain. Padahal kuaci itu besarnya sama dengan satu butir beras, tapi kita mau bersusah payah membuka kulitnya hanya demi makanan sebesar butiran beras. Kalau merasa kesulitan membuka kuaci, Mojok punya artikel tutorial membuka kuaci.

Itu adalah daftar makanan yang efeknya setara narkoba. Saya sarankan sering-sering konsumsi makanan di atas daripada penasaran nyobain narkoba, nggak ada bagus-bagusnya narkoba tuh. Segera jauhi narkoba dan mulai dekati dia.

BACA JUGA 10 Tebakan yang Sebaiknya Tidak Pernah Kalian Dengar dan artikel menarik lainnya di LIST.

 



Tirto.ID
Loading...

No more articles