Rasanya, Setya Novanto adalah orang pertama sejak era media sosial di Indonesia yang bisa menciptakan tiga trending topic sekaligus hanya dalam sehari semalam.

Ketika ia dikepung Brimob dan KPK di rumahnya pada Rabu malam lalu, tagar #TangkapNovanto langsung naik, disusul dengan #IndonesiaMencariPapah setelah muncul kabar bahwa Novanto menghilang dari rumahnya. Trending ketiga, yakni #SaveTiangListrik segera menyusul pada Kamis malam setelah Setya Novanto diberitakan mengalami kecelakaan mobil, dan masih bertahan hingga Jumat sore ini.

Ya, namanya saja jadi pembicaraan netizen yang sebagaimana diketahui khalayak memang lebih banyak suudzonnya, langsung saja bermunculan berbagai status, twit, dan meme kritis, lucu, bahkan sadis mengomentari Setya Novanto. Tampaknya para para pembuat meme Indonesia sudah lupa dengan kasus ditangkapnya pembuat meme Setya Novanto sakit tempo hari.

Sebagai situs web yang mengklaim punya selera humor lumayan, tentu saja status, twit, meme, bahkan judul-judul berita unik tentang Setya Novanto tentu sayang dilewatkan. Hitung-hitung mengarsip drama telenovanto sehari semalam yang belum tentu satu milenium lagi akan terulang. Lagian, kalau sampai berlanjut berhari atau malah berbulan-bulan, bisa-bisa semua slot sinetron, film India, dan FTV di RCTI, SCTV, dan ANtv dihapuskan semua karena kalah dari segi rating dan share.

Mulai dari candaan “kalau Setnov dijemput Cakrabirawa, yang masuk Lubang Buaya Cakrabirawanya”, Setnov disembunyikan wewe gombel, menyamakan kisah Setnov dengan kisah Pablo Escobar di serial Narcos, simpati untuk tiang listrik yang ditabrak Setnov, dugaan bahwa amnesia akan menjadi episode lanjutan telenovanto, dan tentu saja foto Setnov pascakecelakaan plus statement pengacaranya tentang benjol segede bakpao yang “bahan meme banget”, berikut kami persembahkan kompilasi status, twit, meme, dan judul berita terpilih tentang penangkapan Setya Novanto.

Babak I, #TangkapNovanto

Puthut EA: Banyak orang bertanya-tanya, kenapa kok KPK sampai tidak tahu di mana Setnov sehingga mendatangi rumahnya? Pertanyaan itu relevan jika ditanyakan untuk kasus maling ayam, tapi tidak untuk kasus dengan level politik tingkat tinggi dan agak rumit. Kadang tindakan bukan untuk hasil yang lurus-lurus saja.

Baca juga:  Ketika Fahri Hamzah Menyuruh KPK Pindah ke Korea Utara

Selaian kerja-kerja taktis-pragmatis, KPK juga melakukan kerja-kerja strategis, yang kadang memang memerlukan manuver-manuver untuk memenangi pertarungan di tingkat psiko-sosial.

Adabnya memang kalau seorang pejabat publik dicari, ya mestinya dicari di rumahnya. Sekalipun KPK tahu bahwa Setnov tidak di rumah, tetap bakal dicari di rumahnya. Kedua, pergi “menggeruduk” rumah Setnov dan tidak ada orangnya, lalu diliput media secara meluas, menjadi percakapan panas di media sosial sangat menguntungkan KPK. Korupsi besar-besaran model e-KTP jelas perlu penanganan khusus. Kalau godfather, orang yang dianggap paling kuat dan paling licin saja ngacir, yang lain jangan coba-coba menghalangi kasus ini. Sistem beking yang kuat sebagaimana terjadi pada Miryam, bobol dan porak-poranda seketika.

Strategi ini juga bisa membuat KPK “memaksa” politikus lain yang dulunya abu-abu untuk angkat suara. Kubu politik e-KTP yang semula kuat, dipepet dan diisolasi dari kekuatan abu-abu ini.

KPK tahu di mana Setnov. Tapi, drama ini masih dibutuhkan untuk mematikan sengatan politikus-politikus lain yang tersandung kasus ini. Dulu mereka berani menggertak KPK. Kini mau pegang hape pun tangan mereka gemetar.

Dalam hal seperti ini, KPK masih juara. Hebat memang konsultannya. #eh

Tempo.co: Mangkir Panggilan KPK, Setya Novanto: Saya Mengabdi Rakyat Dulu

Babak II, #IndonesiaMencariPapah

Kurnia Harta Winata: Setya Novanto tidak menghilang. Kita yang dilemparkan ke dimensi lain.

Andina Dwifatma: Tadi di kelas pas absen aku panggil Setya Novanto tapi ga ada yang tunjuk tangan. Fix ya berarti ga ngumpet di Atma Jaya. #IndonesiaMencariPapah

Poskotanews.com: Paranormal Lihat Novanto Masih di Jakarta : Lagi Galau Berat Dia

MetroTVNews.com: Kuasa Hukum: Novanto Sedang Ada Tugas Negara
setnov-mojok

setnov-mojok

Babak III, #SaveTiangListrik

Yamadipati Seno: Papah Setnov ini aneh. Udah tahu “skenario rumah sakit” bakal diraguin sama banyak orang karena jilid 1 dulu aneh begitu. Harusnya Papah ngelawan aparat aja, lalu ada adegan ketembak kayak Vito Corleone. Epic banget tuh.

Baca juga:  Semoga Tiang Listrik yang Ditabrak Mobil Setya Novanto Tidak Dikriminalisasi dengan Pasal Percobaan Pembunuhan

Nah baru masuk rumah sakit. Ada adegan dokter pake masker lari-lari di ICU mau operasi Papah buat ngeluarin peluru. Nah pas masuk kamar operasi, papah tiba-tiba bangun, peluru yang ditembakin aparat ternyata peluru kosong. Darahnya juga tipu-tipu. Pas bangun Papah bilang, “Hasta la vista, Motherfucker!” Dokter ngebuka maskernya, ternyata beliau adalah Fadli Zon. Lalu berdua Papah sama Dik Zon kabur ke Madagaskar. Paspor, visa, tiket dibikinin sama Ray Donovan. Sampai sana minum coconut sama isep cigar.

Agus Mulyadi: Kita rakyat Indonesia tentu tak mau tahu jika kecelakaan mobil Setya Novanto yang menabrak tiang listrik kemarin sesungguhnya adalah upaya Setya Novanto memprotes PLN yang berencana akan menghapus golongan pelanggan 4.400 VA ke bawah.

Kita semua pasti tak mau tahu. Sebab kita sudah dibutakan oleh kebencian pada Setya Novanto. Bahkan saat kondisi tak menentu pun, Setya Novanto tetap memikirkan rakyat. Kita harusnya bangga terhadap belio, bukannya membuat meme-meme kurang ajar yang bikin belio sedih.

Kita harusnya bersama Setya Novanto.

Dodi Rokhdian: Katanya mobil Setnov nabrak tiang listrik, kata sopirnya tiang listrik itu tiba-tiba nyeberang. Setnov dibawa ke rumah sakit sementara tiang listriknya dibiarkan tanpa penanganan. #RIPTiangListrik

Yoga Cholanda: Setnov nabrak tiang listrik itu tanda bahwa dia beraninya sama yang diam dan nggak melawan. Coba suruh nabrak kereta deh.

Puthut EA: Skenario selanjutnya adalah karena benturan di kepala Setnov, maka daya ingatnya lemah.

Detik.comPengacara: Rusak Parah, Mobil Setya Novanto Hancur Cur Cur

Kumparan.com: Tiang Listrik Masih ‘Segar Bugar’ Setelah Ditabrak Mobil Setya Novanto

Detik.com: Masih Tegak Setelah Ditabrak Novanto, Tiang Listrik PLN Terbuat dari Apa?

CNNIndonesia.com: Sayembara untuk Setnov Digelar Berhadiah Rp10 Juta

CNNIndonesia.com: MAKI: Tiang Listrik Pemenang Sayembara Setnov Rp10 Juta

setnov-mojok

 

Komentar
Add Friend
No more articles