• 244
    Shares

MOJOK.CO – Mojok Institute melakukan sensus kepada Netizen Twitter, Facebook, dan Instagram untuk mengetahui hal-hal kecil apa yang membuat mereka bahagia.

Selama ini kita sering sekali berpikir jika kita ingin bahagia kita harus mencapai hal-hal besar dulu dalam hidup kita. Misal, masuk universitas bergengsi kayak Harvard dan Stanford, punya pekerjaan bagus dengan gaji tinggi, lalu bisa piknik ke luar negeri sebulan sekali. Hal-hal besar yang terlihat butuh banyak sekali waktu dan pengorbanan untuk mencapainya. Seakan-akan kalau mau bahagia, kita harus siap menderita terlebih dahulu sebelumnya.

Ya nggak salah sih mikir kayak gitu. Tapi kok ya sedih banget rasanya, mau bahagia aja kok susahnya minta ampun hadeehh.

Dan seringnya, gara-gara sibuk mengejar hal-hal besar yang kita anggap bisa bikin kita bahagia tadi, kita sering lupa kalau hal-hal kecil juga sebenarnya bisa membuat kita bahagia. Eh seriusan!

Iya, iya banyak uang itu enak, tapi pernahkah kalian ngerasa bahagia gara-gara hal kecil kayak pas dengar kawan kentut keras terus dia dengan PD bilang kentutnya nggak akan bau karena keluarnya bunyi, eh jebul ternyata kentutnya bau. Atau pas kebangun di pagi hari sebelum alarm bunyi dan setelah liat jam ternyata masih punya waktu untuk ngelanjutin tidur lagi~

Aslinya, kalau kita perhatikan, ternyata kalau mau bahagia itu ya gampang, nggak usah nunggu atau menderita dulu karena banyak sekali hal-hal kecil di sekitar kita yang sebenarnya bisa membuat kita bahagia.

Kalau nggak percaya, Mojok Institute minggu ini membuat sensus mengenai hal-hal kecil yang sebenarnya selalu berhasil membuat kita bahagia~Barangkali kalian-kalian ini lupa bahwasanya manusia itu sebenarnya makhluk rendahan yang gampang sekali dibahagiakan.

Hasil Sensus

Iya, iya banyak uang itu enak, tapi pernahkah kalian bahagia hanya karena hal kecil kayak gini?

Nemu uang di saku celana

Meskipun tahu itu uang kita sendiri, rasanya tetap bahagia aja apalagi nemu uangnya pas tanggal tua ketika kita lagi kere-kerenya… Satu-satunya hal yang kepikiran pas nemu uang di saku celana adalah kebahagiaan bahwa kita masih akan bisa makan beberapa hari ke depan. Di saat itulah kita bisa dengan lantang bilang say no to Promag!1! EUREKA!!1!

Ketiduran

Habis cape banget ngerjain sesuatu terus tiba-tiba ketiduran, aaaaah rasanya seperti kehilangan semua beban yang saat itu sedang dirasakan. Enaak~

Baca juga:  Sulitnya Jadi Bahagia di Hari-Hari Seperti Ini

Makan Indomie + Telor + Cabe Rawit Pas Hujan

Tidak ada kata yang bisa menggambarkan kebahagiaan ketika bisa menyantap indomie telor + cabe rawit pas hujan—apalagi makannya sambil nonton film/drama korea dengan lampu yang sedikit redup. Sungguh syahdu dan membuat kita ingat firman Allah yang bunyinya MAKA NIKMAT MANA LAGI YANG KAMU DUSTAKAN??

Direspon Cepat Pas Nge-chat Orang

Baik itu pas lagi kangen, kesepian, atau pas lagi butuh bantuan orang, ketika kita ngechat dan beberapa detik kemudian orangnya tiba-tiba online, terus typing adalah salah satu kebahagiaan yang tidak ada duanya. Apalagi kalau pas lagi kangen atau kesepian itu orang yang kita tunggu yang tiba-tiba inisiatif ngechat duluan :3

Kalau Kita Cerita, Didengarkan dengan Baik

Pas kita cerita, nggak diinterupsi, nggak dihakimi, dan nggak dibanding-bandingin masalahnya sama apa yang pernah dia (orang yang kita ajak cerita) lalui adalah hal yang bikin kita bahagia. Apalagi kalau didengerinnya dengan antusias dan nunjukin kalau orang yang kita aja cerita ini benar-benar peduli sama kita~

Di-notice Si Doi

Habis update story terus si doi (orang yang kamu suka) ngereply storymu dengan sesuatu yang bikin kamu ketawa-ketawa. Memikirkan ternyata dia melihat dan mengakui eksistensimu membuat kamu mau nggak mau merasa punya harapan. Dan itu tuh rasanya kayak diajak terbang ke awan uwuwuwu~

Ada yang Ketawa dengan Jokes Receh yang Kita Keluarkan

Meskipun kita tahu kalau selera humor kita ambyarr, tebak-tebakan kita seringnya ramashook, tapi ketika tahu kalau masih ada aja orang bego yang ketawa mendengar kerecehan jokes-jokes yang kita keluarkan, itu tuh rasanya bahagiaaaaaa banget.

Mendengar Bunyi Klik Rice Cooker

Bunyi kebahagiaan nomor 2 di dunia (nomor 1 nya sudah pasti suara si doi) adalah bunyi klik rice cooker yang menunjukan bahwa nasi putih pulen panas suda siap disantap (yang meskipun cuman pakai tambahan lauk seadanya) nikmatnya tidak terkira apalagi pas kita lagi lapar-laparnya. True story nichh~

Ditelpon Teman Terus Ngobrol Lama

Pertemanan yang menyenangkan adalah teman yang meskipun tidak bersapa atau berkabar lama tapi tetap bisa melanjutkan pembicaraan yang asyik seolah-olah baru kemarin saling bertemu. Tidak ada marah-marahan karena tahu kalau semua orang punya kehidupan dan kesibukannya masing-masing. Ini adalah jenis pertemanan terbaik yang selalu berhasil membuat kita bahagia ketika punya kesempatan buat ngobrol lama-lama. Mantippppp!

Baca juga:  Hidup Bahagia Seperti Luna Maya Menjauhkanmu dari Diet yang Menyiksa

Lihat video kocheng lucu

Kalau harimu sedang buruk, mampir lah sebentar ke akun-akun kocheng lucu. Siapa sich yang nggak merasa bahagia setelah lihat video kucing?? Cuman manusia tanpa hati yang hatinya tidak tergerak jadi bahagia ketika lihat tingkah polah kucing!1!

Lihat Orang Terdekat Kita Ketawa

Membicarakan hal-hal tidak penting lalu ketawa-ketawa bersama dengan orang terdekat kita khususnya keluarga juga jadi salah satu momen sederhana yang selalu sukses bikin kita bahagia.

Apalagi kalau ibuk/bapak kita cerita tentang kelakuan kakak kita yang nggak dibukain pintu sama istrinya gara-gara habis beli PS4 secara rahasia. Atau cerita tentang anak tetangga yang baru nikah sama orang sukses kaya raya lalu pengin kita mengikuti jejaknya. Eh kalau itu sih malah nambah tekanan ding, bukan nambah kebahagiaan hehe.

***

Jawaban terbaik:

Seperti biasa, ini adalah tiga jawaban terbaik yang berhak mendapatkan hadiah dari Mojok Institute

Cahyardp Geli pas ngurek-ngurek kuping pake katen bat 😂
Lilis Khusniati‏ Nahan pintu di tempat umum buat seseorang di belakang kita dan orangnya bilang terima kasih dg ramah aja udh bikin aku bahagia
Achmad Baiquny Tiduran di kasur yg sprei sama sarung bantalnya baru diganti, lebih membahagiakan dibanding dunia seisinya.

Baca tulisan di Mojok

Hal kecil terkahir yang bisa bikin kamu bahagia, dan kami anak Mojok juga bahagia adalah membaca tulisan  yang tayang di Mojok!!1!

Lha nggak bikin bahagia gimana, kami di sini berusaha sekuat tenaga (((menyajikan))) tulisan-tulisan satir jualan agama yang bisa membuat kalian ketawa.

Kalian pikir kami nulis tiap hari itu buat siapa hah??? Ya tentu saja buat kalian supaya kalian bahagia lah. Kan kalau kalian udah bahagia, kalian bakal jadi pembaca setia yang rajin share, komen, dan subscribe. Lalu kami kecipratan bahagianya karena satu page view dari kalian akan membantu kami menaikan gaji ranking alexa 🙂 karena bagi kami, sebaik-baik kebahagiaan adalah harta, tahta, dan alexa~

Kalau kamu pengin bikin kami dan orang lain bahagia, SEBARKAN TULISAN INI, JANGAN BERHENTI DI KAMU!11

  • 244
    Shares


Tirto.ID
Loading...

No more articles