Gamelan Jogja Dijauhi Anak Muda Daerah Sendiri karena Dianggap Mistis tapi Diminati di 7 Kota Prancis

Ilustrasi gamelan (Mojok.co)

Di Jogja, anak muda dan orang awam kerap membicarakan gamelan dengan konotasi mistis dan magis. Di sisi lain, gamelan Jogja justru dinanti di Prancis.

Sudaryanto, pegiat komunitas gamelan Jogja Gayam 16, mengungkapkan keresahannya mengenai alat musik tradisional yang sering dikait-kaitkan dengan pengalaman mistis. Baginya, gamelan memang alat musik yang sakral.

“Memang di awal kehadiran gamelan itu sebagai sarana meditasi dan sarana ibadah bukan untuk hiburan. Tapi itu hanya media saja, bukan tujuan utamanya,” katanya kepada Mojok, Minggu (21/4/2024).

Menurutnya banyak mitos yang menyelimuti gamelan Jogja. Seperti halnya cerita seputar suara gamelan tengah malam. Ia sering mendengar bahwa itu dianggap penanda bahwa seseorang sudah diterima untuk tinggal di Jogja Mengenai itu, Mojok pernah membuat liputan Mengungkap Mitos Suara Gamelan Tengah Malam di Jogja.

Hal semacam itu menjadi tantangan lantaran orang kemudian menganggap gamelan menjadi sesuatu yang keramat. Anggapan semacam ini membuat anak muda menjauh dari instrumen musik tradisional ini.

Lelaki yang juga lama berkecimpung di Festival Gamelan Yogyakarta ini mengaku cara memposisikan gamelan sebagai sesuatu yang sakral, jika berlebihan, justru membatasi anak muda untuk menyukainya. “Baik secara organologi maupun secara musikal,” tuturnya.

“Anggapan klenik itu membentuk pikiran seseorang bahwa gamelan itu harus mistis, kudu prihatin, begitu-begitu,” imbuhnya tertawa.

Gamelan Jogja dianggap mistis di tempat sendiri tapi banyak peminat di Prancis

Saat anggapan mistis itu menyelimuti anak muda Jogja, lawatan Sudaryanto dan tim komunitas Gayam 16 ke Paris dan beberapa kota di Prancis pada 3 Maret hingga 5 April 2024 lalu justru mendapat sambutan. Ia melihat bahwa di Prancis, baik komunitas seniman maupun awam punya ketertarikan dengan musik etnik ini.

Sudaryanto bersama lima anggota Gayam 16 mendarat di Barcelona, Spanyol. Lalu melakukan tur dari Prancis Selatan menuju berbagai kota lain di Negeri Mode tersebut.

pementasan gamelan jogja.MOJOK.CO
Komunitas Gayam 16 bersama Koa Art Collective saat pentas di Prancis (Dok. Sudaryanto)

Mereka datang berkat kolaborasi dengan Koa Art Collective, sebuah kolektif seni di Prancis, yang kebetulan beberapa tahun lalu pernah melakukan lawatan ke Indonesia. Tur Gayam 16 membawa gamelan Jogja di Prancis 2024 ini merupakan yang kedua setelah 2021 silam.

“Relasi dengan kolektif Koa dan komunitas seni di Prancis sebenarnya sudah lama terjalin berkat alm Pak Sapto Raharjo (seniman gamelan),” kata Sudaryanto.

Pada kunjungan 2024 ini, Sudaryanto dan rekan-rekannya melakukan workshop dan pementasan di Kota Montpellier, Carcassone, Avignon, Marseille, Paris, hingga Touluse. Saat pementasan, menurut Sudaryanto, audiens yang hadir cukup beragam. Mulai dari kalangan anak sekolah, umum, pegiat seni, hingga komunitas WNI di Prancis.

“Secara umum mereka itu tertarik dengan gamelan. Sambutannya hangat. Mereka tertarik karena mungkin sudah bosan dengan musik western, yang etnik seperti gamelan jadi menarik perhatian,” terangnya.

Suaranya menarik perhatian walaupun banyak yang belum kenal dengan Indonesia

Saat melakukan workshop di berbagai kota, Sudaryanto menemukan fakta menarik. Ia mendapati, banyak anak sekolah di tingkatan dasar hingga menengah yang bahkan belum mengenal Indonesia.

Jika bicara negara Asia Tenggara dan sekitarnya, mereka lebih familiar dengan Bangkok Thailand, Vietnam, dan Australia. Sehingga, para anggota komunitas Gayam 16, sebelum mengenalkan gamelan Jogja, lebih dahulu memberikan pemahaman tentang budaya Indonesia.

Selama di Prancis, Sudaryanto juga mengaku menemukan berbagai fakta menarik. Sebenarnya, gamelan sudah eksis lama dibawa oleh komunitas Indonesia yang ada di sana. Namun, sebagian kondisinya tak terawat dengan baik.

“Bahkan, ini boleh tidak percaya, tapi perawatan gamelan di Indonesia dengan di Prancis yang punya empat musim itu berbeda,” terangnya.

Menurutnya, gamelan di Prancis juga perkembangannya belum semasif di beberapa negara lain seperti Amerika Serikat, Inggris, dan Belanda. Namun, lawatan kedua komunitas Gayam 16 ke Prancis ini baginya menyadarkan bahwa potensi peminat alat musik tradisional ini sebagai hiburan cukup besar. Di Indonesia, salah satu pekerjaan rumah besarnya adalah membongkar sekat kemistisan agar anak muda lebih bisa dekat dengannya.

Penulis: Hammam Izzuddin

Editor: Agung Purwandono

BACA JUGAPengrawit Mengungkap Misteri Suara Gamelan Tengah Malam yang Didengar Warga dan Pendatang di Jogja

Ikuti artikel dan berita Mojok lainnya di Google News

Exit mobile version