Film yang bisa memberikan pengalaman baru
Sebagai penikmat film, terutama yang bergenre slice of life, Budi Pekerti benar-benar memberikan pengalaman baru dalam menonton film Indonesia. Bahkan selama hidup, saya hanya satu kali pernah dibuat sangat terpengaruh oleh sebuah karya film maupun drama. Dan, drama yang saya maksud adalah drama Korea, My Mister. Lee Sun Kyun, yang ternyata negatif narkoba membintangi film tersebut.
Apa yang saya rasakan saat melihat Park Dong-hoon, itu pula yang saya rasakan saat melihat Bu Prani. Tanpa mengumbar banyak kata, baik Park Dong-hoon maupun Bu Prani, sama-sama berhasil membuat saya turut merasakan ketidakadilan hidup yang mereka alami. Meski sampai menangis meratapi getirnya hidup mereka, namun pada saat yang sama, kedua tokoh fiksi itu juga memberi saya inspirasi atas ketegaran dan keteguhan dalam memegang prinsip hidup.
Khusus Budi Pekerti, saya tidak hanya menangis saat adegan-adegan tertentu, tapi full menangis dari tengah sampai akhir film. Terlalu banyak pesan-pesan metaforik yang disampaikan Wregas dalam Budi Pekerti yang membuat saya berpikir ulang tentang kedirian pribadi, keluarga, dan kita semua sebagai warganet.
Apa sih yang terpenting dalam kehidupan media sosial sekarang ini? Apakah memaksakan kebenaran versi kita sendiri sehingga kehilangan empati? Apakah memaksakan kebenaran versi kita sendiri sehingga kita kehilangan welas asih?
Dinamika yang tergambarkan dengan jelas
Budi Pekerti seolah mengingatkan kita kembali sesuatu yang penting. Misalnya, kita sering memaksakan kebenaran versi sendiri. Bahkan, kita sampai menghalalkan segala cara di ruang digital itu. Jika perlu, kita sampai melakukan pelanggaran privasi. Yang penting “saya (tampak) benar”. Bodo amat bagaimana kehidupan orang lain yang kita buat viral. Di sini, kata-kata Muklas yang diperankan oleh Angga Yunanda menjadi sangat relevan, “… bagi wong liyo iki mung sak notifikasi.”
Wregas Bhanuteja berhasil menggambarkan dinamika sebuah kasus yang viral dengan sangat kompleks, tapi tetap rapi. Masalah yang timbul dari kasus yang viral ternyata bisa sangat berlapis. Efek domino dari keviralan tersebut ternyata bisa lebih mengerikan dari yang bisa kita bayangkan. Dia mengangkat realitas yang tidak semua warganet bisa sadari, termasuk diri saya sendiri.
Pada titik tertentu, saya merasa tertipu oleh Budi Pekerti. Di saat saya berpikir Bu Prani sudah mengambil langkah yang benar, ternyata langkah yang dirasa benar itu belum tentu sepenuhnya benar.
Itulah dilema “perang udara” di media sosial yang jarang kita sadari. Langkah yang kita anggap sebagai usaha untuk menyampaikan kebenaran, ternyata bisa menjadi salah dan berdampak buruk bagi orang lain. Di media sosial, kebenaran saja bisa berubah menjadi provokasi, apalagi konten rekayasa yang sengaja dibuat untuk menjatuhkan?
Film Budi Pekerti memaksa saya untuk berpikir ulang
Budi Pekerti benar-benar memaksa saya untuk berpikir ulang tentang perilaku bermedia sosial selama ini. Sedikit atau banyak, saya juga pasti pernah menjadi warganet sotoy yang tidak memikirkan dampak komentar saya.
Saat saya berpikir bahwa satu komentar dari saya mungkin tidak ada artinya dibanding jutaan komentar warganet lainnya, satu komentar itu mungkin menambah tekanan yang menyulitkan hidup orang yang menjadi sasaran. Kita mungkin hanya merasa menghujat satu kali, tapi bagi orang yang bersangkutan itu adalah hujatan yang dia terima berkali-kali.
Perenungan yang sama mungkin membuat banyak penonton selain saya tak kunjung beranjak dari kursinya saat film ini berakhir. Semua orang diam menyaksikan credit title yang berjalan, seolah terhipnotis oleh adegan suapan bakso dan gambaran Kali Progo yang terasa meluluhlantakkan hati. Rasanya seperti ingin tetap duduk di situ untuk menangisi nasib Bu Prani.
Tahun ini, tidak ada film yang lebih sedih dari Budi Pekerti. Sekalipun film ini digarap dengan sangat artistik, tapi sepertinya ia tidak ditujukan untuk menghibur. Alih-alih menjadi film yang menghibur, Budi Pekerti menjadi sejenis film yang memantik kita untuk berdiskusi dan berkaca pada diri sendiri.
Terakhir, saya ingin mengucapkan terima kasih kepada Wregas Bhanuteja. Dia telah berhasil mempersembahkan karya yang pedih, tapi indah ini.
Tabik!
Penulis: Lya Fahmi
Editor: Yamadipati Seno
BACA JUGA Film Horor Indonesia Semakin Menistakan Budaya Jawa dan analisis menarik lainnya di rubrik ESAI.