• 11
    Shares

MOJOK.CO Gimana sih cara supaya nggak mudah ngantuk setelah makan siang? Padahal kan kerjaan masih banyak~

Sebagai seorang yang bukan pengangguran (iya iya, biasa aja!) dengan jam kantor yang seperti kebanyakan masyarakat pada umumnya, yakni dari pagi hingga sore hari. Maka jam makan siang menjadi oase di tengah suntuknya pikiran. Rasa-rasanya ketika jam ini datang, semua jenis makanan pengin dilahap untuk memuaskan hasrat dalam diri. Selain itu, jam makan siang juga bisa jadi pilihan aktivitas untuk menyegarkan pikiran setelah terlalu fokus dengan pekerjaan.

Namun, saya yakin. Pasti banyak diantara kamu sekalian, yang mudah ngantuk dan tidak lagi bergairah untuk bekerja setelah menyantap makan siang. Ayooo, ngacung!

Ya. Saya sering mengalami itu. Setelah makan siang, pengennya bobo aja di kamar kantor sambil ndusel-ndusel guling dan nyalahin kipas angin. Sungguh sebuah surga duniawi. Memang, tidak ada yang lebih mewah dari setelah makan, selain dapat tertidur pulas tanpa ada gangguan.

Oke. Itu menyenangkan. Namun menyesatkan. Gairah ingin tertidur tidak bisa dibiarkan begitu saja. Harus kita atasi dengan baik supaya tidak menganggu aktivitas selanjutnya.

Begini, supaya nggak mudah ngantuk setelah makan siang, ada beberapa hal yang dapat kita lakukan.

Pertama, tidak makan siang dengan jumlah yang keterlaluan. Iya, paham kalau kamu emang kelaparan berat. Tapi ya nggak usah kemaruk juga sih. Semua-muanya kok pengin dilahap habis. Selain nggak baik buat kantong, makan terlalu banyak juga membuat perutmu merasa begah. Yang terjadi kemudian tentu saja, pengin gegoleran sampai jam pulang tiba.

Baca juga:  Penyebab Perempuan Berkumis Tipis yang Sering Bikin Nggak PD

Jadi, cukup makan sedikit saja dengan makanan yang tinggi serat dan protein tentu saja. Jangan kebanyakan karbohidrat, ya. Supaya kenyang, tambah camilan sebelum dan sesudah makan. Inget, bukan gorengan—kalau ini mah, sama aja. Tapi, pilih buah-buahan dan kacang-kacangan saja.

Kedua, menyempatkan sarapan. Supaya kamu nggak makan dengan tamak. Salah satu yang dapat kamu lakukan untuk mencegahnya adalah dengan sarapan di pagi hari. Biar sempat sarapan, jadi bangunnya jangan kesiangan, ya. Sarapan bakal membantumu tidak kelaparan di tengah hari. Jadi, kamu tidak perlu makan terlalu banyak, sehingga nggak mudah ngantuk.

Ketiga, minum kopi. Kopi memang sering menjadi solusi instan supaya nggak mudah ngantuk. Pasalnya, kopi memang dapat berfungsi untuk membakar kalori dengan baik setelah kita makan. Namun yang pasti, ini bukan kopi yang ditambah dengan gula dan susu ya, Gaes. Kalau ditambah yang manis-manis kayak gitu, ya sama aja bohong. Yang ada, malah kamu makin merasa kekenyangan lalu tertidur pulas.

Keempat, jangan mager. Dengan teknologi Gofood, kebutuhan kita untuk makan memang dapat teratasi dengan baik tanpa kita harus pergi dari kantor, ya. Apalagi harus berpanas-panasan mencari makan. Sepertinya sudah tidak perlu lagi. Tapi justru itu bakal membuat kita semakin gampang mengantuk setelah makan. Nah, solusi supaya nggak mudah ngantuk adalah dengan bergerak. Jadi, jangan terus-terusan mengandalkan jasa Gofood. Kamu perlu berjalan ke luar kantor untuk membuat tubuhmu bergerak, Sayang. Ini akan membantu sirkulasi darah dan oksigen dalam tubuhmu berjalan dengan baik. Lagian, badan juga bakal semakin capek kali, kalau cuma duduk doang seharian. Berjalan-jalanlah, siapa tahu bisa sambil flirting ke gebetan, dengan ngajakin dia makan siang barengan.

Baca juga:  Mandi di Malam Hari Beneran Bikin Rematik Nggak, Sih?

Jadi gitu ya, Gaes. Gampang banget, kan? Oh ya, jangan lupa banyak-banyakin minum air putih. Nggak perlu minum air yang harganya mahal. Air galon gratisan di kantor udah cukup kok, buat bikin kamu bugar dan nggak dehidrasi. Oke?

  • 11
    Shares


Tirto.ID
Loading...

No more articles