MOJOK.CO Maaf, walau tulisan ini isinya rekomendasi film Ramadan, tapi nggak akan ada film religinya. Karena pada dasarnya, hidayah bisa datang dari mana saja asal kalian jeli.

Kami memahami betapa kalian kangen ngabuburit dan mengunjungi kampung Ramadan sementara saat ini sedang ada pandemi. Akhirnya kegiatan buat ‘nyari sore’ teralihkan ke aktifitas online dan bertatapan lagi sama layar lapotop atau ponsel. Hadeeeh, walau bosan tapi mau gimana lagi?

Untuk itu sebagai penyebaran, mari saya bisikin beberapa rekomendasi film yang secara tidak sengaja mampu memberikan hidayah di antara berbagai musibah di bulan Ramadan ini. Film-film inim emberikan sebuah nasihat terselip yang mungkin luput kalian pahami.

Rekomendasi Film Ramadan #1 Joshua Oh Joshua

Nggak perlu lah kalian melihat Joshua yang sekarang lalu membandingkan keimutannya dengan Joshua zaman kecil dulu. Pubertas memang bisa mengubah seseorang. Yang kalian kenal masih Joshua yang sama kok, yang nyanyi lagu, “Sirik itu namanya, sirik tanda tak mampu!” dengan mantap dan menampar-nampar hati nurani. Ada juga lagu syukur kepada Tuhan, ibu, dan bapak yang jelas menambah ketebalan iman.

Film ini mengajarkan kita tetap sabar walau jadi sobat missqueen yang nyaris nggak bisa makan. Tetap jadi pribadi yang jujur dan kepikiran kriminal walau cari uang susahnya minta ampun. Yang jelas, Joshua Oh Joshua juga bikin kitatetap tagr walau kedinginan dan dikunciin ibu tiri dari dalam rumah.

Baca juga:  5 Tips Tes CPNS yang Patut Kamu Lakukan untuk Menjadi Abdi Negara

Rekomendasi Film Ramadan #2 Ada Apa dengan Cinta?

Selain membuat kalian segar menatap Dian Sastro dan Nicholas Saputra, AADC? adalah film yang sarat makna. Lihatlah sosok Rangga yang tetap cuek dan pendiam meski dia adalah anak pintar yang otaknya encer.

Nggak kayak temen sekelas kalian itu lho yang tiap baca buku diupload duluan di medsos, koar-koar kalau aktif di perjuangan kelas sosial, dan suka retweet apapun yang dicuitkan Bang Bhaga dan Ananda Badudu. Rangga adalah sosok humble yang akhirnya ketemu Cinta sebagai antitesis dirinya, separuh hatinya yang selama ini belum lengkap.

Rekomendasi Film Ramadan #3 Final Destination

Saya ingat betul kalau film ini adalah film pertama yang bikin saya ingin ibadah terus menerus sebelum saya mati. Parno yang dihasilkan dari film Final Destination adalah nyata. Ketakutan bisa benar-benar menyentuh relung hatimu dan berbisik dengan mesra: kamu lemah, berlindunglah pada yang Maha Kuat.

Sungguh masuk akal jika kalian menonton ini di bulan Ramadan, selain bakal membuat lupa akan lapar dan haus, Final Destination benar-benar membuat kita terasa dekat dengan ajal. Tapi tolong dijaga jangan sampai muntah-muntah ya, Lur.

Rekomendasi Film Ramadan #4 The Double

Saya kasih tahu buat kalian penyika film absurd, karena yang satu ini layak dicoba. Terutama buat kalian yang mendalami teori konspirasi tentang doppleganger penculikan Avril, Ahmad Dani, bahkan Menteri Terawan.

Baca juga:  Review Film Joker: Tokoh yang Dirampas Kemanusiaannya Sampai Tak Takut Lagi pada Apa-apa

Menonton ini mengajarkan pada kita bahwa di dunia ini banyak banget hal yang nggak masuk akal yang kalau makin dipikir kalian bisa makin gila. Untuk itu kita semua harus punya pegangan yang kuat yaitu iman. Ke mana lagi kita akan meminta pertolongan kalau nggak kepada Tuhan. Apalagi kalau musuhnya aneh-aneh begitu.

Rekomendasi Film Ramadan #5 Survival Family

Pada dasarnya manusia yang mempertahankan hidup itu hanya butuh dua faktor, makan dan minum. Untuk mencukupinya, secara sederhana kita bisa bercocok tanam dan beternak. Hal-hal lainnya adalah fana. Ponsel, uang, listrik, fashion, hingga gengsi itu sama sekali nggak ada artinya jika pertarungan hidup kembali ke soal makan atau mati.

Dengan kemasan yang begitu ringan, sutradara Shinobu Yaguchi bikin film yang bisa banget membuatmu makin rajin ibadah.  Kalian bakal meredefinisi hidup dan jatuh pada kesimpulan yang kalian dapat di ayat Al-Qur’an.

Dan tidaklah Aku menciptakan jin dan manusia melainkan untuk beribadah kepada-Ku (saja)” (QS. Adz-Dzaariyaat: 56).

Rekomendasi Film Ramadan #6 Grave of the Fireflies

Yang bilang film kartun cuma buat anak kecil sini tak sliding pankreasnya! Grave of the Fireflies bercerita tentang seorang kakak yang begitu sayang sama adiknya. Kalau sampai ada yang nggak nangis nonton film ini, entah secuek apa kalian sama society.

Film ini bikin kita memaknai hubungan kekeluargaan dan kasih sayang. Mumpung kalian masih punya orang tua, saudara, dan sanak famili tolong jangan saling menyakiti. Tetaplah tegar walau diserang pandemi sebrutal apa pun. Film ini sekaligus bikin kita buat rajin-rajin bersedekah. Masih banyak orang nggak beruntung yang susah payah melewati hari demi hari.

Baca juga:  Beneran Nggak Sih Komunis Cina Batasi Umat Islam Beribadah di Negaranya?

Rekomendasi Film Ramadan #7 Knives Out

Konfliknya klasik; rebutan warisan. Tapi nyatanya ini relate bagi semua keluarga. Harta terkadang bisa membutakan. Bikin kita kalap dan melakukan segala cara demi ngasih makan keserakahan yang kita pelihara sendiri. Kondisi kayak gini nggak bisa dibiarkan. Mbok eling, uang nggak dibawa mati. Hmmm~

Nurani kalian perlu disadarkan dengan nonton film Knives Out yang asyik sekali diikuti dari awal hingga akhir. Pada akhirnya orang yang nggak gila harta memang yang harusnya dimenangkan dari segala pertarungan. Tapi siapa sih yang sebenarnya gila harta? Kadang ada yang pura-pura nggak butuh uang padahal aslinya mata duitan. Nah kan, coba introspeksi dari sekarang.

Tonton semua list di atas dan kembali lagi ke kolom komentar buat menagih rekomendasi film selanjutnya. Saya akan selalu di sini, memberi pencerahan terhadap tontonan kalian. You’re welcome.

BACA JUGA 10 Rekomendasi Film Netflix buat Pelengkap Rebahan Akhir Pekan atau artikel lainnya di LIST.