MOJOK.CO Kalau dipikir aneh betul orang beli rokok mahal-mahal cuma buat dibakar. Lha iya, ternyata banyak juga kegiatan nggak masuk akal begitu.

Ada kalanya hidup ini makin berat kalau makin dipikir. Nggak semua perkara harus kamu ketahui secara mendetail karena pada dasarnya kemampuan otak manusia juga nggak sebegitu istimewa.

Berawal dari celetukan Kepala Suku Mojok di Twitter tentang betapa kocaknya profesi penulis, menghabiskan berbulan-bulan hanya demi membuat satu buku. Padahal dengan uang Rp100 ribu aja, kita udah bisa belu buku, ngapain bikin susah-susah? Setali tiga uang, hal berikut sungguh terasa sia-sia kalau kalian begitu memikirkan logikanya.

Kegiatan nggak masuk akal #1

Beli rokok mahal-mahal cuma buat dibakar. Yang bikin heran, orang tetap melakukannya dan nggak kapok-kapok. Sebungkus rokok biasanya dua puluh batang, dan setiap batang yang dibakar oleh perokok terasa tidak menghasilkan penyesalan apa pun. Habis sebatang, bukannya sadar kalau perbuatannya nggak masuk akal, malah diulangi lagi. Begitu terus sampai dua puluh kali dan akhirnya beli sebungkus lagi.

Kegiatan nggak masuk akal #2

Pemain bola susah-susah dapetin bola cuma buat dioper ke temannya, lagian daripada rebutan kan mending beli sendiri-sendiri. Mana kegiatan memperebutkan bola ini jadi ajang gengsi internasional lagi. Kurang kaya raya apa pemain-pemain bola kayak Messi dan Ronaldo. Mereka udah bisa beli bola sendiri, tetap datang ke lapangan buat rebutan lagi. Nggak masuk akal kan?

Kegiatan nggak masuk akal #3

Penjual nasi goreng dan nasi uduk ini ngapain sih jualan nasi demi mendapatkan sesuap nasi? Padahal mereka udah punya nasi dan bisa kenyang karena makan nasi buatannya sendiri. Tapi positif thinking aja mungkin mereka jualan nasi karena sehari-hari makan oats.

Baca juga:  Pertanyaan-pertanyaan Konyol yang Mewakili Kerecehan Hidup Kita

Kegiatan nggak masuk akal #4

Atlet basket nih kocak banget, udah tau ring basket bolong, bolanya tetep dimasukin. Bahkan ngedapetin bolanya juga pakai konteks rebutan dulu. Kadang sampai pakai beragam trik dan tipuan. Semua itu dilakukan demi apa? Demi bisa masukin bola ke ring yang bolong sehingga bolanya jatuh lagi dan diperebutkan lagi.

Kegiatan menyenangkan tapi nggak logis #5

Membeli kembang api buat diledakkan. Beli mahal-mahal malah dihancurkan jadi abu. Kenyang pun tidak. Yang ada justru kaget karena suaranya menggelegar. Mana kadang-kadang harus main petak umpet sama sama pak RT karena di kampungnya nggak boleh menyalakan kembang api.

Kegiatan nggak masuk akal #6

Banyak orang jual recehan demi dapat uang. Padahal recehan juga uang, bosku! Mulai dari jasa tukar uang receh sampai yang jualan receh-receh kuno. Perjualbelian uang ini sungguh nggak masuk akal karena intinya ini sama saja barter. Uang ditukar uang, bukan benda dijual dan dibeli pakai uang. Nggak logis kan, coba deh dipikir.

Kegiatan nggak masuk akal #7

Penonton film horor rela banget bayar mahal cuma biar ditakut-takutin. Kadang justru semakin takut penonton, mereka bakal semakin senang dan rela bayar lebih mahal. Zaman sudah edan sekali kalau dipikir. Orang-orang kalau lihat hantu biasanya lari, yang ini justru rela bayar demi melihatnya. Setan emang udah nggak ada harga dirinya di mata manusia.

Baca juga:  Pertanyaan-pertanyaan Konyol yang Mewakili Kerecehan Hidup Kita

Kegiatan yang… sia-sia banget kalau yang ini #8

Tukang bangunan ngebangun rumah bagus-bagus, pas udah selesai ditinggal. Padahal susah payah mengaduk semen, bikin cor-coran, masang bata, sampai ngecat temboknya. Ketika rumah sudah begitu megah dan kokoh berdiri, si tukang lalu pergi dan pamit. Rumah pun ditinggali orang lain yang aslinya mereka nggak bisa bikin rumah sendiri. Hadeeeh.

Kegiatan nggak masuk akal #9

Beli sepatu mahal cuma buat diinjak-injak. Kadang harga sepatunya sampai puluhan juta. Setelah dibeli, si sepatu diinjak-injak dan dipakai jalan-jalan ke tempat yang berdebu. Padahal kalau dipikir, rasanya kita pun nggak rela kaki kita menginjak langsung tananh-tanah yang penuh kotoran itu. Manusia memang kadang bikin sengsara diri sendiri dengan cara yang ‘antik’.

Kegiatan nggak masuk akal #10

MUA beli makeup sebegitu banyak malah buat mempercantik orang lain. Biasanya orang beli makeup buat dandan biar kelihatan cantik atau ganteng. Tapi MUA beli makeup sebegitu banyaknya malah buat merias orang lain. Saat merias mereka juga cuma pakai masker dan nggak pakai makeup-nya. Lucu sekali, kisanak.

Banyak sekali kegiatan manusia yang sungguh terhitung sia-sia dan aneh kalau dipikir pakai logika. Untuk itu kami menyarankan agar kamu tidak usah kebanyakan mikir. Karena mikir tidak selalu jadi kegiatan yang mencerahkan.

BACA JUGA 5 Makanan yang Punya Efek Setara Narkoba atau artikel lainnya di LIST.




Tirto.ID
Loading...