MOJOK.CO Sebelum kalap melahap berbagai jajanan di meja ruang tamu sendiri, ada baiknya kalian mengetahui kalori kue lebaran. Kalau udah kebanyakan, kami kasih tahu solusinya.

Belum banyak yang tahu kalau cuma mengonsumsi kue lebaran aja bisa setara makan satu piring nasi ayam. Inilah yang akhirnya bikin lebaran bermakana lebar-an alias tubuh jadi makin lebar. Kebanyakan ngemil sih!

Mari bersama-sama menghitung kalori kue lebaran dan solusinya ketika kalian terlanjur makan terlalu banyak. Mantap lah biar nggak dibilang gendutan usai lliburan.

Kalori kue lebaran #1 Nastar

Meskipun isinya selai nanas, jangan tertipu. Kue nastar sebenarnya punya kandungan tepung dan mentega yang nggak kalah dominan. Meski kue ini sering jadi korban tebakan, “Siapa penyanyi dangdut yang laris saat lebaran? Yak, nastar KDI!” tapi jangan salah kalian perlu olahraga jalan cepat selama 1,5 jam demi menghilangkan kalori setiap 10 buahnya.

Kalian bisa berjalan cepat dari perempatan Kentungan ke Tugu Jogja lalu muter-muter di Alun-alun Kidul dua kali. Niscaya pengkor itu kaki.

Setiap 50 gram atau kurang lebih 10 buah kue nastar mengandung 512 Kkal atau hampir setara dua porsi nasi+ayam goreng. Mantap bukan?

Kalori kue lebaran #2 Putri Salju

Penampakan kue yang satu ini memang gemas. Kuenya berbentuk bulan sabit yang ditabur gula halus putih. Rasanya sulit menahan jari-jari ini untuk tidak meraihnya. Jika rata-rata berat kue putri salju per buahnya 6 gram saja, si putih ini sudah mengandung 22,5 Kkal. Kalau makan 10 buah, kalian sudah panen 225 kalori.

Baca juga:  7 Warna Urine untuk Mendeteksi Kesehatanmu

Pengin menghilangkan 22 kalori dari kue putri salju? Kami sarankan kalian menonton 2 film horor yang menyeramkan dengan durasi masing-masing film minimal 90 menit. Maka bebaslah kalian dari rasa bersalah karena dua film horor bisa ngilangin 226 Kkal. Defisit 1 Kkal lumayan lah.

Rekomendasi film horor: Evil Dead II dan Keramat.

Kalori kue lebaran #3 Kaastengels

Pencinta keju dan asin-asin nggak bakal bisa menolak harumnya kastengel kalau toples kuenya udah dibuka. Kaastengels adalah bentuk kejahatan berwajah manis karena setiap 10 biji kalian bisa panen 406 Kkal atau hampir setara satu porsi sup tom yam.

Tenang sahabat. Ada cara untuk membakar 406 Kkal itu yaitu dengan membaca buku sambil berbaring selama 7 jam. Baca ulang aja Bumi Manusia atau Max Havelaar. Tambah berbudaya sekaligus tambah langsing lah kalian~

Kalori kue lebaran #4 Apollo Roka Wafer Ball

Jajanan ini lumayan favorit walau bukan kue handmade. Sensasi cokelat manis dan wafer renyahnya memang bikin kita mengenang masa kecil saat jajan di warung. Jumlah kalori Roka memang nggak terlalu banyak kalau kalian juga nggak kebanyakan makannya. Setiap bungkus Roka mengandung 30 Kkal. Kalau makan lima biji dalam sehari maka surplus kalori sebanyak 150 Kkal.

Ada cara yang cukup asyik untuk terbebas dari surplus kalori dari Roka. Kami sarankan kalian mandi berendam selama satu jam sepuluh menit. Studi membuktikan kalau mandi berendam dengan suhu air 40 derajat celcius membantu membakar kalori dalam tubuh. Menyenangkan sekali, Lur!

Baca juga:  Kulit Ayam Goreng Itu Enak, tapi Nggak Baik-Baik Amat

Kalori kue lebaran #5 Rempeyek atau peyek kacang

Rempeyek kacang memang bukan kue yang dibuat dari tepung dan telur lalu dipanggang. Tapi jangan lupa kalau rempeyek ini bahan bakunya hampir sama, ditambah minyak buat menggorennya. Lengkap sudah. Rata-rata rempeyek kacang ukuran sedang mengandung 44 Kkal. Artinya kalau akan 10 rempeyek saja kalian bakal menimbun 440 Kkal.

Jangan keburu luweh, ingat misi kalian lebaran ini kan nggak ingin dibilang gendutan. Maka dari itu saya mau kasih cara bakar kalori yang ciamik setelah kalian melahap 10 buah rempeyek.

Caranya, pergilah ke tempat karaoke terdekat dan sewalah langsung 4 jam. Jika kalian menyanyi sambil berdiri satu jam saja kalian bisa bakar kurang lebih 140 Kkal. Kebayang kalau sampai 4 jam nyanyi sambil berdiri, kalian defisit kalori lebih banyak tuh. Goodbye lemak-lemakku!

Saya nggak cuma memaparkan masalah yang bakal kalian hadapi soal kegamangan melahap kudapan kue lebaran kok. Menghitung kalori kue lebaran itu bukan hal yang aneh. Justru saya juga memberikan solusi yang bagus kan? Nah kalau kalian jadi emosi dan bilang saya ngawur, itu juga sengaja karena makin emosi maka kalian makin bakar kalori lebih banyak lagi.

So, thank me later.

BACA JUGA Betapa Menjengkelkan Impaksi Gigi Geraham Bungsu yang Menguji Kedewasaan atau artikel lainnya di PENJASKES.