Resep Nasi Pizza, Solusi buat yang Telanjur Cinta Nasi tapi Pengin Masakan ‘Italy’

Artikel

Seto Wicaksono

Memiliki istri yang punya hobi masak menjadi berkah bagi saya. Pasalnya, dia selalu memberanikan diri untuk eksplorasi beragam masakan. Selama bahan dan bumbunya ada, pokoknya dia jabanin. Beberapa waktu yang lewat, misalnya, istri saya punya ide resep nasi pizza. 

Agak membingungkan memang. Pada dasarnya, pizza itu kan terbuat dari bahan dasar tepung. Lha kok ini pakai nasi? Memangnya bisa? Itu pertanyaan yang bergumul di pikiran saya.

Sampai akhirnya, istri saya berhasil meyakinkan dengan berkata, “Udah, percaya aja sama aku. Yang penting nanti jadi dan mudah-mudahan rasanya enak.”

Kala itu, saya sih oke-oke saja dan lanjut bertanya kepada istri, “Memang bahan-bahannya ada?”

“Ada, kok. Bahan-bahannya juga sederhana.” Kata istri saya.

Tidak lama setelahnya, ia langsung menyiapkan bahan-bahan untuk membuat nasi pizza. Berikut beberapa di antaranya:

  • Nasi putih (porsi: 1-2 piring, tergantung seberapa banyak yang ingin diolah)
  • Telur 2-3 butir (tergantung porsi yang akan dibuat)
  • Saus spaghetti
  • Sosis dan jamur kancing sebanyak 2-3 buah yang diiris, juga keju sebagai topping tambahan
  • Bawang bombay
  • Garam dan bumbu penyedap (bisa menggunakan kaldu rasa jamur)
  • Susu UHT full cream

Langkah pertama, pecahkan dan masukan telur ke mangkuk, lalu aduk hingga merata. Sertakan juga garam (baiknya ditabur sedikit demi sedikit agar tidak terlalu asin) dan bumbu penyedap kaldu jamur sebanyak 2 sendok makan (atau menyesuaikan selera). Aduk hingga merata. Boleh ditambahkan 2-3 sendok susu UHT untuk menghilangkan bau amis yang berasal dari telur. 

Kemudian, masukan nasi ke dalam mangkuk telur, lalu aduk hingga merata. Masak nasi dan campurannya dengan api yang sedang. Bisa menggunakan margarin atau sedikit minyak goreng saja. Untuk ukuran atau seberapa besarnya bentuk nasi yang dimasak, kembali kepada selera masing-masing. 

Mau dibentuk bulat atau kotak sebesar piring sekaligus boleh. Mau dibuat kecil-kecil juga boleh. Pastikan nasi dan adonan telur yang sudah menyatu dimasak hingga matang.

Ketika dirasa sudah matang, tiriskan nasi yang sebelumnya sudah dimasak. Kemudian, siapkan saus spaghetti untuk dioleskan di atas nasi tersebut. Nggak perlu sampai lumer, secukupnya aja. Kalau kebanyakan nanti malah ada sensasi enek. Taburkan sosis dan jamur yang sudah diiris, juga keju yang sudah diparut atau dipotong berbentuk persegi panjang.

Untuk finishing nasi pizza, karena di rumah tidak ada oven, istri saya menggunakan teflon yang diberi alas saringan dandang berbentuk lingkaran dan datar untuk memanggang.

Pertama-tama, oleskan banyak margarin pada permukaan saringan dandang agar tidak lengket. Jika suhu sudah dirasa cukup panas, taruh adonan nasi yang sudah dilengkapi dengan topping di atas saringan dandang tersebut. Apinya tidak perlu terlalu besar. Tunggu sekitar 15-20 menit hingga topping terlihat sudah menyatu dan matang.

Sebagai alternatif, jika tidak ada oven di rumah, kalian bisa menggunakan cara serupa.

Resep nasi pizza ini sengaja saya bagikan sebagai alternatif menu makanan utama. Barangkali, diantara kalian ada yang sedang bosan makan makanan yang itu-itu saja. Apalagi, bahan-bahan yang dibutuhkan terbilang murah, mudah ditemukan, dan bisa dimodifikasi dengan bahan lain jika memang tidak ada bahan yang sama. 

Resep nasi pizza ini sekaligus solusi buat orang Indonesia yang nggak bisa lepas dari nasi. Pokoknya kalau belum makan nasi artinya belum makan. Ya sudah, terciptalah nasi pizza. Daripada harus makan nasi lauk pizza, yang ini lebih masuk akal.

Agar bisa mengira-ngira, berapa budget yang harus disiapkan untuk membeli bahan-bahannya, saya akan buatkan daftarnya.

  • Nasi, garam, serta bumbu penyedap saya asumsikan bisa pakai yang ada di rumah saja
  • Telur ½ kilo berkisar Rp11.500-Rp12.500 karena biasanya fluktuatif. Kalau beli satuan, bisa Rp1.500-Rp2.000
  • Saus spaghetti merek Del Monte yang pouch sekitar Rp7 ribuan di Alfamart atau Indomaret. Kalau lagi ada promo bisa sekitar Rp5 ribuan.
  • Sosis isi 3 Rp8 ribu, jamur kancing 250 gram Rp10.000-Rp17.000 tergantung merek, dan keju batangan sachet Rp4 ribuan, bawang bombay per-buah Rp2.000-Rp4.000 tergantung beratnya
  • Susu UHT full cream Rp2.800 ukuran kotak kecil.

Gimana? Relatif murah dan terjangkau, kan? Kebanyakan bahannya juga bisa didapat di warung atau minimarket terdekat. Semoga resep ini bisa jadi inspirasi bagi khalayak untuk lebih rajin memasak. Kalau mau dimodifikasi juga boleh, kok. Barangkali, bisa dijadikan juga sebagai ide untuk berwirausaha. Xixixi.

Photo by Buenosia Carol via Pexels.com

BACA JUGA 3 Kartun Tanpa Dialog yang Sukses Memecah Tawa di Balik Teknik Slapstick dan artikel Seto Wicaksono lainnya.

Baca Juga:  Cara Nagih Utang for Dummies yang Aman dari Ancaman UU ITE 

Terminal Mojok merupakan platform User Generated Content (UGC) untuk mewadahi jamaah mojokiyah menulis tentang apa pun. Submit esaimu secara mandiri lewat cara ini ya.

Pernah menulis di Terminal Mojok tapi belum gabung grup WhatsApp khusus penulis Terminal Mojok? Gabung dulu, yuk. Klik link-nya di sini.

---
3


Komentar

Comments are closed.