Bagi suku Jawa, nama mereka sangat identik dengan sukunya. Biasanya diawali suku kata “Su”—baik perempuan maupun lelaki. Katakanlah untuk nama perempuan misalnya Suharti, Sutami, Sulastri. Sedangkan untuk nama laki-lakinya adalah Sutrisno, Suharto, Subagyo, dll. Namun, apa jadinya meski punya nama berawalan “Su” yang identik dengan suku Jawa dimiliki oleh orang luar Jawa? Kebingungan untuk masuk komunitas daerah asal akhirnya menjadi dilema bagi mereka yang namanya nggak mempresentasikan suku tertentu.
Seperti kita pahami, nama berawalan “Su” yang diserap dari bahasa Sanskerta, bagi suku Jawa bermakna superlatif dari sangat, paling, ter. Misalnya, kalau Suharti atau Suharto bermakna paling berharta. Pendeknya, nama adalah doa sangat dipegang teguh oleh para orang tua suku Jawa. Dan saya pikir begitu pula dengan para orang tua di berbagai suku bangsa di Indonesia lainnya.
Namun, banyak pula di Indonesia, meskipun nama berawalan “Su”, tak mencerminkan suku dan daerah ia berasal. Nama saya contohnya, Suzan. Meski nama saya Suzan, tak berarti saya asli Jawa tulen, walau kakek dari almarhumah ibu saya memang asal Tegal, alias suku Jawa. Dan kalau dilihat, tak ada makna paling apa gitu dari “Su-zan”. Makanya saya nggak masuk dalam Ikatan Mahasiswa Tegal, misalnya. Hahaha. Lha wong saya juga nggak lancar bahasa Republik Ngapak.
Begitu pula saat saya mau masuk komunitas suku Betawi. “Yaelah, mana ada anak Betawi, namanya Suzan? Hahaha, baru ini aye denger orang Betawi nama kayak elu,” kata sang MC saat saya ikut lomba Pantun Betawi 2019 lalu. Padahal, kakek saya asli Betawi, Kampung Melayu, Jakarta Timur. KTP pun saat itu DKI Jakarta. Akhirnya, saya hanya masuk di grup Facebook Komunitas Pantun Betawi.
Saat saya mau masuk komunitas suku Melayu Palembang, lagi-lagi nama saya disangsikan berasal dari Palembang. Jelas-jelas akte kelahiran saya di Plaju, Palembang, Sumatera Selatan. Nenek dari almarhumah ibu saya asli Palembang, daerah Komering, suku Gunung Terang. Ya, memang sih, rata-rata nama-nama orang Palembang asli umumnya berawalan Masagus untuk bangsawannya atau misalnya berakhiran “din”, seperti Kafiudin, Nashrudin. Lah, kalau Suzan?
Lain waktu saya mencoba masuk komunitas suku Sunda. Syukurlah di komunitas suku Sunda saya bisa masuk dengan baik karena berakhiran nama Lesmana, lengkapnya Suzan Lesmana. Akhirnya. Kebetulan nenek dari ayah saya memang kelahiran Kabupaten Kuningan, Jawa Barat. Kuliah pun saya di Unpad, Bandung. Maka, lancarlah saya berkomunitas. Kabogohna oge Mojang Priyangan, uhuk.
Barangkali ada di antara pembaca yang mempunyai pengalaman yang sama dengan saya gara-gara nama yang membingungkan identitas suku dan daerah asal? Hehehe lumayan sih, ya membingungkannya?
Saudara, pada akhirnya saya pikir bagi yang bernasib sama dengan saya dan mengalami jalan hidup yang mirip, kita tak harus masuk dalam sebuah komunitas suku asal jika menginginkan identitas kolektif. Yang penting saat diajak berkomunikasi lancar dan paham sehingga komunikasi menjadi efektif. Ditambah dapat membawa diri dan menjaga adab/sopan santun dalam bergaul dan bersosialisasi, saya yakin kita diterima di semua komunitas. Mau itu komunitas suku, komunitas otomotif, komunitas hobi, dll.
Hal yang paling penting dari kehidupan berbangsa dan bernegara bukan menonjolkan primordialisme suku dalam perspektif sempit, tapi bagaimana primordialisme suku bangsa di Indonesia menguatkan nasionalisme. Ibarat negara adalah sebuah sistem, maka suku bangsa adalah sub sistem yang menunjang dan menopang tegaknya negara. Bismillah, asisten Mas Menteri!
BACA JUGA Katanya, Orang Betawi Masuk Surga Duluan dan tulisan Suzan Lesmana lainnya.