Hidup di desa nggak selamanya murah. Barangkali harga kebutuhan pokok memang lebih miring dibandingkan kota-kota besar. Bahkan beberapa bahan mentah bisa dihasilkan sendiri dengan bercocok tanam maupun beternak. Namun ada satu hal yang membuat hidup di desa jadi mahal, yaitu social cost–nya.
Yap, kalian nggak salah. Biaya bermasyarakat di desa memang lebih mahal dari orang perkotaan. Bahkan social cost ini bisa lebih tinggi dibandingkan biaya hidup sehari-hari masyarakat desa. Sebab orang desa memang nggak pernah main-main kalau menyangkut soal hajatan.
Daftar Isi
Orang desa gemar bikin hajatan
Orang desa masih memegang nila-nilai adat dengan kuat. Maka dari itu mereka lebih patuh untuk mengadakan selamatan sesuai tradisi turun-temurun yang diwariskan. Masalahnya, apa pun bisa diselametin. Nggak cuma kehamilan, kelahiran bayi, atau kematian. Punya barang baru atau weton saja diselametin, lho.
Untuk hajatan-hajatan kecil seperti selamatan tadi, ada budaya ninjau, yaitu mengunjungi kediaman pemilik hajat dengan membawa buah tangan. Buah tangan yang dibawa bisa sembako, bahan makanan, atau simpelnya amplop berisi uang.
Untuk sunatan dan pernikahan cenderung dibuat besar-besaran. Tamu undangannya buaaanyak banget. Bahkan bisa ngadain tanggapan wayang dan sebagainya yang makan waktu nggak cukup satu hari. Private party yang makin digemari anak jaman sekarang jelas nggak relate dengan budaya desa.
Sebenarnya nggak masalah kalau hajatan yang perlu dihadiri hanya ada sesekali saja. Repotnya kalau hajatan ini diadakan beruntun, terlebih saat bulan besar (Dzulhijah dalam penanggalan hijriyah), atau bulan dalam penanggalan Jawa yang dianggap baik untuk menggelar hajatan. Pasti banyak orang desa yang sambat karena banyak buwuhan dan jadwal rewangnya full.
Konsep ketumpangan yang bikin pusing
Di desa, orang punya pola pikir yang unik tentang pemberian. Kalau kalian ketumpangan buwuhan atau ninjau tadi, kalian harus memberikan hal yang sama sebagai upaya balas budi. Masalahnya, upaya balas budi ini terkadang terlalu dipaksakan.
Ketumpangan menjadi hukum tidak tertulis yang mewajibkan kita mengembalikannya. Minimal nilainya setara dengan pemberian yang pernah kita terima. Kalau nilainya lebih rendah atau malah lupa nggak mengembalikan, maka siap-siap jadi bahan omongan di belakang. Meskipun nggak semua orang desa seperti ini, ya. Padahal kondisi ekonomi setiap orang kan bisa naik turun.
Lucunya, terkadang ada orang yang sengaja suka bikin hajatan biar buwuhannya banyak. Hajatan paling aneh yang pernah saya ketahui adalah ulang tahun secara besar-besaran, pakai terop dan sound system. Tentunya menerima buwuhan juga.
Menurut warga setempat, si pemilik hajat cuma punya satu anak. Sedangkan dia sudah buwuh ke banyak tempat. Biar buwuhannya kembali ya dia bikin deh kondangan ulang tahun.
Konsep asul-asul yang terkesan memaksakan
Bagi pemilik hajat ada kewajiban tak tertulis lainnya untuk memberikan asul-asul. Asul-asul adalah pemberian yang diberikan sebagai ucapan terima kasih dari tuan. Untuk orang buwuh, biasanya diberi asul-asul berupa makanan dan alat makan. Sedangkan untuk perewang, asul-asulnya berupa sembako dan sabun-sabunan.
Sangat wajar jika acara yang sifatnya longgar seperti pernikahan, sunatan, dan beberapa jenis selamatan memberikan asul-asul pada orang yang berkunjung. Yang saya nggak habis pikir adalah pemberian asul-asul pada saat menjenguk bayi dan melayat orang meninggal. Padahal pemilik rumah sedang repot-repotnya dan butuh dana besar. Kenapa masih dibebani dengan asul-asul?
Panjangnya rangkaian acara hajatan di desa yang sanggup menguras dompet
Percayalah, punya hajat di desa itu sangat melelahkan. Repotnya nggak cuma pas hari-H. Sebelum mengaturkan undangan, ada tradisi yang dikenal tonjokan. Tonjokan adalah memberikan sesuatu sembari menyampaikan undangan. Bagi warga biasa ada yang undangannya diselipin rokok, sabun, ataupun jajanan. Sedangkan sobat rewang, kerabat, dan tetangga sekitar rumah diperlakukan spesial dengan tambahan nasi berkat.
Ternyata budaya nonjok masih dilestarikan di banyak pedesaan Jawa. Berbeda dengan di kota, saya nggak pernah menjumpai tonjokan sebelum pagelaran hajat. Tonjokan kerap membuat orang yang menerima undangan merasa sungkan untuk tidak menghadiri acara.
Rewang di hajatan desa bukanlah perkara yang sepele. Massa yang dikumpulkan bisa sangat banyak. Tergantung skala acaranya. Semua harus diberi tonjokan berupa nasi berkat. Selama rangkaian rewang yang memakan waktu beberapa hari itu, pemilik rumah juga harus menyediakan konsumsi. Bukan cuma untuk orang-orang yang rewang, bahkan harus siap memberi makan keluarga si perewang.
Kalau tonjokan dan konsumsi selama rewang belum cukup membuat gelisah, masih ada berbagai rangkaian adat yang lain. Seperti mengirim doa ke leluhur, nyambung tuwuh, dan masih banyak lagi. Masing-masing acara tersebut mengharuskan penyediaan nasi berkat dan seperangkat konsumsi lainnya. Budaya ini benar-benar bikin saya geleng-geleng kepala. Nggak kebayang berapa banyak dana yang sudah dihabiskan bahkan sebelum acara inti dimulai.
Pagelaran hajatan di desa memang sangat kompleks. Baik pemilik acara maupun warga desa yang diundang sebenarnya sama-sama boncos karena social cost tadi. Namun nyatanya banyak warga desa yang nggak keberatan bikin hajat besar-besaran, bahkan cenderung jadi hobi. Katanya biar tetap guyub.
Penulis: Erma Kumala Dewi
Editor: Intan Ekapratiwi
BACA JUGA Hidup di Desa Terkadang Tak Lebih Baik ketimbang Hidup di Kota, Bahkan Bisa Jadi Lebih Buruk.
Terminal Mojok merupakan platform User Generated Content (UGC) untuk mewadahi jamaah mojokiyah menulis tentang apa pun. Submit esaimu secara mandiri lewat cara ini ya.