MOJOK.CO Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo) merilis pernyataan resmi setelah akun Kemkominfo bercentang verified ditemukan di situs nonton bokep asal Kanada, PornHub. Saking keselnya, polisi dibawa-bawa untuk mengusut hal tersebut.

Saya pernah bilang ke teman saya kalau ada jalannya, saya mau mengajukan diri jadi menkominfo. Dengan program meningkatkan kecepatan internet saja, saya akan dikenang sebagai menteri muda paling wangun. Teman saya sependapat dengan kata-kata saya.

Kemkominfo selama ini terlalu banyak atraksi biar kelihatan kerja tanpa ada hal signifikan yang berpengaruh ke rakyat. Kebijakan yang diurusi berkisar pada hal-hal yang sifatnya publicity stunt, padahal yang kita butuhkan adalah kecepatan internet atau pencabutan blokir Netflix dari provider internet Telkom, misalnya.

Celakanya lagi, Kemkominfo juga jauh lebih serius ngurusin publicity stunt daripada kerja beneran.

Kalau kalian sampai sekarang masih bingung kenapa Reddit diblokir, tenang, Kemkominfo masih punya atraksi lain, yakni melaporkan si manipulator akun Kemkominfo di situs video bokep PornHub ke polisi.

Situs yang kalian akses dengan mengganti DNS terlebih dahulu itu jadi pembicaraan karena kemarin ada yang menemukan akun bernama Kemkominfo Indonesia, lengkap dengan avatar resmi kementerian, di situs 18+ tersebut. Lebih lucu lagi, itu verified account. Siapa pun yang berbuat iseng seniat itu, perlu diakui, sampeyan kendel ra kalap.

Netizen, seperti biasa, langsung menghujat Kemkominfo gila-gilaan. Kementerian tampak panik dan buru-buru bikin klarifikasi atas fitnah keji ini. Saking paniknya, klarifikasi poin 1 langsung bablas ke klarifikasi poin 3, sedangkan poin ke-2 malah ketinggalan dan baru disusulkan kemudian.

Memberi klarifikasi adalah tindakan wajar. Tapi Kemkominfo bertindak lebih jauh dengan melibatkan kepolisian dan pelaporan itu dipublikasikan di media sosial Kemkominfo.

Pengumuman tersebut justru membuat orang makin antipati dengan Kemkominfo. Masalah receh gini kok ditindak serius dan pake gercep, sementara kecepatan internet tetap lambat dan Reddit tetap diblokir.

Baca juga:  Komentar Terkini Johnny G. Plate Makin Meyakinkan bahwa Dia Nggak Paham Konsep Netflix

Tapi saya mengapresiasi langkah Kemkominfo. Kalau mau berbuat di luar batas kewajaran, loske wae. Kalau Kemkominfo ingin membuat sensasi macam selebtwit dan selebgram, bebas. Sejauh ini kan Kemkominfo sudah dibalap kementerian lain soal bikin sensasi di 100 hari kerja kabinet baru. Harus diapresiasi ini.

Lagian klarifikasi itu penting. Selebgram dan selebtwit yang pada bikin sensasi itu ujung-ujungnya juga klarifikasi kok. Mereka mana peduli mikirin tindakannya, kan bisa klarifikasi nanti. Cuma bedanya, kalau mereka klarifikasi mengandalkan diri sendiri, Kemkominfo sebagai lembaga negara memutuskan menggandeng Kepolisian. Orang punya kekuatan, kenapa tidak dimanfaatkan, ya kan?

Lagian PornHub juga kurang ajar, masak mereka nggak tahu kalau Kemkominfo itu berjuang mati-matian menjaga moral rakyat negara ini. Kemkominfo sudah berusaha menyediakan internet sehat buat kita lho. Lambat, tapi sehat. Perkara kita negara dengan kecepatan internet terendah nomor 2 dari 45 negara, nggak masalah. Niatnya baik, melatih orang Indonesia sabar biar mudah masuk surga.

Harusnya PornHub cepat tanggap. Mereka harusnya tahu bahwa ada akun yang dimanipulasi seolah-olah punya Kemkominfo, kementerian penegak moral bangsa. PornHub harusnya langsung blokir dan minta maaf ke Pemerintah Indonesia. Lagian PornHub ini, selain video unyil, apa sih sumbangsih mereka ke dunia? Cuma nanam jutaan pohon tho? Sepele. Pohon kok ditanam, ditebang dong kayak Indonesia.

Baca juga:  Adu Argumen Fahri Hamzah dan Polri Terkait Penangkapan Terduga Teroris di UNRI

Melibatkan kepolisian ini sebenarnya langkah jitu. Siapa tahu PornHub jadi notice bahwa Indonesia itu salah satu negara pengakses PornHub tertinggi. Maka dari itu, kepolisian bisa minta anggaran naik lagi untuk penyuluhan tentang bahaya video unyil. Daripada mereka bantuin penggusuran, mukulin orang demo, sama jadi musuh kebebasan pers, kan lebih baik bikin penyuluhan.

Kolaborasi Kemenkominfo dan Kepolisian ini adalah simbiosis mutualisme. Polisi nggak gebukin orang demo, Kemkominfo jadi kelihatan nggak gabut. Kerja sama wangun ini jarang-jarang terjadi. Moral bangsa terjaga, dua badan keliatan kerja, cocok ra we dab?

Tapi saya takut kalau Kemkominfo ternyata memang beneran ngelaporin PornHub ke Polri. Niatnya sih bagus, menegakkan supremasi hukum. Tapi PornHub kan sudah diblokir di Indonesia sehingga lokasi kejadiannya mau dianggap ada di mana? Kedua, kantor di Montreal kok dilaporin di Jakarta. Kan malah tampak bodoh.

BACA JUGA Ke Mana Nicholas Saputra Pergi, ke Situ Cewek Halu Mengikuti atau artikel menarik lainnya di rubrik POJOKAN.