fbpx

MOJOK.CO Menjadi anggota TNI adalah impian banyak pemuda dan jadi kebanggaan keluarga. Tapi apalah arti kerjaan keren kalau gajinya nggak setimpal. Coba kita periksa, berapa sih gaji anggota TNI saat ini?

Menurut sebuah studi, selain PNS, pekerjaan idaman di mata mertua masih polisi dan anggota TNI. Profesi dokter juga sih. Profesor juga. Tapi kalau jadi pengusaha sukses juga biasanya jadi idaman. Kok banyak? Ya biarin, yang penting sesuai studi. Studinya siapa? Ha ya sudah pasti studi Mojok Institute yang kebenarannya harus kamu pertanyakan.

Selain soal status dan citra bela negara, gaji serta tunjangan jadi incaran. Nah, kalau udah bahas TNI, saya mau serius aja. Berapa sih gaji tentara saat ini (Januari 2020)? Mari kita tengok di PP 16/2019 tentang Perubahan Kedua Belas atas PP 28/2001 tentang Peraturan Gaji Anggota Tentara Nasional Indonesia.

Apabila besaran gaji PNS ditentukan oleh golongan dan masa kerja golongan (MKG), gaji tentara… juga sama. Rinciannya kayak gini, dengan catatan, rentang gaji itu menunjukkan bahwa besar gaji persisnya tergantung MKG yang durasinya mulai 0-28 tahun.

Gaji Anggota TNI Golongan I – Tamtama

I/a – Prajurit Dua/Kelasi Dua: 1.643.500-2.538.100

I/b – Prajurit Satu/Kelasi Satu: 1.694.900-2.617.500

I/c – Prajurit Kepala/Kelasi Kepala: 1.747.900-2.699.400

I/d – Kopral Dua: 1.802.600-2.783.900

I/e – Kopral Satu: 1.858.900-2.870.900

I/f – Kopral Kepala: 1.917.100-2.960.700

Gaji Anggota TNI Golongan II – Bintara

II/a – Sersan Dua: 2.103.700-3.457.100

II/b – Sersan Satu: 2.169.500-3.565.200

II/c – Sersan Kepala: 2.237.400-3.676.700

II/d – Sersan Mayor: 2.307.400-3.791.700

II/e – Pembantu Letnan Dua: 2.379.500-3.910.300

II/f – Pembantu Letnan Satu: 2.454.000-4.032.600

Gaji Anggota TNI Golongan III – Perwira Pertama

III/a – Letnan Dua: 2.735.300-4.425.200

III/b – Letnan Satu: 2.820.800-4.635.600

III/c – Kapten: 2.909.100-4.780.600

Gaji Anggota TNI Golongan IV – Perwira Menengah

IV/a – Mayor: 3.000.100-4.930.100

IV/b – Letnan Kolonel: 3.093.900-5.084.300

IV/c – Kolonel: 3.190.700-5.234.400

Gaji Anggota TNI Golongan IV – Perwira Tinggi

IV/d – Brigadir Jenderal/Laksamana Pertama/Marsekal Pertama: 3.290.500-5.407.400

IV/e – Mayor Jenderal/Laksamana Muda/Marsekal Muda: 3.393.400-5.407.400

IV/f – Letnan Jenderal/Laksamana Madya/Marsekal Madya: 5.079.300-5.750.900

IV/g – Jenderal/Laksamana/Marsekal: 5.238.200-5.930.800

Lah kok kecil? Lha iya, gajinya memang segini.

Atau persisnya lagi, angka di atas adalah gaji pokok yang nilainya selalu tetap. Untuk menjumlah gaji total anggota TNI atau PNS, masih ada komponen tunjangan yang harus dimasukkan, dan komponen ini sebenarnya yang angkanya besar.

Untuk anggota TNI, ada tunjangan kinerja (tukin) yang tahun lalu Jokowi janjikan akan naik sampai 80% tahun ini. Kalau besaran tukin yang sekarang, mengacu pada keputusan terakhir, yakni PP 102/2018, disesuaikan dengan kelas jabatan. Pembagian pangkat anggota TNI ke dalam kelas jabatan, detailnya bisa dibaca di sini. Lalu detail tukin untuk tiap kelas jabatan, datanya di sini. Yang jelas, kisarannya dimulai dari 1,9 juta sampai yang tertinggi, yakni tukin untuk kepala staf, sebesar 37,8 juta.

Daftar lengkap sumber-sumber penghasilan anggota TNI beserta potongannya ada di Permenhan 33/2017.

daftar gaji dan tunjangan anggota TNI slip gaji peraturan menteri pertahanan nomor 33 tahun 2017 mojok.co

Daftar tunjangan dan potongan penghasilan anggota TNI di Indonesia saat ini menurut Permenhan 33/2017.

Daftar tunjangan dan potongan penghasilan anggota TNI di Indonesia saat ini menurut Permenhan 33/2017.

Slip gaji anggota anggota TNI saat ini.

Dengan sekian puluh komponen tunjangan dan potongan itu, berapa penghasilan bersih seorang anggota TNI?

Nggak tahu. Nyerah. Ngetik detail di atas aja udah capek. Kalian tanya langsung aja ke anggota TNI-nya atau datang ke rumah sakit. Siapa tahu nemu bidan atau perawat di situ yang suaminya tentara.

BACA JUGA Menghitung Kekayaan Wiranto yang Hasilnya Bikin Merinding atau artikel mata pencaharian lainnya di rubrik NAFKAH.



Tirto.ID
Loading...

No more articles