• 16
    Shares

MOJOK.COIbu hamil memang disarankan makan bergizi. Salah satunya tentu buah-buahan. Tapi tahu nggak kalau nggak semua buah disarankan untuk dikonsumsi ibu hami?

Periode ibu hamil merupakan momen membahagiakan tentu saja, meski ya belum tentu juga sih untuk yang MBA. Tapi kita ambil rata aja lah, bahwa umumnya ibu hamil itu merupakan kejadian yang menggembirakan. Iya dong, kan kita hidup di negara demokrasi, pakai suara mayoritas dong. Bijimana seh?

Nah, jika biasanya seorang ibu hamil akan disarankan makan-makanan bergizi, utamanya buah-buahan karena kandungan vitaminnya yang oke punya, jebul nggak semua buah boleh dikonsumsi lho. Saya yang nulis aja baru tahu bahwa nggak sembarangan buah boleh dimakan. Ya maklum, saya kan nggak pernah hamil.

Sebabnya pun macam-macam, karena selain vitamin, beberapa buah juga mengandung zat-zat lain yang justru kontraproduktif dengan kesehatan janin. Apalagi kalau buah itu diambil dari atraksi nyolong di pohon milik tetangga. Wah, selain nggak sehat juga haram lagi. Paket komplet neraka dunia akhirat deh.

Oleh karena itu, Mojok Institute akan memaparkan beberapa buah yang dilarang untuk ibu hamil. Yok, buibu, cekidot letsgo.

Nanas

Buah ini mah legend banget di dunia aborsi-aborsi gitu karena mitosnya buah ini sangat buruk untuk kesehatan janin. Meski punya protein, mineral, dan vitamin serta rasa kecut-kecut bau ketek yang bikin kemecer, tapi buah nanas jebul punya enzim yang disebut bromelain.

Eh, enzim apaan tuh? Bentar, aing googling dulu ya….

Jadi gini, enzim bromelain ini berpotensi bisa bikin terjadinya kontraksi dini. Ya kan bahaya kalau usia janin belum ada di trimester ketiga tapi tahu-tahu udah mau keluar aja. Kan kasihan bapaknya, kalau si janin keluar terus harus masuk inkubator. Mana kalau belum punya BPJS harganya mahal lagi. Bisa nangis di depan kasir Rumah Sakit kan repot.

Baca juga:  Dalil pun Ada Jenis Kelaminnya, Lho!

Ketimbang dikonsumsi oleh ibu hamil, lebih baik nanas digunakan untuk melunakkan daging-daging kambing. Wah, itu mujarab beneran lho. Daging akan jadi empuk dan tidak mengurangi rasa gurih dagingnya. Eh, ini kenapa larinya ke makanan sih.

Durian

Nah, bagi kamu yang merupakn fans die hard buah durian, maka kalau sedang hamil kamu harus siap membatasi diri dengan buah ini untuk sementara waktu. Bukan apa-apa, buah yang dijuluki Raja Buah ini mengandung asam arachidonate serta alkohol. Dua elemen itu saja sudah bikin bahaya buat janin.

Seperti halnya nanas, buah durian juga bisa membuat meningkatnya risiko kelahiran prematur karena kontraksi dini pada rahim. Meski begitu, bukan berarti mengonsumsi durian tidak boleh. Boleh kok, Cuma ya jangan kebanyakan.

Ingat, sesuai dalil, bahwa apa saja yang berlebihan itu nggak baik. Terutama makan durian bagi hamil. Apalagi kalau makannya nggak bagi-bagi, wah tambah berbahaya lagi itu.

Nangka

Buah berikutnya yang disarankan nggak dikonsumsi ibu hamil adalah nangka, alias nongko. Soalnya buah ini bisa bikin perut panas. Kalau cuma anget sih nggak apa-apa kali ya, tapi kan karena posisi lambung deket sama janin, ya kan kasihan si buah hati yang lagi enak-enak tidur tahu-tahu berasa kayak kena setrika di dalem perut. Tunda dulu deh makan nangkanya. Mungkin nangkanya bisa dikirim ke saya kalau kebetulan panen.

Baca juga:  Walau Habib Rizieq Gagal Mudik Lagi, Kita Tetap Kudu Siap-Siap

Anggur

Selain nangka, nanas, dan durian, buah berikutnya yang sebaiknya tidak dikonsumsi ibu hamil adalah anggur. Ada beberapa hal yang bikin anggur begitu baik. Kayak misal soal buah ini rentan terhadap pestisida karena anggur jadi buah yang bisa dimakan sekulit-kulitnya. Lagian, kulit anggur juga nggak mudah dicerna. Bisa bikin risiko ibu hamil jadi sembelit sampai konstipasi sih.

Selain itu, kandungan karbohidrat dalam buah anggur juga akan mengubah elemen ini jadi glukosa dalam tubuh. Hal yang bisa menaikkan level gula darah sampai kemungkinan terburuk bisa menyebabkan diabetes. Ibu hamil masih bisa kok konsumsi ini, cuma sebaiknya dikurangi dalam batas minimal aja.

Kurma

Sebelum kamu cemberut mengetahui kurma nggak baik buat hamil, saya kasih penjelasan dulu. Ini nggak ada niat buat menistakan agama macam Tretan Muslim sama Coki Pardede ya, ini cuma imbauan. Kalau nggak sepakat boleh, sepakat boleh. Kita kan hidup di negara demokrasi deh, bukan khilafah. Jadi tenang, yang penting jangan jotos-jotosan.

Oke.

Nah, kenapa buah kurma sebaiknya tidak dikonsumsi ibu hamil? Sebab kandungan buah ini manisnya kelewatan. Kayak kamu, iya kamu. Apalagi kalau kamu ibu hamil yang punya penyakit diabetes. Tapi kalau itu mah, mau hamil nggak hamil ya tetep bahaya. Poinnya ya konsumsi secukupnya aja, setengah biji lah. Iya, bijinya doang, biji.

  • 16
    Shares


Tirto.ID
Loading...

No more articles