• 20
    Shares

MOJOK.CO – Mojok Institute melakukan sensus kepada Netizen Twitter, Facebook, dan Instagram untuk mengetahui apa sih resolusi tahun baru anti-mainstream yang mereka punya.

Tidak terasa tahun baru 2019 sebentar lagi akan membersamai kita. Waktu memang cepat sekali berlalu, ya. (((Perasaan))) baru kemarin kita bikin resolusi tahun baru, eh sekarang sudah harus bikin resolusi tahun baru lagi. Apakah kalian merasakan hal yang sama? Yo wajar, hidup kok mengandalkan perasaan, perasaan kan suka salah,  setahun itu lama, Luur.

Jadi… Gimana resolusi setahun ini? Tercapai semua? Gagal semua? Sudah bikin resolusi tahun baru belum?

“Sik, sik, yang tahun-tahun sebelumnya aja gagal, Jok (Mojok). Emangnya perlu banget ya bikin resolusi tahun baru?”

Yhaa, kasian deh lu. Salah sendiri sih, hobi amat bikin resolusi mainstream yang diulang dari tahun ke tahun. Sudah tahu resolusi mainstream sering gagal dan sia-sia. Harusnya bikin resolusi baru lah, ngapain bikin resolusi yang sama di tahun berikutnya hadehhh ada-ada saja.

Nah, supaya resolusi tahun baru buat 2019 nanti tidak gagal melulu, Mojok Institute akan berbagi resolusi-resolusi anti-mainstream yang sudah pasti anti gagal dan bisa dilakukan oleh semua orang. Resolusi tahun baru ini sudah teruji di itb dan ipb langsung oleh Jamaah Mojokiyah dalam pertanyaan sensus kami mengenai resolusi tahun baru anti-mainstream apa mereka punya, yang kami lemparkan hari sabtu lalu.

Langsung saja, gassssss~

Hasil Sensus

Berikut adalah resolusi tahun baru anti-mainstream yang berhasil tim Mojok Institute rangkum untuk kalian semua~

1. Bertaubat

Resolusi tahun baru pertama yang wajib kalian punya adalah bertaubat. Resolusi ini tentu saja tidak terlepas dari sifat manusia yang hobi berbuat dosa. Bertaubat adalah resolusi yang penting karena kita tidak pernah tahu kapan umur manusia. Kalau sudah bertaubat kan harapannya jika-2019-kenapa-kenapa-tapi-amit-amit-sih-nggak otomatis masuk neraka hehe. Resolusi ini bukan hanya baik di mata manusia tapi juga baik di mata tuhan.

Baca juga:  Resolusi Keuangan Ini Bakal Bikin Kamu Cepat Kaya di Tahun 2019!

2. Kerja Kerja Kerja

Karena malas-masalan di sepanjang tahun sudah sangat mainstream maka bekerja tanpa henti perlu dijadikan sebagai resolusi tahun baru. Ketika orang lain minta jatah liburan, kamu bisa minta jatah penambahan jam kerja.

Keuntungan dari hidup yang dihabiskan dengan kerja kerja kerja seperti motto pak Jokowi adalah kamu bisa membantu memperkaya pemilik modal dan para kapitalis mencapai resolusi mereka untuk membangun dinasti ekonomi dan menguasai dunia. Sementara kamu ya gitu-gitu aja, tetep misqueen nggak kayak mereka wqwq mamam.

3. Viral

Di Zaman yang serba modern ini, viral menjadi salah satu tujuan hidup dan pencapaian tertinggi bagi modern people. Kalau kalian bosan dan tidak ingin mengikuti kehidupan para pekerja, jadikanlah viral sebagai salah satu resolusi tahun baru kalian.

Viral lah sekali maka kalian akan terkenal. Kalau sudah terkenal hidup bisa jadi lebih mudah dengan mengandalkan pendapatan dari endorsement dan panggilan wawancara dari acara tivi seperti acara hitam putih yang dibawakan oleh Mas Deddy Corebuzzer.

4. Drop out

Kamu mahasiswa akhir yang sudah bertahun-tahun berusaha keras mengerjakan skripsi tapi masih belum lulus juga? Jadikanlah Drop Out sebagai salah satu resolusi tahun baru mu~ mungkin kuliah memang bukan jalan ninjamu~ DO-lah lalu kembali ke desa untuk ternak lele atau ternak luwak.

Lagian buat apa sih kuliah susah-susah, habis lulus paling jadi PNS. PNSkan pekerjaan yang sudah menjamin kehidupan, kalau sudah terjamin ya hidupnya nggak seru lah~ Hidup tuh harus seperti Larry~ penuh petualangan dan perjuangan.

5. Putus

Kalau orang lain ingin punya pacar, cobalah bikin resolusi tahun baru untuk putus dari hubungan. Loh loh kenapa harus putus?

Loh, pertanyaannya seharusnya, emangnya kenapa sih harus punya pacar? Punya pacar kan sering bikin kesal dan sering nambah masalah. Daripada menghabiskan waktu untuk berpacaran, lebih baik melakukan kegiatan lain yang bermanfaat bagi banyak orang seperti menjadi seorang filantropis atau jadi relawan.

Baca juga:  Pedoman Menjadi Orang Dewasa Bagi Milenial Angkatan '96 Ke Atas

Kalau pacaran kan cuman membahagiakan si pacar, kalau jadi filantropis atau relawan kan bisa membahagiakan lebih banyak orang hehe.

6. Berhenti bahagia dan mulai memilih jalan kesedihan

Selama ini kalian pasti sering merasa kecewa karena hidup tidak selalu bahagia. Karena selalu berharap bahwa kita harus bahagia, setiap kali kita mendapatkan kesedihan kita akan kecewa dan sambat.

Coba bayangkan jika sejak awal kita memilih jalan kesedihan. Ketika waktunya bersedih kita akan menerima itu dengan lapang dada, tapi jika waktunya kita dapat kebahagiaan, kita akan merasa lebih bahagia karena sebelumnya tidak membebani diri dengan berekspektasi harus bahagia.

7. Melakukan revolusi

Kalau kalian merasa bahwa membuat resolusi tahun baru adalah hal yang sia-sia, kami rekomendasikan kalian untuk membuat daftar revolusi alih-alih resolusi.

Di tahun 2019, daripada hanya memikirkan diri sendiri, kita harus juga memikirkan anak buruh yang tak sekolah juga pemuda desa yang tak kerja, salah satunya adalah dengan melakukan perlawanan terhadap rezim diktator anti muslim seperti yang dilakukan Donald Trump di Amerika Serikat.

Eh kalo ke Amerika kejauhan, kalian bisa melakukan revolusi dari lingkungan sekitar dulu. Dengan cara menantang pembredelan buku kiri dengan sengaja membuka lapak baca buku kiri di depan markas KODAM misalnya wqwq.

***

Seperti biasa, ini adalah jawaban terbaik versi Mojok Institute yang berhak mendapatkan hadiah:

keenanasution Minjem duit ke banyak orang biar dipikirin banyak orang
Resolusi 2019 aku simpel.. selamat dari event pilpres 2019 yang emejing so far.. kayanya kelar pilpres mau ada civil warz soalnya~
 Kerecehanku semoga menjadi uang kertas.

8. Menunggu Runtuhnya peradaban

Resolusi tahun baru terakhir adalah tidak ngapa-ngapain dan goler-goleran sambil menunggu runtuhnya peradaban. Bekerja capek, kuliah capek, mengejar mimpi capek, pada akhirnya kiamat akan tetap datang dan peradaban akan runtuh dengan sendirinya…. Daaah, mending tidur aja sana~


No more articles