• 26
    Shares

MOJOK.CO – Mojok Institute melakukan sensus kepada Netizen Twitter, Facebook, dan Instagram untuk mengetahui kebiasaan yang mereka anggap menyenangkan tapi memalukan kalau diketahui orang lain.

Konon, menurut sebuah pepatah Jepang, manusia itu sebenarnya memiliki tiga wajah. Pertama, wajah yang dia tunjukan ke masyarakat. Kedua, wajah yang dia ditunjukan ke orang-orang terdekatnya. Terakhir, wajah yang dia pakai saat dia sedang sendirian.

Wajah yang ditunjukan ke masyarakat biasanya adalah versi dewasa dari diri kita. Sebisa mungkin kita bertindak rasional, kalem, tertata atau (sok) keren supaya tidak dinilai aneh atau malu-maluin karena semua orang disekitar kita juga terlihat kalem dan tertata seperti itu.

Beda lagi dengan wajah yang kita tunjukan kepada orang-orang terdekat kita. Beberapa orang akan bersikap lebih cuek karena sudah nggak peduli lagi jika dicap aneh bin ajaib. Tapi yang paling menarik tentu saja wajah ketika kita sedang sendirian, karena wajah itulah yang merepresentasikan diri kita yang sebenarnya.

Saat kita hanya sendirian, kita lebih bisa mengekspresikan emosi, dan perasaan kita tanpa khawatir dinilai atau dihakimi oleh orang lain. Pokoknya only god can judge me lah. Nah, di saat sendirian ini pula kita benar-benar merdeka untuk melakukan apapun termasuk hal (yang menurut orang lain) memalukan sekalipun.

Yang perlu kita tahu adalah, ketika kita melakukan hal aneh, itu adalah hal yang normal karena semua orang juga melakukan hal yang sama (mungkin dengan cara yang berbeda). Yaaa, benar! Aslinya ya memang semua orang itu aneh, tapi mereka melakukan kegiatan aneh itu secara diam-diam, ya sama saja lah seperti kita wqwq.

Sebagai contoh, ada salah satu kru Mojok yang ternyata mengaku hobi kentut karena dia suka sekali bau kentutnya. Jadi, ketika dia kentut, dia akan tarik nafas dalam-dalam, lalu menghisap kentutnya sendiri. Ada juga yang diam-diam suka swipe kanan swipe kiri main tinder karena jomb-hhe hhe. Atau ada yang hobi banget bulak-balik kamar mandi, kirain sakit perut, ternyata di kamar mandi malah nyium-nyiumin wangi Wipol. Loh loh kok saya tahu orang di kamar mandi ngapain? Tenang, itu bukan ngintip, karena saya sendiri pelakunya, haduh malu deh ketahuan.

Baca juga:  Jojo, Histeria Emak-emak, dan Arus Balik Cognitive Revolution

Supaya kalian nggak merasa aneh sendirian, Mojok Institute merasa bertanggung jawab untuk melakukan sensus mengenai kegiatan apa saja yang menurut netizen menyenangkan tapi akan jadi hal memalukan ketika diketahui oleh orang lain.

Hasil Sensus

Melihat dari jawaban-jawaban Jamaah Mojokiyah di Sosial Media, Mojok mengambil beberapa kebiasaan menyenangkan tapi memalukan yang ternyata umum karena banyak juga orang lain yang diam-diam melakukan hal tersebut. Jika diklasifikasikan, berikut adalah hasilnya.

1. Malu karena akan dianggap jorok jika ketahuan orang lain

Tipe kegiatan yang menyenangkan tapi memalukan yang satu ini adalah ngupil, nggak mandi berhari-hari, galer, dan ngiler kalo tidur.

2. Malu karena tidak baik untuk image

Tipe kegiatan yang menyenangkan tapi memalukan yang satu ini dirasakan oleh para lelaki yang suka menonton drama korea atau film India. Karena kebanyakan drama Korea populer karena cinta-cintaan dan oppa oppa tampan, laki-laki yang menyukai ini sering dianggap kemayu. Kegiatan lain yang juga berdampak pada image adalah menonton anime karena akan dicap Wibu-wibu dan mendengarkan lagu-lagu band alay karena akan ikut di cap alay.

3. Malu karena hhe hhe

Tipe kegiatan yang menyenangkan tapi memalukan yang hhe hhe itu diantaranya adalah stalking mantan, stalking gebetan, dan melakukan banyak kegiatan sendirian seperti menonton biokop, atau jalan-jalan. Kenapa melakukan hal ini dianggap memalukan? Karena kalau ketahuan seringnya dianggap kayak jomblo ngenes hhe hhe.

Baca juga:  Batu pun Enggan Jadi Manusia

Kegiatan jenis lain yang ternyata juga umum dilakukan banyak orang adalah suka ngomong sendiri dan suka nyanyi-nyanyi nggak jelas ketika berkendara.

Seperti biasa, berikut adalah jawaban terbaik versi Mojok Institute yang berhak mendapatkan hadiah:

 kalo aku bersedekah, sebisa mungkin orang laen jangan sampe tau. acap kali ngerasa wah aku udah sedekah relatif banyak hari ini, tapi sejurus kemudian tau ada orang laen yg kondisinya di bawah kita tapi sedekahnya lebih banyak, saat itu langsung malu 💖
Syah Man Muhammad Ngupil, padahal itu luar biasa enak banget, tapi masa iya mau ngupil di depan umum. kebayang kan gimana orang orang merhatiin kita, pandangnya itu loh kayak mau ngebunuh. Udah gitu kalau udah dapet kadang keder upil mau di taro di mana. Apa kita lontarkan saja pada mereka yg biasa melihat kita dengan pandangan sinis. Sambil berucap. “Nikmat mana lagi yang kau dusta kan.”
riankobe Makan gorengan lima ngaku tiga, selain memalukan kalau ketahuan teman, ini juga tindakan kriminal. Tapi mau gimana lagi duit pas pasan tapi perut pengen kenyang :”)
Gimana? diantara kegiatan yang udah disebutin di atas itu, kegiatan mana yang sering kalian lakukan? Atau kalian punya kegiatan yang lebih absurd lagi? Kalau saya sih, selain suka nyium-nyium wangi Wipol tadi, saya juga suka ngomong sendiri dan diam-diam jatuh cinta sama mas nya..