MOJOK.COJangan merasa surem terlahir sebagai Bangsa Indonesia. Kita mungkin boleh kalah secara materi tapi kalau soal kemampuan, keunggulan bangsa Indonesia nggak ada lawannya!11!

Selama ini banyak di antara kita yang tidak terlalu bangga terlahir sebagai Bangsa Indonesia. Saya pikir, itu cukup wajar mengingat kita dijajah lebih dari 300 tahun oleh bangsa lain. Pengalaman dijajah beratus-ratus tahun ini memang membuat kita merasa inferior dibandingkan dengan bangsa lain.

Kalau melihat fakta dilapangan pun, perasaan inferior ini semakin terjustifikasi ketika melihat bahwa bangsa kita serba ketinggalan dari bangsa lainnya. Jangankan urusan sains dan teknologi, Timnas sepakbolanya aja kalahan, kalahnya. sama tetangga di Asia Tenggara pula.

Tapi tenang kawan, jangan merasa surem terlahir sebagai Bangsa Indonesia. Kita mungkin boleh kalah secara materi khususnya dalam bidang sains dan teknologi, tapii kalau bicara soal kemampuan, Bangsa Indonesia punya banyak keunggulan yang tidak dimiliki oleh bangsa lain

Apa saja keunggulan bangsa Indonesia dibandingkan dengan bangsa lain itu? Langsung saja mari kita ~

1. Kemampuan berbahasa

Sudah bukan rahasia jika orang Indonesia itu pintar sekali dalam hal menguasai bahasa. Kemampuan ini digambarkan dengan sempurna melalui twitnya mas ini:

Betuul~ Terlihat kan betapa dewanya bangsa kita dalam berbahasa? Nonton film korea dengan subtitle Bahasa Inggris, diterjemahkan ke dalam otak ke dalam Bahasa Indonesia sambil (((cangkeman))) pakai Bahasa jawa dalam aktivitas sehari-hari.

Tenang, tenang, jangan terpukau dulu. Aslinya, kita bukan hanya bisa menguasai tiga bahasa (Bahasa Ibu, Bahasa Indonesia, dan Bahasa Inggris) tapi juga tiga bahasa lainnya yaitu: Bahasa Gaul, Bahasa Alay, dan tentu saja Bahasa Kalbu. Se666an~.

2. Kemampuan mencari hikmah

Keunggulan bangsa Indonesia yang sepertinya tidak banyak orang menyadarinya. Sadar nggak sih kalau orang Indonesia itu, selalu bisaaa aja menemukan sisi baik dari setiap hal buruk yang menimpa dirinya?

Saat kehilangan HP, alih-alih bersedih, kita masih bisa bersyukur karena (((hanya))) HP saja yang hilang, bukan nyawa kita.

Eh jangankan hilang HP ding, UMK kita rendah aja kita masih bisa-bisanya bersyukur kok. Syukur masih dibayar, syukur masih bisa kerja, hal yang tentu saja semakin disyukuri para pengusaha karena pekerjanya, alih-alih protes dan minta upah yang lebih tinggi, malah memilih nrimo ing pandum.

Tenang, tenang, rezeki nggak akan ke mana. Sudah diatur oleh yang di atas. Siapa yang di atas? Tuhan? Bukan, pemilik modal. Hehe.

3. Kemampuan memaafkan

Keunggulan bangsa Indonesia selanjutnya adalah, kita ini bangsa yang super duper pemaaf. Dijajah lebih dari 300 tahun sama Belanda aja kita maafkan kok, malah kita dukung mereka di Piala dunia.

Apalagi, apalagi?

Kamu berbuat salah dengan melakukan korupsi? Wooo ya dimaafkan juga. Hukumannya kami kurangi malah. Setelah bebas, nanti masih boleh nyalon di parlemen lagi.

Jangankan koruptor, mantan pacar atau mantan gebetan ghosting, pas dia tiba-tiba datang lagi, tanpa harus diminta, langsung kita maafkan begitu saja!11!!

4. Kemampuan bersantai

Waini, kelebihan yang tidak boleh kita lupakan. Kemampuan bangsa Indonesia untuk tetap santuy sambil rebahan di segala kondisi. Orang Amerika mana bisa santai-santai ketika nggak punya asuransi kesehatan. Lah kita? Santuy aja, Brooo~

Milenial terancam nggak punya rumah? Ya tetep santuy juga, Broo.

Omnibus Law bakal bikin kita jadi prekariat? Santuyin juga lahhh.

Kenapa orang Indonesia bisa sesantuy itu? Ya karena asuransi, rumah, dan pekerjaan kan nggak akan dibawa mati. Betul tidaaak? *lanjut rebahan*

5. Kemampuan membuat masalah

Keunggulan terakhir bangsa kita dibanding bangsa lain, betul, kalian nggak salah baca. Bangsa Indonesia emang punya keunggulan dalam membuat masalah dibanding bangsa lainnya. Nggak usah ada penjelasannya lah ya, sudah jelas semuanya!!1!

BACA JUGA Mendukung Klaim Indonesia Sebagai Negara Tersantai di Dunia atau artikel POJOKAN lainnya.