Syekh Jumadil Qubro dipercaya sebagai salah satu ulama yang menyebarkan agama Islam di Nusantara. Mojok melakukan ziarah ke kaki Gunung Merapi, tepatnya di puncak Bukit Turgo yang dipercaya sebagai tempat peristirahatannya yang terakhir.
***
“Lekasana seka lor,” pesan itu sudah sangat sering saya terima dari orang-orang dengan berbagai latar belakang. Pesan ini berkaitan dengan perjalanan saya menelusuri makam-makam kuno di Jogja di waktu belakangan. Mulailah dari utara, begitu artinya.
Dalam semesta Jogja, utara berarti Merapi, salah satu unsur penting di garis imajiner Jogja. Sementara dalam semesta penggemar ziarah, utamanya makam kuno dan makam ulama, utara merujuk ke salah satu bukit di selatan Merapi. Sebuah bukit yang konon melindungi daerah Turi dan sekitarnya dari aliran lahar Merapi.
Turgo, demikian nama bukit dengan elevasi sekira 1.000 mdpl ini. Area bukit berisi vegetasi hutan yang pengelolaannya berada di tangan PT Perhutani. Di puncak bukit, terdapat sebuah makam, sebagian lainnya menyebut petilasan, dari seorang tokoh ulama besar di tanah Jawa: Syekh Jumadil Qubro.
***
Cerah puncak Merapi beserta dua bukit di sisi selatan, Turgo dan Plawangan, menyapa tatkala saya melintas jalan raya Turi-Pakem. Namun, mendung tiba ketika saya sudah dekat dengan tujuan. Puncak Merapi samar adanya, tertutup kabut. Di sebuah warung kecil saya berhenti dan memarkirkan motor sebelum masuk ke area hutan.
Setelah berjalan 100 meter, anak tangga menyambut. Ini adalah bangunan baru. Dulunya, jalan naik menuju petilasan adalah jalanan tanah khas medan pegunungan. Peziarah harus menapaki jalanan tanah dengan kemiringan beragam, bahkan bisa lebih dari 45⁰. Di beberapa lokasi, dulunya dipasangi tambang untuk memudahkan peziarah mendaki bukit.
Mitos-mitos sang mubalig
Semua raja Mataram Islam di masa lalu tentu saja orang asli Jawa, dengan nama khas Jawa. Namun, jika silsilah itu dirunut hingga ke atas, alur silsilah akan bercampur dengan nama-nama raja Majapahit dan nama-nama khas timur tengah dengan gelar ‘Syekh’. Salah satu nama di bagian atas garis silsilah adalah Syekh Maulana Magribi. Ketika nama satu ini dirunut lebih ke atas lagi, akan ditemukan nama Syekh Jumadil Qubro atau Syekh Jumadil Kubro. Nama ini, konon, merupakan sesepuh dari Wali Sanga, tokoh penyebar Islam paling kondang dalam sejarah Jawa pasca-Majapahit. Saya bilang konon, sebab nama ini belum terlalu terang garis kisahnya.
Pusparupa hikayat tentang Syekh Jumadil Qubro tidak terlepas dari aneka makam dengan nama serupa di Semarang, Jawa Tengah dan di Mojokerto, Jawa Timur. Sementara bangunan di puncak Bukit Turgo ini, sebagian orang mempercayainya sebagai makam, sebagian lain percaya ini hanya petilasan.
“Tapi pasti cuma petilasan,” seorang pria yang mendaki bersama saya berpendapat. “Coba, dulu siapa yang memakamkannya wong lokasinya di puncak gunung begini,” demikian alasan pria tadi. Logikanya masuk akal memang, orang modern kebanyakan juga mungkin akan berpikiran serupa. Namun, kisah-kisah tokoh silam toh tidak semuanya masuk akal jika dilogikakan.
K.H. Ahmad Muwafiq atau biasa dikenal dengan nama Gus Muwafiq adalah tokoh agama yang percaya bahwa makam yang ada di Bukit Turgo memang makamnya Syekh Jumadil Qubro.
Dalam sebuah tayangan di channel YouTube, ia menyebutkan orang-orang dulu menjadikan gunung untuk menepi. Ia meyakini bahwa makam di Turgo, di kaki Gunung Merapi yang masuk wilayah DIY. “Zaman Rasulullah ada Ka’bah, tetapi beliau menepi di Gua Hira, jadi gunung bagi orang dulu itu sebagai tempat bermunajat kepada Allah SWT,” katanya.
Nama Syekh Jumadil Qubro bisa ditemukan di silsilah Syekh Maulana Magribi sebagai kakek dari mubalig dengan makam di Mancingan, Parangtritis ini. Silsilah tersebut disusun pihak Kraton Yogyakarta.
Sementara di silsilah Kyai Nur Iman- masih disusun Kraton Yogyakarta – ada nama Sayidina Ibrohim Asmoro dengan nama lain Zinal Akbar Jumadil Qubro. Ia ditulis sebagai keturunan ke-21 Nabi Muhammad dan kelak beranak Sunan Ampel serta punya keturunan Sultan Trenggono, raja ketiga Demak.
Dalam Babad Tanah Jawi (W.L. Olthof, 2017), disebut nama Makdum Brahim Asmara, seseorang yang berasal dari Campa (sekitar Vietnam sekarang) dan kelak beranak Raden Rahmat serta Raden Santri. Kata makdum bukanlah nama, melainkan sebutan bagi penyiar agama. Kedua putranya ini suatu kali izin ke sang ayah untuk berkunjung ke pamannya yang jadi raja di Majapahit: Brawijaya.
Raden Rahmat kelak menikah dengan Gede Manila, anak Tumenggung Wila Tikta. Nama Tumenggung ini juga ada di silsilah Maulana Magribi dan disebut sebagai bupati Tuban. Kelak, sosok ini akan beranak Raden Mas Said atau Sunan Kalijaga.
Sederhananya, jika merujuk ke Babad Tanah Jawi, andai Makdum Brahim Asmara adalah Syekh Jumadil Qubro, ada hubungan antara ulama satu ini dengan penguasa Majapahit yang disebut sebagai ‘paman’.
Kebalikan dengan Babad Tanah Jawi, Raffles dalam History of Java menulis nama Syeik Mulana Jumadil Kubra sebagai pengikut Raden Rachmad, anak ulama Arab yang menikah dengan salah satu putri raja Champa. Jumadil Kubra versi Raffles disebut telah menetap lama di Gunung Jati ketika Raden Rachmad mengunjungi Jawa. Kejadian ini bertarikh sekitar tahun 1334 Jawa (sekitar 1409 Masehi).
Belakangan, Raffles juga menulis nama ini dengan ini sebutan Sunan Agum, salah satu dari 8 penyebar agama yang menemani Raden Patah kembali ke Demak selepas upacara pemakaman Sunan Ampel. Mereka juga disebut membantu pembangunan masjid pada 1390.
Anak tangga terus saya titi, perlahan. Terkadang ditemani nafas tersengal. Menjelang puncak, ada satu aula kecil dengan atap terpal. Dari sana, anak tangga akan kian terjal sebelum sampai di area petilasan.
Petilasan ini sekilas lebih tampak seperti sebuah tugu. Bangunannya terbuat dari keramik berwarna hitam di bagian bawah dan bagian atasnya berwarna putih dengan ukuran sekitar 2,5 X 1,5 meter. Petilasan ini dibangun lewat sumbangan seorang peziarah, setidaknya itu bisa ditemukan lewat plakat di bagian bawah petilasan dan tulisan di pagar.
Bangunan ini baru adanya, hasil renovasi jua. Dulunya, petilasan ini berbentuk bangunan kotak berlapis keramik putih dengan tirai kain putih di sekelilingnya. Satu hal pasti, jika cuaca cerah, petilasan ini akan berlatar belakang Gunung Merapi. Siapapun salat, berdoa, atau sekadar duduk-duduk di sini, ia akan dinaungi Eyang Merapi.
Juru Kunci yang telah pergi
Nasihat agar saya memulai ziarah dari utara agaknya bukan hal aneh jika merujuk ke silsilah Syekh Jumadil Qubro. Nama ini jauh lebih tua dibanding raja-raja dan ulama-ulama Jawa pasca-Majapahit. Jika Sunan Ampel saja sudah ada sejak masa Majapahit, artinya syekh legendaris ini juga sudah ada sejak masa kerajaan yang sama.
Di sisi lain, menggali informasi soal Syekh Jumadil Qubro dari warga sekitar Turgo juga tidaklah mudah. Ketika turun dari puncak, saya berbincang dengan seorang warga penjual kopi. Darinya, saya tahu jika petilasan ini punya 2 jalan naik.
“Satu jalan lain lewat Alas Bingungan, tidak disarankan lewat sana karena masih berupa hutan dan orang sering tersesat dan dibuat bingung.” Bahkan, pria itu menjelaskan, warga sekitar pun menghindari naik ke bukit lewat hutan itu. Jalan via Alas Bingungan inilah yang akan ditunjukkan aplikasi Google Maps jika memasukkan kata kunci “Makam Syekh Jumadil Qubro”.
Saat saya bertanya keberadaan juru kunci, pria itu menunjukkan sebuah bekas rumah di dekat jalan masuk ke hutan. Bangunan itu tinggal menyisakan tembok semata dan dikelilingi ilalang liar.
“Itu dulu rumahnya juru kunci petilasan, tapi beliau sudah meninggal terkena wedhus gembel tahun 1994,” terangnya. Kini, petilasan ini tidak punya juru kunci sama sekali.
Selain petilasan, Bukit Turgo juga sering dimanfaatkan pelaku spiritual untuk melakoni lelaku tertentu. Tempat yang digunakan adalah 3 goa peninggalan Jepang. Salah satu goa ini berada di tepi tangga menuju petilasan. Tampak beberapa benda seperti botol air dan wadah bekas minuman, tanda bahwa goa ini sering dijamah manusia.
Pria tadi juga berkisah, hampir tidak ada ziarah rutin dari warga sekitar di makam Syekh Jumadil Qubro. Acara merti dusun misalnya, lebih tertuju pada berbagai mata air di sekitar Bukit Turgo dibanding petilasan ini.
***
“Lekasana seka lor,” dan kata-kata itu terus terngiang di kepala saya. Bukit sudah saya daki, arah utara telah saya datangi. Kisah soal Jumadil Qubro atau Brahim Asmoro tetap saja abu-abu bagi saya. Warga dan pemerhati sejarah boleh saja bilang tempat di puncak Turgo ini hanyalah petilasan. Namun, itu tetap tidak menyurutkan magnet yang menarik banyak peziarah datang ke puncak bukit di tepi kali Boyong ini.
“Mugi berkah njih,” demikian ucap seorang pria yang berpapas dengan saya ketika turun. Apapun itu, utara sudah saya ziarahi dan doa sederhana telah saya panjatkan berteman kabut gunung. Petualangan saya belum berakhir. Masih ada aneka makam kuno dengan kelindan kisahnya bersinggungan dengan Syekh Jumadil Qubro yang siap saya ziarahi di waktu nanti.
Reporter: Syaeful Cahyadi
Editor: Agung Purwandono
BACA JUGA: Rasanya Tinggal Bersama Makam-makam Tua di Njeron Beteng Keraton Jogja