• 184
    Shares

MOJOK.CO Pilpres memang belum ketahuan hasilnya. Tapi, jaga-jaga kalau Pak Jokowi kalah, saya punya saran lima pekerjaan yang bisa beliau lakukan setelah pemilu tahun depan. 

Euforia Pilpres tahun 2019 memang terasa semakin panas saja. Berbagai drama yang mulai terjadi juga semakin panas. Apa-apa mulai dikait-kaitkan dengan pemilihan presiden, seolah-olah Pak Prabowo dan Pak Jokowi tidak boleh berbuat kesalahan sedikit pun. Tujuannya untuk membolak-balikkan hati para rakyat biar semakin bingung dengan pilihannya, yang dulunya memilih Prabowo kini mulai bimbang gara-gara kasus hoax Ratna Sarumpaet, yang memilih Jokowi bimbang juga karena harga BBM kok dinaik-turunkan cepet banget kayak lagi main yoyo, akhirnya bimbang juga.

Akhirnya Pemilihan Presiden 2019 kelak membuat saya sedikit bingung harus memilih siapa. Maklum saja belum pernah ikut pilpres sebelumnya baru tahun besok. Ya, yang pasti kemenangan belum bisa dipastikan saat ini kan. Hanya beberapa lembaga yang mulai membuat survei-survei tentang polling siapa yang paling tinggi Pak Jokowi atau Pak Prabowo.

Sejauh ini saya pantau sih survei untuk Pak Jokowi lebih unggul daripada Pak Prabowo. Tapi ya lagi-lagi itu kan cuma survei sementara, tidak ada yang bisa menjamin siapa yang akan menjadi presiden besok. Bisa saja lho walaupun survei untuk Pak Jokowi lebih tinggi daripada Pak Prabowo kelak waktu pilpres malah berbalik, kan siapa yang tahu? Ingat kata pepatah “Allah mudah sekali membolak-balikan hati umatnya” Jadi ya belum pasti siapa yang menang di pilpres 2019 besok.

Untuk berjaga-jaga nih ya, kan sekarang polling tertinggi masih berpihak pada Pak Jokowi. Misalnya nih misal siapa tahu  Pak Jokowi lagi nggak ‘hoki’ saat itu, kalau-kalau besok Pak Jokowi kalah di pilpres 2019 saya ada beberapa rekomendasi profesi lain nih untuk Pak Jokowi kalau sampai gagal di pilpres 2019. Mungkin bisa meringankan beban bapak ya pak kalau ndilalah besok gagal.

Baca juga:  Enam Golongan Orang Indonesia Dalam Menyikapi Kasus Hoax Ratna Sarumpaet

1. Menjadi Vlogger

Ini nih keunikan dari Pak Jokowi yang tidak dilakukan oleh presiden lain. Siapa coba yang tidak tahu vlog Pak Jokowi? Beliau nge-vlog saat sedang bekerja menjalankan tugas negara.  Saat ini subscriber Pak Jokowi sudah mencapai 600an ribu, viewers-nya saja sudah tembus puluhan ribu. Sangat potensial sekali jika besok Pak Jokowi kalah pilpres beliau bisa menjadi seorang vlogger. Dengan modal akun youtubenya yang sudah banyak subscriber-nya.

Bisa juga Pak Jokowi kolaborasi dengan Reza Oktovian, mumpung si Reza Oktovian sekarang tidak punya akun youtube karena akunnya di serahkan ke Yayasan Anyo beberapa waktu lalu. Kolaborasi antara Pak Jokowi dengan Reza Oktovian saya rasa cukup mantap, dengan pengalaman Reza yang pernah menjadi sesepuh youtuber gaming Indonesia tentu akan meningkatkan jumlah subscriber. Karena ‘Rapstronaut’ fans Reza jelas akan mendukung apa yang dilakukan oleh idolanya.

2. Menjadi Menteri Kehutanan

Solusi kedua yang bisa dilakukan oleh Pak Jokowi jika gagal Pilpres 2019 kelak bisa menjadi seorang menteri kehutanan. Supaya tidak dikira melenceng dari prodinya dulu waktu kuliah di UGM. Pak Jokowi sudah memiliki bekal nih untuk menjadi seorang menteri kehutanan menggantikan Bu Siti Nurbaya Bakar. Siapa tahu kalau Pak Jokowi menjadi seorang Menteri Kehutanan beliau akan memberantas habis orang-orang yang kini mengunduli hutan secara ilegal. Karena Pak Jokowi suka blusukan, bisa tuh kelak para pelaku illegal logging ditangkap sendiri oleh Pak Jokowi.

3. Membuka bengkel motor

Ini nih, karena Pak Jokowi suka motor, untuk menyalurkan hobinya yang mungkin sempat terhambat karena masih menjabat sebagai presiden, mungkin kalau di pilpres 2019 kelak Pak Jokowi kalah bisa mengasah kembali hobinya yang sempat terhambat. Malahan bisa sering touring kemana-mana karena waktu yang dimilikinya cukup lenggang setelah usai menjadi presiden.

Baca juga:  Sampai Akhir Masa Pemerintahannya, Jokowi Gagal Mewujudkan Janji Pertumbuhan Ekonomi 7 Persen

4. Menjadi Bisnismen

Menjadi bisnismen bisa menjadi salah satu solusi untuk Pak Jokowi ke depannya. Melihat potensi kedua anaknya Mas Gibran dan Mas Kaesang yang kini memiliki berbagai bisnis yang Alhamdulillah sepertinya lancar jaya.

Mas Gibran dengan kesuksesan martabak Markobarnya yang sudah memiliki cabang di mana-mana dan Mas Kaesang yang kini menggarap beberapa bisnis seperti Madhang.id, kaos ‘Sang Javas’, Sang pisang, katering. Pak Jokowi bisa tuh memulai berbisnis sepeda onthel, karena beliau sering memberikan sepeda gratis selama menjabat sebagai presiden. Kedua putra Pak Jokowi ini memang pandai sekali dalam berbisnis, bisa jadi itu turunan dari bapaknya, yang sebenarnya Pak Jokowi memiliki passion di sana. Tak sulit Pak Jokowi menjadi seorang bisnismen, bagus lagi kalau antara anak dan bapak saling kolaborasi dalam berbisnis, mantap betul tuh.

5. Kritikus Film

Saya rasa Pak Jokowi cocok menjadi seorang kritikus film Pak Jokowi. Melihat kini Pak Jokowi seringkali berpidato menggunakan analogi film barat seperti ‘Game of Thrones’ dan ‘Avengers: Infinity War’ bisa jadi Pak Jokowi sebenarnya memang suka menonton film dan mencari nilai-nilai politik ekonomi yang terkandung dalam film tersebut.. Jadi, menjadi seorang kritikus film cocok tuh. Lumayan, kalau setiap ada film baru beliau merivew dan memberikan ulasannya terkait bagaimana isi film tersebut, kandungan isinya, bagaimana fungsi sosialnya, fungsi ekonominya, dan fungsi-fungsi yang lainnya.

Jadi, begitu Bapak Joko usul saya seandainya bapak kelak gagal dalam pilpres 2019. Bisa menjadi bahan pertimbangan, supaya tidak galau-galau amat kalau kelak gagal saat Pilpres 2019 kelak.

  • 184
    Shares


Tirto.ID
Loading...

No more articles