Semua akan Menjadi Muhammadiyah pada Waktunya

Mereka lupa, bahwa berbagai hal seperti dalam hal pendidikan, penentuan arah kiblat yang benar, serta pemilihan lapangan sebagai tempat salat Idul Fitri semua telah menjadi Muhammadiyah pada akhirnya.

Semua akan Menjadi Muhammadiyah pada Waktunya MOJOK.CO

Ilustrasi Semua akan Menjadi Muhammadiyah pada Waktunya. (Mojok.co/Ega Fansuri)

MOJOK.COPendidikan, penentuan arah kiblat yang benar, serta pemilihan lapangan untuk salat Idul Fitri telah menjadi Muhammadiyah pada akhirnya.

Pada mulanya adalah pembaharuan. Umat muslim di Indonesia pada masa kolonial mengalami keterbelakangan yang akut. Narasi keagamaan yang dibumbi takhayul menjadi arus utama dalam alam pikiran umat Islam. Kebenaran adalah apa yang diwariskan oleh generasi terdahulu yang diterima apa adanya (taken for granted). 

Sementara umat Islam berkutat pada keterbelakangan, kolonial Belanda dengan politik etisnya mengembangkan pendidikan untuk bumiputera. Kaum bumiputera merasakan bersekolah dengan bangku, meskipun tentu saja tetap mengalami diskriminasi dari bangsa Eropa. Pendidikan di kalangan bumiputera masih berkutat pada pelajaran agama. Pengetahuan umum, apalagi sains, belum membudaya dalam sistem pendidikan tradisional. 

Ahmad Dahlan melakukan pembaharuan atas sistem pendidikan kaum pribumi. Dibangunlah sekolah yang menggabungkan pelajaran agama dan pengetahuan umum. Pelajar yang ikut tidak lagi duduk lesehan, namun di bangku kayu. Wacana adalah kata dan tindakan. Itulah yang dilakukan Ahmad Dahlan. Wacana pendidikan yang berkemajuan melampaui pemikiran para ulama di masanya. Wacana yang mulanya dipandang sinis oleh ulama tradisional yang telah mapan di masanya. Bukannya surut, wacana pendidikan yang dikembangkan Ahmad Dahlan melalui Muhammadiyah terus bergulir sampai sekarang.

Baca halaman selanjutnya….

Pembaharuan besar

Bangku kayu adalah pembaharuan besar dalam pendidikan bagi kaum bumiputera. Muhammadiyah, organisasi yang didirikan oleh Ahmad Dahlan, mengabadikannya sebagai logo Majelis Pendidikan Dasar, Menengah, dan Non Formal. Sekolah-sekolah Muhammadiyah mengadopsi pula bangku kayu sebagai logo sekolah. Stempel sekolah Muhammadiyah menggunakan bangku kayu sebagai salah satu penanda. Penanda yang bisa dibaca dalam pemaknaan sekunder (secondary signification) ala Roland Barthes sebagai pendidikan yang modern dan berkemajuan.

Kini, semua sekolah yang dikelola lembaga Islam dan Kementrian Agama menggunakan bangku sebagai sarana utama pendidikan. Tentang penggunaan bangku dalam berbagai pendidikan Islam telah membuktikan bahwa semua telah menjadi Muhammadiyah. Menjadi Muhammadiyah, yang bahkan tanpa perlu ada stempel Muhammadiyah bagi lembaga di luar Muhammadiyah.

Muhammadiyah mengenalkan sains

Ahmad Dahlan bersama Muhammadiyah menjadikan pendidikan hal yang penting.  Melalui pendidikan, Muhammadiyah mengintroduksi sains. Salah satu yang penting adalah menggunakan sains untuk merevisi arah kiblat. Berbekal kompas dan peta dunia, Ahmad Dahlan memperlihatkan arah kiblat di Masjid Besar Kauman yang berada di sisi barat Alun-Alun Utara Yogyakarta ternyata menghadap ke Afrika. Bukan ke Mekah, di mana kabah berada. Ahmad Dahlan mengusulkan untuk merevisi barisan shaf di masjid.

Usul Ahmad Dahlan ditentang oleh para kiai, termasuk penghulu Masjid Agung Kauman, Kiai Penghulu Cholil Kamaludiningrat. Ahmad Dahlan, dianggap memberontak terhadap aturan yang sudah berjalan selama berabad-abad lampau. Ahmad Dahlan yang gagasannya ditolak, memutuskan mengawali pembenahan arah kiblat di suraunya. Mengalami persekusi atas wacananya, terutama karena relasi relasi kuasa, Ahmad Dahlan tidak menyerah. 

Konsistensi Ahmad Dahlan merevisi arah kiblat yang tidak presisi akhirnya diterima. Masjid dan musala dibangun menghadap kiblat. Kementerian Agama melakukan sertifikasi arah kiblat. Dalam hal arah kiblat, semua telah menyetujui wacana yang disampaikan Ahmad Dahlan dengan memanfaatkan sains untuk menentukan arah kiblat dengan benar. Tentang arah kiblat, semua menjadi Muhammadiyah pada akhirnya.

Muhammadiyah dan lapangan

Pada mulanya, salat Idul Fitri dilakukan umat muslim di masjid karena menganggap keberadaan masjid lebih utama. Muhammadiyah mengawali pembaharuan dengan menggelar salat Idul Fitri di lapangan. 

Haedar Nashir, dalam Muhammadiyah Gerakan Pembaruan (2010) menyebutkan bahwa pelaksanaan salat Idul Fitri di lapangan untuk “pertama kali” dilakukan Muhammadiyah pada 1926 dengan berlokasi di Alun-Alun Utara Keraton Yogyakarta. Ini berarti tiga tahun setelah wafatnya Ahmad Dahlan. Ahmad Dahlan telah tiada, namun api pembaharuan Muhammadiyah terus menyala.

Pelaksanaan salat Idul Fitri di lapangan merujuk pada hasil keputusan Kongres Muhammadiyah ke-15 di Surabaya. Muhammadiyah yang menempatkan posisinya sebagai gerakan tajdid (pencerahan) menginisiasi salat Idul Fitri dan Idul Adha di tanah lapang sebagaimana yang telah dicontohkan oleh Rasulullah SAW. Tentu mulanya pemilihan lokasi ini banyak ditentang di masanya. 

Namun kini, kita bisa menyaksikan di berbagai lapangan, salat Idul Fitri dihelat. Pelaksananya bisa dari Muhammadiyah, organisasi lain, masyarakat, dan pemerintah. Memilih lapangan untuk salat Idul Fitri adalah mengamini keputusan Muhammadiyah yang telah mengawali sejak tahun 1926. Dalam hal memilih tanah lapang, semua telah menjadi Muhammadiyah.

Toleransi ternyata masih sebatas retorika

Salat Idul Fitri di lapangan terus menjadi tradisi yang semakin meluas. Meskipun ada perbedaan penentuan hari-H Idul Fitri, namun pelaksanaan salat Idul Fitri di lapangan tetap berlangsung. 

Lalu, tiba-tiba, muncul kegaduhan tentang pemanfaatan lapangan publik untuk salat Idul Fitri. Kegaduhan itu dibuat oleh Wali Kota Pekalongan Afzan Arslan Djunaid dan Wali Kota Sukabumi Achmad Fahmi menjelang Idul Fitri 2023 adalah buruk rupa toleransi yang sebatas retorika. 

Keduanya mulanya tidak mengizinkan lapangan Mataram Pekalongan dan lapangan Merdeka Sukabumi digunakan warga Muhammadiyah untuk beribadah salat Id pada Jumat (21/4/23). Keduanya lupa bahwa ide awal salat Idul Fitri di lapangan dimulai dari Muhammadiyah. 

Utopia

Meskipun akhirnya mengizinkan, terutama karena tekanan publik di media sosial dan pemberitaan media massa, kegaduhan ini telah membuktikan bahwa toleransi masih menjadi utopia. Fasilitas publik yang berbentuk lapangan berhak digunakan oleh semua warga negara tanpa perlu pilih kasih. 

Mereka berdua lupa, bahwa berbagai hal seperti dalam hal pendidikan, penentuan arah kiblat yang benar, serta pemilihan lapangan sebagai tempat salat Idul Fitri semua telah menjadi Muhammadiyah pada akhirnya.

Penulis: Fajar Junaedi

Editor: Yamadipati Seno

BACA JUGA Cerita dari Muktamar: Darah Segar yang Berhasil Menembus PP Muhammadiyah dan analisis menarik lainnya di rubrik ESAI.

Exit mobile version