MOJOK.CO – Jogja sedang sakit. Sebagian warga seperti “bahagia” menyambut munculnya lagi tawuran pelajar, padahal klitih belum juga mendapat solusi. Miris.
14 Mei 2024. Tawuran pelajar di beberapa titik menggegerkan Jogja. Umbulharjo, Wirobrajan, dan Baciro saat itu bergejolak. Ketika provinsi ini belum bisa mengatasi klitih, “bunga kematian” ditaburkan atas nama tawuran pelajar. Jogja sakit-sakitan, bagai lingkaran setan.
Kota yang sedang sakit kronis
Mulai dari warung kopi, warmindo, sampai media sosial, obrolannya selalu sama, membahas perihal tawuran. Banyak yang menyayangkan, sisanya adalah mereka yang “bahagia”. Jawaban mereka yang berbahagia sekiranya begini. “Lebih baik tawuran, gentle, ketimbang klitih. Klitih bukan budaya Jogja!”
Selain jawaban itu, ada 1 jawaban lain yang cukup menyita perhatian saya. Jawaban itu begini sekiranya. “Nah, gitu, Jogja kembali pada marwahnya (tawuran pelajar).” Jawaban ini mengacu pada satu hal, selama pandemi mengganyang Indonesia, tawuran pelajar jarang atau bahkan tak pernah terjadi.
Dari 2 jawaban di atas, sebenarnya menghasilkan 1 konklusi, yakni Jogja sudah akrab dengan kekerasan jalanan. Provinsi ini seakan memiliki jati diri bahwa getih (darah) dan klitih itu bagai ritual keberlangsungan hidup sebuah kota, yakni harga yang harus dibayar tiap malam.
Cukup berbeda dengan apa yang selama ini saya alami ketika merantau di Jakarta. Jogja, dalam alam pikir manusia yang bertanya asal saya dari mana, ketika saya mengeluarkan jawaban, “Asal saya dari Jogja,” mereka selalu mengeluarkan imajinasi bak habis diperas dari intisari surga yang airnya lebih putih dari susu dan lebih manis dari madu.
“Jogja itu rima dalam tiap puisi,” kata kawan saya di pojokan Kebayoran Lama. Dia yang seumur hidupnya baru 2 kali mengunjungI Jogja. Sedang warga lokal, baik yang asli atau rantau, tidak begitu. Di mana klitih dianggap sebagai kejanggalan dan tawuran adalah satu hal yang “dirindukan”, itu menandakan gejala bahwa kota ini sedang sakit yang amat kronis.
Baca halaman selanjutnya: Jogja dikepung klitih dan tawuran pelajar. Sakit!
Mengapa warga Jogja akrab dengan kekerasan jalanan?
Sekitar tahun 1970an, Jogja dipenuhi geng-geng sepeda yang memenuhi Alun-Alun Lor memamerkan sepeda-sepeda hasil modifnya. Klitih masih istilah untuk mereka keluyuran cari angin. Kekerasan dilakukan secara sportif (baku hantam sesuai persetujuan dan ditutup dengan jabat tangan sebagai tanda kekalahan atau kemenangan).
Seketika, awan gelap menggantung di langit Jogja. Orba membawa badai mengerikan bernama Operasi Pemberantasan Kejahatan (OPK). kita mengenalnya sebagai “petrus” dalam skala nasional dan kota ini tak pernah sama lagi.
Ketika para gali meregang nyawa di jalanan dengan batok kepala bolong diterjang timah panas, lalu dikarungi, dan dibuang di jalanan, Jogja bak menanggung dosa jahanam. Dosa yang diwariskan untuk para generasi selanjutnya.
Geng-geng kenamaan, Joxzin dan Q-Zruh, muncul. Dengan cepat mereka berubah haluan kepada ranah politik, geng-geng berbasis di kampung seperti Ghe-Max dan Humoriezt masuk menggantikan.
Rezim otoriter itu karam dihantam masa dan massa. Aturan dilarang membentuk organisasi di lingkungan sekolah selain OSIS, secara otomatis hilang. Banyak geng sekolah terbentuk di masa peralihan rezim ini. Tawuran mulai marak terjadi.
Benang merah antara tawuran dan peralihan kata klitih menjadi negatif itu berbeda sama sekali. Memang didominasi oleh anak-anak sekolah, namun hal ini berkaitan erat dengan peran orang dewasa di dalamnya. Tak ada afiliasi secara langsung antara klitih dengan geng sekolah. Mereka membentuk pola yang benar-benar baru lagi.
Hari-hari yang mengerikan seperti ini, klitih mulai bergeser menjadi nggolek getih (mencari darah). Padahal, tidak usah dicari, sejak dulu Jogja sudah bersimbah getih.
Jangan lagi menggunakan istilah klitih?
Kepolisian DIY meminta jangan lagi menggunakan istilah klitih. Dirreskrimum Polda DIY Kombes Pol Ade Ary Syam Indradi kepada CNN mengatakan bahwa klitih adalah istilah lokal. “Karena salah kaprah,” katanya.
Tentu saja saya setuju. Sekarang, istilah klitih menjadi amat luas. Penyerangan dalam bentuk apa saja terkadang disebut dengan klitih. Misalnya, anak sekolah menyerang sekolah lain, padahal namanya nggropyok, jadi klitih. Anak sekolah yang menghentikan secara paksa motor anak sekolah ini, padahal itu namanya nge-drop, malah disebut klitih.
Dampak lainnya tidak boleh lagi menggunakan istilah klitih tentu saja membuka koreng yang lain. Bahwa di Jogja banyak sekali istilah subkultur dalam ranah kekerasan jalanan. Tawuran saja melahirkan banyak subkultur di Jogja seperti konvoi, vandal, nge-drop, nggropyok, dan lainnya.
Mengganti istilah atau langkah jangka pendek seperti membatasi ruang gerak anak muda, itu hanya memindah titik api belaka. Agresivitas anak muda itu meluap-luap, jika tak diluberkan sekalian, maka tampungannya akan meledak suatu ketika. Kejadian 14 Mei kemarin adalah salah satu bentuk luberan agresivitas yang tak mampu ditampung lagi.
Mengingat apa kata orang di media sosial, “Jogja kembali pada marwahnya (tawuran pelajar),” membuat saya menggigil ketakutan. Adakah ruang aman untuk hidup dan tinggal di kota ini ketika pemerintah terbilang lambat menangani dan kepolisian sibuk dengan diksi dan kata?
Jogja mengalami bab yang lain lagi, bab antara getih dan klitih.
Penulis: Gusti Aditya
Editor: Yamadipati Seno
BACA JUGA Menelusuri Akar Klitih di Jogja dan analisis menarik lainnya di rubrik ESAI.