Makian pengendara dan paduan suara bunyi klakson
Jadi, Jembatan Lempuyangan Jogja, selain membawa kebahagiaan, juga menjadi sumber kekesalan pengendara. Ingat, salah satu tujuan pemerintah membangun jembatan ini adalah untuk mengurangi kepadatan dan kemacetan. Namun, hingga artikel ini selesai saya susun, para pengendara ternyata masih kesal.
Sebentar, saya perlu menegaskan satu hal di sini. Bahwa yang menjadi sumber kekesalan bukan jembatan, melainkan rel kereta api di bawahnya. Jadi, pada jam tertentu, antrean kendaraan, baik dari arah timur maupun utara pasti menumpuk. Pasalnya, pada jam tersebut, ada kereta barang yang maju dan mundur untuk pindah jalur.
Jam yang saya maksud adalah antara pukul 08:30 sampai 09:30. Saya tidak tahu pasti di jam dan detik berapa. Namun, menurut pengalaman saya, di antara dua waktu tersebut, ada kereta barang yang maju dan mundur.
Saya pernah iseng menghitung jumlah gerbong barang yang “digandeng” oleh lokomotif. Jadi, saya menemukan kadang jumlahnya 32, 25, hingga 42. Jadi kamu bisa membayangkan betapa lamanya para pengendara kudu menunggu kereta itu pindah jalur. Waktu menunggu bisa 10 menit lebih.
Ketika rangkaian kereta itu tak kunjung selesai menata “pantat” di rel yang berbeda, makian tertahan dari para pengendara mulai ramah di telinga. Kesal, mereka memaki, tapi tertahan dan tidak lantang. Ya mau bagaimana, apa ya mereka karena kesal mau menggotong 42 gerbong kereta barang supaya cepat pindah rel?
Setelah makian yang tertahan, selanjutnya adalah paduan suara klakson kendaraan. Sekali ada yang memulai, selama hampir satu menit, suara klakson menguasai. Bising dan bikin gelisah saja.
Pertarungan mural dan vandal
Jembatan Lempuyangan Jogja adalah sebuah kanvas raksasa. Sudah sejak lama dinding jembatan menjadi sebuah ruang bagi seniman mural untuk merebut ruang. Misalnya pada 2007, Jogja Mural Forum (JMF) memotori aktivitas seni luar ruang yang mengusung tajuk ”Tanda Mata dari Jogja”.
Kala itu, Samuel Indratma, koordinator JMF, menggandeng empat seniman sepuh berbasis kerakyatan. Selain Subandi, Ki Ledjar Subroto, pencipta wayang kancil, memasang dua tokoh wayang ciptaannya, Sultan Agung (Raja Mataram) dan Jan Pieterszoon Coen (Gubernur Jenderal Belanda).
Selain Ki Ledjar, ada pelukis slebor becak Tjipto Setiyono memajang 80 slebor becak yang telah digambari berbagai motif lukisan. Lalu, ada juga Tjipto Wibagso, pelukis tonil yang kala itu masih tinggal di belakang panggung balet Ramayana Purawisata Jogja, menggambar Rama Tambak. Dua seniman terakhir, pelukis kaca Sulasno dan Dani Juniarto yang menggambar wayang brayut, turut serta.
Mural sudah menjadi identitas tersendiri Jembatan Lempuyangan Jogja. Namun, di samping tumbuh kembang mural, di sana, subur juga aksi vandal. Saya pernah melihat ada gambar alat kelamin laki-laki nyempil di antara karya seni lukisan. Selain itu, nama-nama kelompok anak muda juga biasanya tiba-tiba saja muncul.
Hingga saat ini, aksi vandal selalu mengikuti. Kalau mural itu ibarat induk ayam, hasil vandal adalah anak-anaknya. Selalu ada dan mengekor. Namun, di sini, ia merusak pemandangan saja.
Kekhawatiran saya
Antara 2017 dan 2018, saya masih cukup sering mendapat berita bahwa kondisi struktur Jembatan Lempuyangan Jogja itu masih baik. Logikanya, berita ini muncul karena ada kegelisahan atau bahkan dugaan perihal keamanan jembatan. Makanya muncul berita untuk “menjawab dan klarifikasi”.
Dalam hati saya hanya bisa membatin, “Baiklah, kalau memang kata pemerintah begitu. Saya, kan, bukan ahli jembatan.” Namun, saya sulit menampik kegelisahan dan kekhawatiran yang muncul. Sekali lagi, saya bukan ahli jembatan. Saya hanya rakyat biasa yang khawatir. Boleh dong rakyat khawatir.
Jadi, sejak sebelum pandemi, saya sudah sering melihat akar tanaman yang muncul dari sela-sela jembatan. Sebagai orang awam, saya khawatir kalau akar tanaman yang semakin kuat bisa merusak beton Jembatan Lempuyangan Jogja. Iya, kalau memang nggak merusak, tentu saya lega. Namun, kalau ternyata iya, merusak, tentu saya boleh khawatir.
Begitulah adanya, Jembatan Lempuyangan Jogja, di mana ia menjadi sumber kebahagiaan, sekaligus kekesalan. Jembatan ini masih akan bertahan dengan segala kekurangannya. Ia akan menjadi salah satu landmark kota Jogja yang paling sulit dilupakan.
Penulis: Moddie Alvianto W.
Editor: Yamadipati Seno
BACA JUGA Kasta Miskin Stasiun Lempuyangan Jogja yang Sudah Lebur dan Nggak Lagi Kalah dari Stasiun Tugu Jogja dan pengalaman menarik lainnya di rubrik ESAI.